Wisata Rasa Untuk Cegah GTM Di Masa MPASI

Wisata Rasa MPASI Royco
Sebenarnya sejak dua belas tahun lalu, dari anak pertama aku adalah ibu yang menganut rasa MPASI hambar, penggunaan garam, gula,  atau bumbu perasa lainnya aku hindari. Sampai akhirnya anakku yang ke-empat mengalami GTM (gerakan tutup mulut), pernah hampir dua minggu Alma GTM, rasanya mau nangis, bingung dan sedih banget karena anak GTM. Aku coba ganti-ganti menu, ganti tekstur, ganti suasana makan (di dalam rumah dan diluar rumah) tetap tidak pengaruh. 

Jujur pusing banget karena lagi ada PR kejar BB, eh malah GTM. Karena GTM dapat menyebabkan anak kekurangan asupan nutrisi dalam jangka waktu yang lama, dan hal ini menjadi penyebab anak stunting (gagal tumbuh). Oleh karena itu anak harus tercukupi kebutuhan nutrisinya setiap hari, terutama di 1000 HPK (hari pertama kehidupan). 

Wisata Rasa Royco

Karena indera pengecap bayi yang belum sempurna, MPASI dianggap tidak perlu memiliki rasa, padahal ini adalah mitos perihal rasa. Padahal faktanya sejak dalam kandungan, anak sebenarnya sudah mulai mengenal berbagai rasa dari makanan yang diasup ibu. Jadi makanan yang rasanya hambar/ tidak enak justru menjadi salah satu penyebab utama anak GTM di periode MPASI. Padahal pemberian gula, garam dan bumbu lainnya untuk MPASI diperbolehkan asal sesuai batas yang direkomendasikan, agar anak dapat mengeksplorasi berbagai rasa dan menambah nafsu makannya. Fakta seputar MPASI ini diterangkan dr. Miza Dito Afrizal SpA, Dokter Spesialis Anak, saat aku mengikuti talkshow Wisata Rasa MPASI bersama Royco. 

Wisata Rasa MPASI Royco


Event Wisata Rasa MPASI
Event Wisata Rasa MPASI

Pada hari Jumat, 21 Juli 2023 yang lalu aku berkesempatan mengikuti talkshow dalam rangka kampanye "Wisata Rasa MPASI" yang diadakan Royco, di Hotel InterContinental Jakarta Pondok Indah, bersama rekan blogger dan Media. Acara ini dibuat untuk menyambut Hari Anak Nasional 2023. Happy banget karena sepulang dari sini aku mendapat ilmu baru seputar MPASI, tepat banget karena Alma lagi GTM. 

Ilmu seputar MPASI datang dari narasumber terpercaya, hari itu narasumber yang mengisi acara adalah:
  1. Amaryllis Esti Wijono – Direktur Nutrition Unilever Indonesia
  2. Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN – Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University
  3. dr. Miza Afrizal, SpA – Dokter Spesialis Anak
  4. Nikita Willy – Celebrity Mom
Permasalahan GTM memang membuat para ibu khawatir, karena efek jangka panjang dari GTM ini adalah anak gagal tumbuh. Oleh karena itu untuk membantu para ibu di masa MPASI. Royco mengadakan Wisata Rasa MPASI agar para ibu mendapat pengetahuan seputar MPASI, termasuk mitos dan faktanya. 

Wisata Rasa MPASI hadir untuk menginspirasi para ibu dalam menciptakan aneka menu MPASI terbaik untuk si kecil. Royco Kaldu Spesial juga menghadirkan 30 resep "Sajian MPASI Homemade Ala Royco Kaldu Spesial" yang bisa diakses disini. Resep yang ada bisa menjadi panduan ibu dalam mengkreasikan aneka menu MPASI sesuai pedoman "Isi Piringku".

Wisata Rasa Royco

Amaryllis Esti Wijono selaku Direktur Nutrition Unilever Indonesia mengatakan, sebagai bagian dari program Royco Nutrimenu, Royco menghadirkan kampanye Wisata Rasa MPASI Royco, Royco menghadirkan Royco Kaldu Spesial yang didesain dengan warna hijau. Ini adalah inovasi terbaru Royco yang diformulasikan tanpa micin, rendah garam, dan tanpa pengawet, sehingga cocok digunakan dalam menu MPASI. Para ibu nantinya dapat menghadirkan menu MPASI dengan nutrisi terbaik dengan rasa yang disukai anak guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan di periode 1.000 HPK.

Wisata Rasa MPASI

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University mengatakan isu malnutrisi merupakan persoalan gizi yang harus dientaskan melalui edukasi secara berkelanjutan. Oleh karena itu Royco bekerjasama dengan IPB University melakukan pemberdayaan kepada kader kesehatan mengenai edukasi seputar nutrisi dan menu MPASI.

Wisata Rasa MPASI

Nikita Willy, celebrity mom juga berbagi pengalaman tentang masa MPASI baby Issa, Royco Kaldu Spesial dan buku resep MPASI membuat menjadi lebih percaya diri mengeksplorasi variasi menu yang flavorful dan bernutrisi seimbang untuk Issa. 

Event Wisata Rasa MPASI

Selain itu beliau juga memasak salah satu menu favorit baby Issa yaitu Sup Tahu Bakso saat acara itu. Bahan-bahannya mudah didapat, cara membuatnya mudah dan nutrisinya sesuai, untuk mendukung si kecil di 1000 HPK nya.

Sepulang dari sana aku juga membuat salah satu menu yang ada di buku Sajian MPASI Homemade Ala Royco Kaldu Spesial, yaitu Sup Nasi Bayam, untuk menu sarapan Alma. Bahannya ada bayam, nasi, air kaldu, telur, santan, jahe, bawang putih dan Royco Kaldu Spesial Rasa Ayam. Cara membuatnya juga mudah tinggal cemplung-cemplung dan aduk saja. Sekitar 30 menit waktu yang aku perlukan untuk persiapan dan memasak. 

Sup Nasi Bayam Royco
Sup Nasi Bayam

Sup Nasi Bayam ini bisa disajikan untuk anak mulai dari umur 6 bulan, karena Alma usianya sudah lebih dari 6 bulan dan sudah tumbuh gigi, aku membuat teksturnya agak kasar seperti bubur. Cocok untuk menu sarapan, dan alhamdulilah Alma makannya lahap, padahal Alma lagi flu, tapi alhamdulilah banget tidak GTM.

Royco Kaldu Spesial

Royco Kaldu Spesial ini tersedia dalam 2 varian rasa, yaitu Bumbu Kaldu Rasa Ayam Spesial dan Bumbu Kaldu Rasa Jamur Spesial. Royco Kaldu Spesial cocok untuk menu MPASI. Untuk info lebih lengkapnya bisa cek disini dan  disini ya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream