Sedekah Daging di Hari Idul Adha bersama Dompet Dhuafa

Assalamualaikum...apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya, aamiin.

Tak terasa sebentar lagi umat muslim di dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Rasanya baru kemarin merayakan Idul Fitri, sebentar lagi tanggal 31 Juli 2020 kita merayakan Idul Adha yang ini juga merupakan hari raya besar bagi umat muslim.


Keadaan yang sangat berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini ditiadakan ibadah haji karena ada pandemi. Tapi pemotongan hewan kurban yang biasanya dilaksanakan sehabis shalat IED tetap dilaksanakan sebagai bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Walau bagaimana prosedur nanti di lapangan bisa ditunggu instruksi dari pemerintah.

Pandemi ini sangat lah berdampak terutama pada ekonomi di berbagai sektor usaha. Masyarakat yang mengandalkan penghasilan harian sangat merasakan dampak nya, bahkan untuk makan sehari-hari pun banyak yang kesulitan. 

Bukan hanya pekerja harian bahkan pengusaha  banyak yang gulung tikar  karena usahanya mandeg akibat ditutup nya berbagai fasilitas umum.

Tapi momen berkurban adalah momen yang paling ditunggu masyarakat terutama ekonomi bawah karena masih banyak yang bahkan hanya bisa makan daging setahun sekali saat Hari Raya Idul Adha saja. Mereka mendapat pembagian daging dari pemotongan hewan kurban yang berlangsung setahun sekali ini.

Karena orang yang mampu berkurban harus menjalankan kewajiban nya untuk berkurban, selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, berkurban adalah bentuk empati pada sesama yang membutuhkan.

Biasanya berdasarkan pengalaman pribadi aku menyisihkan uang untuk kurban dari sebagian uang THR Idul Fitri. Tapi melihat kondisi saat ini ada banyak perusahaan yang mungkin tidak dapat membayar THR seperti pelaku usaha rumahan (UMKM) yang sangat terdampak karena pandemi ini, yang menyebabkan tidak bisa membeli hewan kurban. 

Melihat fenomena itu Dompet Dhuafa  mengajak #OrangBaik yang belum punya kesempatan untuk berkurban tapi ingin berbagi dan membantu masyarakat yang kurang mampu, agar bisa merasakan nikmatnya daging kurban terutama yang berada di pelosok (luar Jakarta) melalui program sedekah daging.

Sedekah daging ini berbeda dengan kurban ya, sedekah daging bisa dimulai dengan donasi/sedekah senilai Rp.100.000 saja, kita sudah bisa berpartisipasi di program ini.

Dari total donasi yang terkumpul lalu nanti dana nya akan dikonversikan menjadi hewan kurban yang akan disalurkan ke pelosok Nusantara (luar Jakarta).

Sedekah daging ini masuk pada ibadah sedekah ya bukan ibadah kurban. Walau nantinya total uang akan dikonversikan menjadi hewan kurban. 

Di Hari Raya Idul Adha ini walau kita belum mampu untuk kurban tapi kita masih bisa berbagi dengan sesama yang lebih membutuhkan agar mereka bisa merasakan nikmat dan berkah nya daging kurban yang memang banyak masyarakat diluar sana yang hanya bisa makan daging setahun sekali, melalui program sedekah daging yang diadakan Dompet Dhuafa.








Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment