Main Yuk ke Wisata Virtual Seaventure Bersama Paddle Pop

Bermain adalah kegiatan yang disukai anak-anak, karena dunia anak memang sebagian besar diisi dengan bermain. Saat bermain mereka mengeluarkan berbagai perasaan atau emosi.


Saat bermain mereka tersenyum, tertawa bahkan tidak jarang mereka juga bisa menangis misalnya saat berebut mainan😅. Saat bermain mereka mengenal berbagai bentuk emosi, walau kadang menangis dominan perasaan saat mereka bermain adalah rasa senang. Penting banget bagi anak-anak tumbuh dengan perasaan senang atau bahagia.

Tantangan yang dihadapi orangtua untuk memenuhi kebutuhan anak bermain di masa pandemi ini banyak, misalnya bagaimana caranya supaya anak-anak bisa tetap enjoy bermain, tetap bahagia bermain dirumah ditengah keterbatasan ini. Ya keterbatasan waktu, sarana dan prasarana bermain karena anak-anak hanya bermain dirumah, aku menghitung hampir 16 bulan anak-anak hanya bermain dirumah. 

Mereka tidak berangkat belajar akademik ke sekolah, ke TPQ untuk mengaji apalagi pergi bermain ke playground. Saat disekolah dan TPQ selain belajar anak-anak juga bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya di saat jam istirahat bukan. Itu bukti kalau anak-anak pasti bermain dimanapun mereka berada. 
 
Waktu itu pernah anak pertamaku curhat seperti ini "ma sebetulnya aku suka-suka aja belajar dari rumah tapi aku kangen juga lho berangkat ke sekolah". Dia curhat kalau kangen dengan teman-temannya, kangen bermain bola saat jam olahraga, kangen bercanda dengan teman-teman sekelasnya bahkan kangen ngejahilin kelas sebelah pada jam istirahat, yaitu kelas yang diisi siswi atau murid perempuan😆. Ya sekolah anak pertamaku memang memisahkan kelas anak perempuan dan laki-laki.

World Play Day


Begitu pentingnya bermain bagi anak sampai ada peringatan Hari Bermain Sedunia atau "World Play Day" yang dirayakan setiap tanggal 28 Mei setiap tahunnya.


Jadi sebetulnya akupun sebagai mom baru nengetahui kalau ada World Play Day setelah mengikuti Webinar yang diadakan Paddle Pop, tepat di tanggal 28 Mei dimana World Play Day diperingati setiap tahunnya. 


Jadi dalam rangka World Play Day Paddle Pop mengadakan webinar yang bertemakan "Main Yuk" dimana webinar ini dihadiri moms dan anak-anak. Ibu mendengarkan info tentang penting dan manfaat bermain bagi anak. Dan anak-anak mengikuti wisata virtual menjelajah keseruan dunia biota laut di Jakarta Aquarium atau Seaventure.

Menurut psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana mengatakan kalau bermain adalah kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi. Bermain sangat penting seperti kebutuhan makan yang harus dipenuhi, kalau tidak dipenuhi anak bisa rewel dan ada perasaan tidak nyaman dalam dirinya. Selain itu bermain juga menjadikan anak cerdas dan kreatif lho.
 

Tantangan Bermain di Rumah pada Masa Pandemi


Hadir juga di webinar hari itu, Diana Rikasari seorang ibu dan juga fashion designer yang menceritakan tentang masa kecilnya yang sangat bahagia karena orang tuanya membebaskan dia bermain apa saja dirumah. Saat kecil beliau dibebaskan orang tua bermain, bermula dari bermain boneka lalu mewarnai baju boneka. 

Saat bermain boneka selain mendapat perasaan bahagia beliau juga menemukan keahliannya dibidang fashion. Ternyata yang awalnya mewarnai baju boneka menjadikan dia dewasa menjadi seorang fashion designer yang berbakat dan dapat melahirkan karya yang luar biasa.

Tantangan sebagai orang tua dimasa pandemi yang pertama adalah apakah orangtua rela melihat rumahnya berantakan karena mainan anak-anak berserakan dirumah? Kalau ini jujur aku rela karena setiap hari tiga anakku hanya bermain dirumah, otomatis pemandangan mainan yang berserakan di kamar atau di depan Tv sudah biasa bagiku. Karena tidak ada tamu yang datang kerumah jadi ya gak masalah rumah berantakan. Bagiku yang penting rumah bersih lantainya kesat, bersih dan rapi tentu hal yang berbeda ya mom. 

Memiliki rumah yang aesthetic nan  instagrammable disaat anak masih kecil bagiku hanyalah angan belaka😢😆. Tapi aku menikmati proses itu yang mungkin akan dirindukan saat anak dewasa kelak.

Dan yang kedua adalah apakah mom mampu menciptakan kegiatan atau permainan seru yang bisa dilakukan dirumah bersama anak? Pasti anak juga bosan ya mom, karena terbatas main didalam rumah terus. Main Lego sudah, mobil-mobilan sudah, puzzle sudah,  bahkan screening time pun sudah. 

Cooking class membuat puding 

Nah makanya nih mom kita harus kreatif saat mendampingi anak selama bermain dirumah. Misalnya mengajak anak cooking class membuat pizza, puding atau makanan kesukaan anak yg lain. Atau bisa juga ber DIY, misalnya membuat slime, playdough, gunung meletus (dari kertas, cuka dan pewarna makanan). 

Dari sini jadi paham ya mom kalau saat anak bermain alangkah baik kalau kita ikut mendampingi, karena mendampingi anak bermain juga dapat membangun bonding dengan anak ya mom. 

Seaventure Kegiatan "Main Yuk" Paddle Pop 


Kegiatan seru yang bisa dilakukan dirumah sebenarnya banyak mom, selain yang sudah aku sebutkan diatas. Misalnya seperti yang kakak Al ikuti saat World Play Day yaitu Seaventure. Seaventure adalah wisata virtual melihat dunia biota laut yang ada di Jakarta Aquarium. Manfaatnya adalah agar anak mengenal dan bertambah ilmu pengetahuannya tentang biota bawah laut.


Seaventure ini adalah wisata virtual yang bisa diikuti siapapun, mom bisa mengajak anak dirumah mengikuti wisata virtual ini yang berlangsung selama bulan April sampai akhir Juni ini.  

Saat webinar hari itu kakak Al dengan teman yang seumuran dari emak-emak blogger lainnya merasakan keseruan playdate virtual sambil melihat aneka makhluk biota laut yang ada di Jakarta Aquarium. 

Februari 2020 di Jakarta Aquarium

Kakak Al sangat excited sekali, dia ingat saat pergi berempat sebelum pandemi aku mengajaknya ke Jakarta Aquarium, kakak Al memang senang sekali melihat aneka makhluk biota laut yang ada disana. Walau sekarang melihatnya secara virtual tapi tetap bisa mengobati rasa kangennya akan berwisata.

Membuat Oxigen Tank dan Diving Goggles


Sebelum mengikuti Seaventure anak-anak juga diajak ber DIY dulu membuat oxigen tank dan diving goggles. Wah biar lebih tambah seru ya wisata virtualnya, jadi bikin persiapan untuk menyelam dulu nih.
 
Apa saja sih bahan yang harus disiapkan untuk membuatnya? Yuk kita siapkan dulu, bahan dan alatnya mudah, dan bisa memanfaatkan barang bekas yang ada dirumah seperti botol bekas.


Bahan dan alat DIY Oxigen Tank dan Diving Goggles
  • Botol bekas ukuran 1liter atau berapapun yang tersedia dirumah
  • Pilox atau cat untuk mewarnai botol
  • Isolasi hitam
  • Kain flanel
  • Tali tambang atau tali apa saya yang tersedia dirumah.
  • Lem UHU
  • Print gambar diving googles
  • Tali
  • Gunting
Langkah membuat:
  • Pertama kita buat oxigen tank dulu ya, cat botol dengan pilox dan keringkan
  • Tempel botol dengan isolasi hitam membuat tiga garis hitam
  • Rekatkan dua botol dengan lem UHU dan tunggu lem mengering
  • Tempel kain flanel
  • Tempel tali dikain flanel dengan lem UHU dan keringkan.
  • Tutup dan tempel lagi dengan kain flanel
  • Yang kedua buat diving goggles dengan menggunting printan gambar diving goggles mengikuti bentuk
  • Beri lubang disalah satu sisi dan ikat selang  dan kacamata dengan tali
Kalau mau mencontoh membuat sendiri dirumah disesuaikan saja dengan bahan yang ada. Silahkan buat sekreatif mungkin, tidak perlu semirip ini atau kalau bisa buat lebih bagus ya boleh banget😆. 

Saat ber DIY anak-anak menjadi lebih kreatif, karena DIY adalah mengolah sesuatu sendiri dengan bahan yang ada, bahkan bekas bisa menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat.

Setelah oxigen tank dan diving googles jadi, kakak Al siap deh merasakan keseruan wisata virtual dunia biota laut di Jakarta Aquarium bersama teman teman lainnya. Walau wisata dan playdate ini virtual, kakak Al bilang "tetap seru koq ma".


Nah buat mom yang ingin mengajak anak merasakan keseruan wisata virtual Seaventure ini juga, ini aku beri tahu langkah-langkahnya:
  • Pertama beli dulu 4pc ice cream Paddle Pop varian apa saja.
  • Lalu foto dan kirim struk ke nomor 0858-1223-1223
  • Nanti akan dikirimkan kode unik oleh operator untuk mengakses website
  • Buka www.paddlepopmainyuk.com dan masukkan kode uniknya
  • Sekarang pilih wisata virtual dan selamat menikmati keseruannya
Nah seru dan mudah kan caranya moms, jangan sampai ketinggalan ya. Pasti anak-anak senang deh diajak wisata dunia biota laut Seaventure di Jakarta Aquarium.

Komentar

  1. Paddlepop ini bukan cuma enak, tp juga memperhatikan keinginan anak2 Di masa pandemi gini yaaa. Aku sendiri jujur udah bingung mau ngajakin anak main apa Krn kelamaan di rumah. Makanya kalo ada tutorial DIY gini, ATO pilihan bermain anak aku seneeeeng :D. Setidaknya ada bahan utk ngajakin anak2 biar ga bosen. Apalagi udh Deket libur sekolaaaah hahahaha. Makin menjadi mereka kalo ga ada kegiatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener aku juga suka DIY gini, seru ya mba terus anak2 juga suka.

      Hapus
  2. Cuss mau beli ice cream paddle pop dulu ah

    BalasHapus
  3. Waah..... Makasiih mom infonya... Membantu banget ini secara anak2 udh mulai jenuh ini di rumah aja...

    BalasHapus
  4. Bermain emang kegiatan yang nggak ada habisnya buat anak. Terus ada aja yang bisa dijadikan mainan. Seru juga nih bisa berpetualang ke dunia laut sama Paddle Pop. Apalagi sambil nikmati es krimnya.

    BalasHapus
  5. Seru juga ya bisa wisata virtual bareng anak 😊

    BalasHapus
  6. oh jadi kalau mau berkunjung ke virtual seaventure harus beli dulu 4 pcs ice cream paddle pop, seru banget permainannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar Bun, harga ice creamnya affordable koq.

      Hapus
  7. Diana Rikasari itu ternyata ada yah,aku kira cuma ada diiklan tokoh buatan,hehe.

    BalasHapus
  8. Wah asyik ya bisa main main di laut, liat pemandangan bawah air, liat aneka jenis ikan. Serh deh membayangkan bisa diving

    BalasHapus
  9. Banyak banget cara buat anak tetap enjoy bermain di rumah saat pandemi yah. Nggak sabar praktekin ke ponakan karna belum punya anak. Hehehe.

    BalasHapus
  10. Seru banget ya bisa berpetualang asik secara virtual bersama anak-anak dan Paddle Pop

    BalasHapus
  11. Wiwin | pratiwanggini.net19 Juni 2021 pukul 19.19

    Ooo.. ternyata ada ya Hari Bermain Sedunia. Anak-anak pasti senang sekali kalo ada perayaan untuk hari tersebut. Paddle Pop keren, bikin acara istimewa untuk anak-anak. Seru bangetttt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau ada Hari Bermain Sedunia😅

      Hapus
  12. seru banget sih aktifitas bareng Paddle pop ii, bisa ngebuat anak jadi berkreatifitas juga. hiburan masa pandemi yang menyenangkan

    BalasHapus
  13. seru ya liat anak senang bermain di rumah apalagi ditemani oleh orangtuanya

    BalasHapus
  14. Cara bisa ikutan keseruan Seaventure ternyata gampang banget ya.. Mumpung dah masuk liburan nih kayaknya asik ngajakin anak-anak Seaventure..bisa sambil menikmati es krim pula...

    BalasHapus
  15. Seru ya main bareng paddle pop wsiata virtual bawah laut. Gak cuma main tapi juga bisa dapat ilmu lebih mudah anak-anak menyerapnya

    BalasHapus
  16. Seru banget nih ada kegiatan virtual ini, jadi terobati ya hasrat pengen jalan dan liat langsung biota laut di Ancol hehehe.

    BalasHapus
  17. Duh jdi pngen ikutan berpetualang dikeseruan seaventure bareng baby zi, nanti semoga ada lagi klo zi udh dewasa

    BalasHapus
  18. Wah seru banget yaa bisa bermain dan berkreasi bareng si kecil walaupun cuma di rumah aja. Semoga nanti ada kesempatan lagi setelah pandemi main ke laut lagi yaa

    BalasHapus
  19. Wah udah sempat ke jakarta Aquarium ya mba sebelum pandemi. Hiks jdi pingin ajak anak-anak. Sementara cukup puas ikutan virtual tur bareng Paddle Pop dan #Seaventure

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Februari akhir sebelum lockdown sempet kesana

      Hapus
  20. Aktivitas yang seru nih bisa menikmati alam bawah laut dengan wisata virtual gini. Cuzz ah beli paddle pop biar bisa ikut seseruan seaventure juga.

    BalasHapus
  21. Wowwwww, pas banget nih momen anak2 mau terima raport trus liburan kenaikan kelas deh. Untung ada wisata dunia bawah laut bersama Paddle Pop ya. Seaventure kayak gini bakalan seru, sambil makan es krim juga tentunya. Ga mager berada di rumah melulu asiiik. Eh, bisa bikin tabung oksigen juga nih kesayangan mamah Afril :D Keren!

    BalasHapus
  22. Senang banget mba aku dan anak mencoba seaventure ini. Anak juga happy. Selain itu permainannya menyenangkan dan nambah ilmu juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Wisata Rasa Untuk Cegah GTM Di Masa MPASI

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream