Dukung UMKM NTT Melalui Kilau Digital Permata Flobamora

Sebagai negara dengan kepulauan terbesar di dunia, Indonesia kaya akan keberagaman budaya dan adat istiadat. Dengan keberagaman ini Indonesia dapat menghasilkan begitu banyak karya yang mengagumkan. Karya itu ada baik di bidang fashion, kuliner atau kriya yang dihasilkan dari UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) daerah. 

Kain Cantik Produksi UMKM

Sebagai anak bangsa tentu saja saya bangga dengan beragam karya seperti dari bidang fashion banyak keanekaragaman kain daerah, kebaya, batik dan tenun yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Beragam fashion yang unik, khas dan cantik tentu saja dihasilkan dari para pengrajin UMKM daerah.

Bukan hanya dari bidang fashion begitu juga aneka ragam kuliner khas daerah, begitu banyak makanan khas daerah yang saya sukai. Setiap suami saya tugas ke daerah pasti yang saya minta adalah oleh-oleh makanan khas yang diproduksi UMKM daerah tersebut. Hampir dari setiap wilayah Indonesia bahkan sampai Marauke sudah saya cicipi kuliner khasnya. Teman-teman sudah ada yang pernah mencoba dendeng rusa? Suami saya membawa oleh-oleh itu saat pulang tugas dari Marauke.

Bukan hanya itu tapi juga hasil kriya yang juga beragam dan juga tak kalah menarik, yang cocok dijadikan penghias rumah atau gift cantik.

Sebagai bentuk rasa bangga kita memang harus mendukung dengan membeli, memakai dan mengkonsumsi berbagai produk buatan UMKM dalam negeri. Jangan sampai kalah dengan para wisatawan asing yang kalau ke Indonesia suka memborong produk UMKM dalam negeri, seperti sepupu suami yang tinggal dengan istrinya di Prancis. Setiap tahun saat Idul Fitri beliau pasti pulang ke Yogyakarta kecuali mulai tahun kemarin karena pandemi. Beliau setiap ke Yogyakata pasti selalu memborong kerajinan atau produk fashion khas yang nantinya dijadikan oleh-oleh atau lebih seringnya sih dijual lagi, karena katanya teman-teman disana banyak yang tertarik membeli kain, batik atau hasil kriya khas Jogja. 

Tentu saja kita harus bangga dengan produksi UMKM baik itu dari fashion, makanan atau kriya yang sangat beragam, khas dan menarik yang diproduksi UMKM daerah. Bukan hanya Yogyakarta tapi masih banyak daerah yang menyimpan potensi UMKM yang punya beragam produk unggulan seperti yang akan saya bahas kali ini yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur. 

Karena bangga dengan produk UMKM NTT saya ikut mendukung gerakan nasional  Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) adalah  program resmi yg diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 lalu, peresmian ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia membeli karya anak bangsa, yang mana ini adalah upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit karena pandemi Covid-19. 

Acara Puncak Gernas BBI "Kilau Digital Flobamora" di Nusa Tenggara Timur


Untuk mendukung Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) digelar acara puncak dengan tema "Kilau Digital Permata Flobamora" (Flores, Sumba, Timor, dan Alor)" yang diselenggarakan pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT.

Acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora tersebut berlangsung meriah secara offline melalui forum tatap muka, yang bisa disaksikan masyarakat live lewat online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI. 

Acara ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Ini merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital& industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.


Acara ini dihadiri tamu VVIP yang hadir baik secara offline maupun online antara lain adalah Bapak Wakil Presiden Ma'ruf  Amin, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Bapak Johnny G. Plate (Menkominfo), Bapak Perry Warjiyo (Gubernur BI), Bapak Tito Karnavian (Q1Mendagri), Bapak Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Bapak Sandiaga Uno (Menparekraf), Bapak Erick Thohir (MenBUMN), Bapak Teten Masduki (MenkopUKM), Bapak Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Bapak Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Pada kesempatan itu para VVIP berbincang mengenai kemajuan   UMKM di Indonesia, khususnya NTT. Ada juga sesi talkshow bersama marketplace yang menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA, CEO Ladara, dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis.

Selain launching ceremonial, acara juga diisi dengan kegiatan Virtual Expo yang menampilkan keindahan tenun khas Flobamora NTT dalam acara fashion show yang dipimpin Julie Laiskodat (Ketua Dekranasda Provinsi NTT) yang bisa kita saksikan secara virtual. Produk-produk UMKM juga telah dikurasi oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace. 

Virtual Expo tersebut juga membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat di Indonesia untuk membeli produk-produk dari para pelaku UMKM di NTT. 


Seperti yang dikatakan Bapak Ma'ruf Amin  bahwa tujuan Gernas BBI adalah mengajak masyarakat untuk menggunakan produk anak bangsa, yang bertujuan memajukan perekonomian lokal. Diharapkan kita lebih memilih produk dalam negeri yang diproduksi UMKM.

Bapak Teten Masduki berharap adanya Gernas BBI yang menghadirkan bisnis UKM digital dapat menjadi contoh bagi UKM di seluruh Indonesia dalam mengoptimalkan teknologi.


Dengan adanya Gernas BBI diharapkan UMKM yang ada di NTT dapat tumbuh semakin cepat karena didukung digitalisasi dan konektivitas jaringan internet yang memadai. Dengan pemasaran produk yang dilakukan secara online akan memudahkan konsumen membeli produk UMKM, dan memberi jangkauan luas bagi para UMKM untuk memasarkan produknya.

Belanja Produk UMKM NTT Online


Untuk mendapatkan produk UMKM Nusa Tenggara Timur kita bisa mengunjungi Pameran Virtual Kilau Digit Flobamora yang sedang berlangsung saat ini. Dari ribuan UMKM yang ada di Flobamora terkurasi sebanyak 100 UMKM dengan lebih dari 1000 SKU produk mulai dari fashion, craft, food and beverage. 



Virtual expo ini berlangsung dari 9 Juni 2021 - 9 Juli 2021 yang bisa diakses secara online melalui tablet, laptop, PC ataupun smartphone. Berikut cara menikmati dan belanja produk UMKM yang ada di pameran Virtual Kilau Digital Flobamora:
  1. Buka website www.kilaudigitalflobamora.id kemudian pilih menu "Pameran Virtual" 
  2. Lakukan registrasi dengan mengusu data diri seperti nama, no handphone dan email.
  3. Setelah masuk pada lobi area Expo bisa memilih menu yang tersedia atau berbicara dengan customer service untuk mendapatkan informasi info pameran bisa melalui chatting atau email.
  4. Pada "Exhabition Hall" ada empat pilihan kategori yang bisa dipilih yaitu Food A, Food B, Fashion dan Craft, yang bisa dikunjungi virtual.
  5. Setelah memilih kategori produk UMKM kita bisa melihat dan memilih langsung produk yang akan dibeli, klik icon chat untuk berbicara langsung dengan penjual, atau klik e-commerce untuk belanja.
  6. Setelah memilih produk lanjutkan dengan mengisi alamat pengiriman, jenis pengiriman dan juga metode pembayaran.
  7. Setelah itu pesanan akan masuk ke penjual dan penjual akan menyiapkan pesanan dan mengirimnya.
Transaksi online virtual expo ini sudah terintegrasi dengan Qris Bank Indonesia, kerjasama dengan Grab, LinkAja, Dana, Gopay, OVO, Mandiri, BRI, BCA, BNI, Bank NTT dan lain sebagainya. Sangat memudahkan konsumen untuk membayar belanjaan. 

Selain itu konsumen juga bisa mengunjungi Toko Online Badan Usaha Milik Negara (Bundes) Mart, ini merupakan inovasi akses pemasaran penjualan online produk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) atau UMKM di segmen pasar lokal di tingkat kabupaten hasil kolaborasi kementerian desa pemberdayaan daerah tertinggal dan transmigrasi bersama kementerian komunikasi dan informatika. 

Untuk cara berbelanja di Toko Online Bumdes ini sebagai berikut:
  1. Pertama buka website www.bumdesmart.id 
  2. Pilih menu 100 Toko Online, kemudian pilih toko UMKM dengan mengklik Link pada nama UMKM tersebut.
  3. Pilih produk yang ingin dibeli lalu tentukan jumlah produk.
  4. Isi data diri mulai dari nama, no handphone, alamat pengiriman dengan jelas.
  5. Pilih metode pengiriman lalu pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  6. Lalu klik pesan dan pembayaran, barang siap dikirim.
Bertransaksi online dibumdes ini cukup mudah ya,  teman-teman bisa mengunjungi  pameran virtual yang menghadirkan produk kerajinan para pelaku UMKM dari NTT ini sekarang juga karena pameran ini menghadirkan lebih dari 1000 produk unggulan dari pelaku UMKM yang tersebar di Flores, Sumba, Timor dan Alor.

Dukung produk lokal dari UMKM sebagai bentuk dukungan UMKM dalam negeri karena kualitasnya produknya UMKM bagus dan patutu diapresiasi sebagai bentuk dukungan terhadap karya anak bangsa.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment