Membuat Kue dan Jualan Kue Sukses Karena Akses Internet Cepat

Di tahun 2020 saat pandemi aku menekuni hobi membuat kue, karena waktu itu sedang merasa bosan di rumah terus dengan aktivitas yang itu-itu saja. Aku mencoba mempraktekkan berbagai resep kue dan dessert yang belum pernah aku buat sebelumnya. 

Tentu saja tidak semua resep berhasil dalam satu kali percobaan, ada yang harus diulang beberapa kali sampai berhasil. Sebenarnya kalau ditanya antara memasak dan membuat kue, aku lebih suka membuat kue, karena selain aku lebih menyukai makan makanan manis aku juga suka bau harum dapur kalau lagi membuat kue yang berasal dari butter๐Ÿ˜†.

Sepertinya pada tahun itu selain aku juga banyak orang lain yang menemukan berbagai hobi baru, ada yang jadi hobi memasak, membuat kue bahkan sampai berkebun. Teman aku ada yang mempelajari cara dan berkebun hidroponik saat pandemi. Dia juga cukup berhasil dengan kebun hidroponiknya, berbagai macam jenis sayur berhasil dipanen di kebunnya. Hobi tersebut dapat mengalihkan dari rasa bosan karena kelamaan di rumah terus. Karena saat itu kan aktivitas di luar rumah dibatasi karena diberlakukan PPKM.

Dan pada hari raya Idul Fitri tahun 2020 aku memutuskan untuk membuat hampers lebaran yang berisi makanan buatan sendiri. Baru lebaran itu deh aku bagiin hampers yang isinya makanan buatan sendiri, biasanya tuh selalu beli jadi๐Ÿ˜†. Waktu itu aku membuat marmer cake, macaroni schotel, kolak biji salak dan dingsu (puding susu jeruk). Dan rasanya senang banget karena saudara, teman dan tetangga ternyata menyukai makanan buatan aku. 

Kebanyakan berbagai resep kue aku dapatkan dari sosial media khususnya Instagram, google dan juga platform masakan Cookpad. Berbagai resep aku coba untuk mendapatkan yang paling sesuai dengan selera aku juga keluarga di rumah. Selain itu aku juga membaca review dan komen dari orang-orang yang sudah lebih dahulu rebake resep kue tersebut, untuk mencari reerensi resep yang rekomended. Selain itu aku juga mendapat resep dari saling sharing dengan teman-temanku yang sehobi melalui chat WhatsApp.

Berbagai jenis kue sudah aku rebake, diantaranya adalah Budapest Cake, Bolu Kopi, Marmer Cake, Fudge Brownies, Caramel Cake, Bolu Ketan Hitam, Spiku dan masih banyak lagi. Beberapa dari jenis kue itu bahkan ada yang jadi jualanku, seperti Fudge Brownies, Bolu Ketan Hitam dan Marmer Cake. 

Koq dari hobi baking jadi jualan kue? Iya jadi ceritanya waktu aku bikin hampers aku iseng mengunggah foto seadanya ke feed dan story Instagram dan berakhir dengan ada teman yang mau pesan kue buatanku. Akhirnya muncul deh Dapurmommy3a yang bisa menerima pesanan kue made by order atau sistem PO. Sejak itu aku mulai berjualan kue sesuai pesanan, tidak ada ready cake, jadi tidak bisa mendadak kalau mau beli kue. Tak menyangka kalau aku punya usaha kecil yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang jumlahnya lumayan bagiku. Customer yang memesan kue juga sering menjadikan kue buatanku buah tangan saat dia ingin mengunjungi kerabat atau bahkan saat mudik ke kampung halaman. 

Foto jualan hampers lebaran buatanku

Dan diluar dugaan juga waktu hari raya Idul Fitri 2021 dan Natal 2020 temanku memesan hampers untuk dia kirim kepada kerabat. Jumlahnya juga lumayan banyak, sampai aku agak kewalahan karena mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari catat orderan, belanja bahan, baking, packing, kirim-kirim semua aku kerjakan sendiri. 

Walau kewalahan dan lelah aku sangat bersyukur dan senang mengerjakan itu, karena gak sangka kalau kue buatanku disukai banyak orang. Walau saat ini Dapurmommy3a sedang tidak menerima pesanan kue lagi karena aku masih repot karena harus mengurus bayi lagi, ya akhir tahun 2021 aku hamil lagi dan sekarang usia anak aku yang ke-4 masih berusia 10bulan.

Untuk mencari aneka resep dan menjual produk ada peran penting yang membantu yaitu akses internet yang cepat dan lancar. Kemudahan internet membuat aku dan banyak orang mudah mencari dan mendapatkan informasi bermanfaat. Sosial media juga aku jadikan media untuk berjualan. Peran internet cepat dan lancar sangat penting, karena kalau internet lemot sudah pasti bikin BT dan gak mood.

Aku punya Internet Provider andalan yang dapat membuat siapapun dimanapun beraktivitas tanpa batas. Indihome adalah layanan akses internet cepat andalanku, ini adalah salah satu produk dari Telkom Indonesia. Indihome adalah layanan akses internet yang dapat menjangkau sampai pelosok negeri. Akses internet yang cepat juga dapat mendukung saat mencari informasi dan menjual produk, dan ini sangat membantu UMKM sepertiku.

Akses internet cepat dan lancar adalah hak semua orang, saat ini segala hal bisa dilakukan karena ada internet, mencari informasi bermanfaat, berjualan, belajar dan bekerja membutuhkan akses internet cepat agar prosesnya lancar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream

Perlindungan Untuk Seluruh Anggota Keluarga dari Prudential