Merawat Kebaikan Kolektif karena Ini Tentang Kita untuk Kebaikan Kita


Rasanya bahagia ya kalau hidup kita bisa bermanfaat bagi orang lain atau kita bisa selalu berbagi sedikit rezeki dengan sesama. Ya walau mungkin saat ini nilainya masih kecil, mudah-mudahan kedepannya rezeki semakin lancar dan melimpah ya, biar bisa semakin banyak dan sering berbaginya. 

Saat ikut berbagi di Jumat Berkah yang dibuat teman setiap minggunya, yang bisa dimulai dari nominal 10ribu rupiah, atau sekedar kasih tips 1000, 2000 atau 5000rupiah ke kurir ekspedisi atau driver ojek online, tapi rasanya hati ini bahagia ya. 

Walau pernah aku berpikir apa nominal uang 1000, 2000, atau 5000 rupiah yang aku berikan sebagai tips driver ojek online atau kurir ekspedisi berarti bagi mereka? Tapi ternyata uang yang kita anggap receh itu, bagi driver ojek online atau kurir, lumayan berarti lho. Karena dari 1000 atau 2000 rupiah yang kita berikan kepada mereka apabila sudah terkumpul hasilnya lumayan juga, dan uangnya bisa dipakai untuk jajan anak mereka, atau kebutuhan lainnya.

Sejak itu aku berpikir kebaikan sekecil apapun, bisa sangat berarti bagi penerima kebaikan itu, kalau mereka menerimanya dengan penuh rasa syukur.  Ternyata uang yang kita pikir receh itu tidak receh lagi kalau dikumpulkan. Jadi kita tidak boleh malu kalau baru bisa memberi sedikit tips kepada mereka.  Biar kecil nilainya tapi kalau banyak orang yang memberi hasil yang terkumpul kan bisa jadi lumayan ya. Bisa dibilang ini semacam kebaikan kolektif ya.

Dan tahu gak sih kalau ternyata kebaikan kolektif yang seperti ini sama seperti tujuan dari program Humanesia 2022 Ini Tentang Kita dari Dompet Dhuafa, yang bertujuan ingin melibatkan semua pihak agar semakin aktif merawat "kebaikan kolektif".

Ini Tentang Kita mengajak semua pihak ikut terlibat, yaitu dari mulai Dompet Dhuafa, Penerima Manfaat, Relawan, Donatur, Jaringan dan semua orang. Kita bermakna semua pihak dari berbagai latar belakang, status,  pekerjaan, usia, baik dari lembaga, donatur, mitra, stakeholders maupun penerima manfaat Harapannya agar semua pihak dapat terlibat dan ambil bagian di program Humanesia 2022 ini. 

Ini Tentang Kita Humanesia 2022 memfokuskan pada awareness (kesadaran) masyarakat terhadap kemanusiaan. Humanesia mengajak seluruh kalangan masyarakat terutama kalangan milenial dan gen Z untuk selalu semangat melakukan aksi-aksi kebaikan. Karena kebaikan sekecil apapun akan menjadi ladang pahala dan akan berbalik untuk kebaikan diri kita sendiri.

Ini Tentang Kita Humanesia 2022, dengan beragam perbedaan dalam satu persamaan. Karena dukungan kemanusiaan kita akan menguatkan satu sama lain. Apalagi saat ini Indonesia sedang ditimpa berbagai bencana alam, dan adanya isu resesi dan inflasi di tahun 2023 mendatang. 

Menjelang akhir tahun berbagai bencana sudah menimpa negeri ini, yang masih sangat teringat dan membuat aku sendiri trauma adalah efek gempa Cianjur. Gempa Cianjur terasa sampai Depok, saat kejadian itu aku sedang berada di dalam kamar menyusui Alma. Panik yang aku rasakan saat itu, karena melihat lemari plastik yang terletak di depan tempat tidur bergoyang, takut menimpa aku yang sedang menyusui Alma. Sampai sekarang nih kalau lagi tiduran di kasur terus terasa agak goyang, pasti aku langsung turun dan berdiri di lantai memastikan itu bukan gempa. Tak terbayang bagaimana trauma dari para korban gempa Cianjur, yang merasakan guncangan sebegitu hebatnya. Juga trauma korban dari berbagai bencana lain, seperti ibu aku yang ada trauma sama banjir, karena waktu itu rumahnya pernah kebanjiran. 

Program Indonesia Siap Siaga adalah salah satu dari program Humanesia 2022 yang ada karena bencana gempa yang menimpa Cianjur. Indonesia Siap Siaga ada untuk mereka para korban yang terdampak bencana. Dompet Dhuafa juga mengajak kita turut serta atau bisa ikut menyalurkan sedekah kita ke berbagai program lainnya seperti Perempuan Tangguh dimana kita bisa berbagi makna semangat untuk para perempuan tangguh yang sedang berjuang untuk keluarga mereka.

Atau bisa juga menjadi kakak asuh dengan berbagi kebahagiaan dengan adik-adik yatim dengan memberikan Kado Akhir Tahun. Dan ada Wakaf Untuk Bunda yang bisa menjadi doa abadi buat orang tua kita. Kita semua bisa bersama dengan Dompet Dhuafa terlibat aktif dalam merawat kebaikan kolektif ini. InsyaAllah dengan bersama melakukan kebaikan kolektif, kita bisa menyambut tahun 2023 dengan optimis. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Kluster Khaya Podomoro River View Hunian Mewah dan Berkelas di Selatan Jakarta adalah Investasi Properti yang Berlimpah Nilai Tambah

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream