Pasien PCOS, Apa Bisa Hamil Alami?


Memiliki anak adalah salah satu tujuan bagi pasangan yang sudah menikah, walau mungkin ada beberapa pasangan yang ingin menunda dulu kehadiran anak dengan beberapa alasan. Memang banyak pasangan yang diberi kemudahan untuk memiliki anak, tapi banyak juga kan pasangan yang memiliki kesulitan memiliki anak. 

Anak itu memang rezeki dari Allah, yang bisa dilakukan pasangan yang ingin memiliki anak adalah berikhtiar dan berdoa. Berikhtiar bukan hanya berhubungan intim rutin tapi harus berkonsultasi juga ke dokter kandungan. Supaya ketahuan apa saja yang menjadi penyebab sulit memiliki anak. Dan ini harus dilakukan berdua ya, suami dan istri harus sama-sama diperiksa. 

Karena biasanya di masyarakat kita tuh kalau istri susah hamil yang disalahin cuma istrinya saja. Padahal kan belum tentu ya, bisa juga kendala ada pada suaminya. Nah biar jelas lebih baik konsultasi ke dokter kandungan. 

Sementara dari perempuan ada salah satu penyebab sulit hamil yaitu karena perempuan menderita PCOS. Apa itu PCOS? Polycystic ovarian syndrome atau sindrom ovarium polikistik. Dimana adanya suatu kelainan pada wanita yang ditandai dengan adanya hiperandrogenisme dengan adanya anovulasi kronik dan tidak disertai dengan kelainan pada kelenjar adrenal maupun kelenjar hipofisis. 

Lebih simpelnya pasien PCOS memiliki gangguan masa menstruasi yang tidak teratur, dan kelebihan hormon androgen, yang ditandai dengan pertumbuhan rambut berlebih, jerawat dan obesitas. Namun kita tidak boleh mendiagnosis ini sendiri ya, walau ada tanda-tanda tersebut tetap harus periksa ke dokter, biar dokter yang mendiagnosis.

Talkshow PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami?


Pasien PCOS memang memiliki kendala untuk hamil secara alami, tapi apa masih ada kemungkinan bisa hamil secara alami? Hal itu yang kemarin dibahas di acara talkshow yang saya ikuti di Mayapada Hospital Jakarta Selatan hari Sabtu, 3 Desember 2022 lalu. 


Talkshow dengan tema “PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami? Yang berlangsung di ruang Auditorium, tower 1, lantai 10 itu diisi dengan pembahasan tentang fakta PCOS dan juga cerita penuh haru dari teman-teman pejuang garis dua, yang ikut berbagi cerita tentang perjuangan untuk mempunyai anak.

Narasumber pada hari itu ada:
  • dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG(K)FER, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan.
  • Grace Tahir. Direktur Mayapada Hospital dan Co-founder Everest Media.
Acara dimulai dengan sambutan dr. Fiktorius Kuludong, MM selaku Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan dan juga Christian Eka selaku sales dan Marketing Director Danpac.

Mayapada Hospital sebagai salah satu Rumah Sakit Terbaik dengan layanan dan fasilitas terbaik yang ada di Jakarta, Tangerang, Bogor, Surabaya dan Bandung, membuat talkshow ini untuk mendukung para pejuang garis dua, terutama pasien PCOS dalam usahanya memiliki anak. 

Dukungan ini ada, karena Bu Grace Tahir juga pernah mengalami kesulitan sampai depresi saat program anak kedua. Saat ingin memiliki anak kedua, Bu Grace didiagnosis menderita PCOS. Setelah pemikiran panjang beliau memutuskan untuk mengikuti program inseminasi. Dan saat melakukan program inseminasi ini beliau sering merasa ketakutan, sampai depresi. Rasa takut meninggal, bahkan kesulitan untuk tidur juga dialami beliau sampai setahun.


Bu Grace mengatakan kalau ada pertanyaan dari pihak luar, seperti kapan punya anak? Kapan anaknya dikasih adik lagi? dapat memicu orang jadi depresi. Aku setuju sih, karena basa-basi dengan bertanya seperti itu memang seharusnya tidak perlu, karena dapat membuat stres, depresi orang yang ditanya. Alangkah baiknya kalau kita tidak bisa membantu secara materi kita mendoakan saja. Kebiasaan bertanya hal-hal pribadi memang agak sulit dihilangkan di masyarakat sini ya, padahal bertanya kapan nikah, kapan punya anak itu dapat memicu orang jadi tertekan, stres, depresi. Kita tidak pernah tahu apa saja perjuangan yang sudah mereka lakukan. Dan yang terpenting Bu Grace mengatakan kalau value seorang perempuan itu bukan karena apakah dia punya anak atau tidak? Berapa jumlah anaknya? Wanita cantik dan punya value dengan caranya masing-masing.

Penderita PCOS, Apa Masih Bisa Hamil Alami?


Memang banyak faktor penyebab susah hamil salah satunya adalah PCOS. dr. Malvin Emeraldi mengatakan, menurut data PCOS ini dialami oleh lebih dari 116 juta atau sekitar 3,4% wanita di seluruh dunia. Jadi PCOS adalah salah satu penyakit metabolik yang paling sering dialami wanita pada usia subur. 

Pasien PCOS biasanya memiliki gangguan pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Juga ada masalah obesitas, seperti yang dialami Bu Grace yang dulunya memang obesitas. Lalu saat program anak kedua melakukan diet agar BB nya dapat mencapai BB yang ideal. 

Pasien PCOS menjadi infertil (tidak subur) karena tidak a dan sel telur yang matang, sehingga tidak terjadi pertemuan sperma dan sel telur. Bagi pasien PCOS ada 3 modal untuk bisa hamil yaitu; senggama masa subur, inseminasi intra uterine (IIU), IVF (program bayi tabung). 

Hamil Alami pada pasien PCOS bisa, dengan melakukan senggama pada masa subur, karena saat itulah yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil pasien PCOS sampai 14-23% per siklus/bulan. Tapi ada masalah masa hidup sel telur dan sperma yang lamanya berbeda, sel telur masa hidupnya hanya 24 jam, sementara masa hidup sperma adalah 3-5 hari. Jadi pasien PCOS harus tahu betul kapan waktu yang pas untuk bersenggama, dengan mengetahui kapan masa subur nya. Pasien PCOS bisa mengecek masa subur ini dengan menggunakan alat test seperti ovutest. 

Dan usaha ini dapat efektif bila dilakukan pada pasangan dengan gangguan kesuburan kurang dari 2 tahun, dan pada wanita usia kurang dari 35 tahun. Dengan syarat kedua tuba paten, rongga rahim normal, dan tidak ada gangguan kesuburan dari faktor pria. Untuk lebih jelasnya lagi teman-teman pejuang garis dua harus konsultasi ke dokter kandungan ya.

Dan yang tidak kalah penting adalah menjaga mental pasien PCOS, karena kalau pasien depresi dapat berpengaruh buruk saat pasien PCOS menjalani program hamil. Seperti cerita Bu Grace yang berkata saat dia sudah pasrah, tidak stres lagi, akhirnya diberi kemudahan untuk hamil anak kedua. 

Terakhir bagi teman-teman pejuang garis dua harus tetap semangat, jangan menyerah dan berbahagia dalam menjalani program hamil. Semoga diberi kemudahan dan yang terbaik ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Kluster Khaya Podomoro River View Hunian Mewah dan Berkelas di Selatan Jakarta adalah Investasi Properti yang Berlimpah Nilai Tambah

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream