Pembangunan Nusantara


Nusantara atau Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota masa depan Indonesia yang rencananya akan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2024 nanti, bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 79. Bahkan Bapak Presiden Jokowi juga optimis kalau upacara peringatan HUT RI ke- 79 nanti bisa dilaksanakan di IKN.

Ibu Kota Nusantara nantinya akan menjadi ibukota Indonesia dan menggantikan Jakarta, yang sudah menjadi ibu kota sejak tahun 1961. Untuk lokasi IKN sendiri berada di wilayah administrasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Tujuan pembangunan IKN adalah upaya pemerintah untuk pemerataan ekonomi di tanah air. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan merata, di kawasan Timur Indonesia. Karena selama ini pertumbuhan ekonomi lebih berpusat di Pulau Jawa dan Sumatera, dengan PDB (produk domestik bruto) di Pulau Jawa mencapai 58 persen PDB nasional. 

Dan tentunya aku sebagai masyarakat Indonesia sekaligus mewakili netizen sangat penasaran dan antusias dengan perkembangan pembangunan di Ibu Kota Nusantara, IKN. Perasaan seperti ini pasti bukan hanya dialami olehku, tapi juga masyarakat Indonesia lainnya. Dan bak gayung bersambut pada tanggal 10 November 2023 yang lalu aku mendapat kesempatan untuk mengetahui perkembangan pembangunan IKN lewat acara temu netizen IKN, Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN?

Pemerintah ingin melibatkan influencer untuk mewakili netizen dalam proses sosialisasi IKN. Apalagi di zaman serba digital saat ini semua orang dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi melalui media sosial. Pemerintah juga melakukan sosialisasi melalui media sosial, berbagai webinar dan diskusi daring.

IKN ditargetkan selesai dibangun pada tahun 2045 melalui 5 proses tahap pembangunan. Dan saat ini sedang pembangunan tahap awal (2022-2024). Sejauh ini pembangunan IKN berjalan lancar dan sudah sesuai target. Pembangunan tahap 1 meliputi pembangunan infrastruktur dasar yang utama, seperti: penyediaan air minum, ketenagalistrikan, TIK, pengelolaan persampahan dan air limbah untuk penduduk pionir.

Juga membangun sarana utama yaitu Istana Kepresidenan, perkantoran dan perumahan di KIPP. Dan pemindahan ASN tahap awal (termasuk TNI, Polri), inisiasi sektor-sektor ekonomi prioritas.


Kita akan membangun IKN yang benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi dan lingkungan. Mewujudkan kota hutan, smart city, kota modern dan berkelanjutan, serta memiliki standar internasional. IKN adalah Kota Dunia untuk Semua. Bapak Jokowi menyampaikan hal ini melalui Program Beranda Nusantara Menuju IKN, pada Rabu, 23 Februari 2022.

Masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan IKN dan terlibat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Keterlibatan masyarakat bisa dalam bentuk menyebarkan informasi yang akurat mengenai IKN, mencegah penyebaran informasi hoaks, m di media daring. Dapat juga mengikuti konsultasi publik dan musyawarah untuk menyampaikan aspirasi. Atau bisa dalam bentuk kemitraan untuk pembangunan di IKN. 

IKN ditargetkan menjadi kota masa  depan bagi Indonesia di tahun 2045, IKN berjarak 1,236 kilometer dari Jakarta. Semoga dengan dukungan dan partisipasi masyarakat pembangunan IKN lancar dan sesuai dengan target.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Wisata Rasa Untuk Cegah GTM Di Masa MPASI

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream