Stimulasi Visual Si Kecil Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Dengan Produk Farlin

Demi mendukung tumbuh kembang anak agar optimal, anak harus tercukupi kebutuhan nutrisi dan stimulasinya. Untuk kecukupan nutrisi ibu dan juga ayah harus memastikan anak tercukupi kebutuhan nutrisinya sejak dari dalam kandungan, ibu harus mengkonsumsi makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang selama masa kehamilan. 

Dan untuk stimulasi, anak sudah bisa distimulasi sejak bayi/ new born. Berbagai stimulasi yang bisa dilakukan adalah: stimulasi taktil, auditori/pendengaran, pengecapan, penciuman dan stimulasi visual. Karena masa golden age tidak akan terulang lagi, maka orang tua harus memperhatikan anak tercukupi kebutuhan nutrisi dan stimulasi di masa ini, yaitu dari anak masih di dalam kandungan sampai umur 2 tahun.

Saat anak masih menyusui saja, sampai umur 6 bulan, mungkin belum banyak kendala yang dialami ibu untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Karena anak hanya mengkonsumsi ASI di masa itu, jadi asalkan ibu tercukupi kebutuhan nutrisinya, ibu bahagia, InsyaAllah kebutuhan ASI si kecil dapat tercukupi dengan baik, dan si kecil tumbuh sehat. Kendala biasanya hadir saat mulai masuk masa MPASI, banyak ibu yang mengalami berbagai kendala saat pemberian makan si kecil.

Makanya tidak jarang kalau masa MPASI bisa menjadi masa yang melelahkan dan membuat stres para ibu, apalagi kalau anak sedang mengalami GTM (gerakan tutup mulut). Hal ini pun aku alami kalau Alma lagi GTM, aku khawatir kebutuhan nutrisi hariannya tidak tercukupi. Ada berbagai hal yang menyebabkan anak GTM, misalnya anak sedang sakit, lagi tumbuh gigi, atau bisa juga karena rasa makanan yang kurang enak dan penyajiannya tidak menarik bagi di kecil. 

GTM yang berkepanjangan tidak bisa diremehkan karena dapat menyebabkan stunting, karena kekurangan asupan nutrisi harian dalam waktu yang lama dapat menyebabkan anak menjadi stunting. Dan ternyata kasus stunting ini tidak hanya terjadi pada kelompok anak yang berasal dari keluarga dengan ekonomi kurang, tapi terjadi juga di anak dengan keluarga berkecukupan. 

Aku ingat betul rasa gugup yang aku rasakan saat menyambut masa MPASI beberapa waktu lalu, berbagai persiapan aku lakukan untuk Alma yang mau memulai masa MPASI. Mulai dari mencari  ilmu sebanyak-banyaknya dari beberapa dokter ahli gizi, membeli dan membaca buku resep MPASI, mempersiapkan peralatan masak dan makan MPASI. Ini kulakukan agar MPASI Alma berjalan lancar, agar dia dapat tumbuh dengan optimal.

Tapi ternyata kebanyakan fokus ibu di masa MPASI hanya di menu yang disajikan, ibu hanya fokus di pemilihan jenis makanan, apa jenis karbohidrat, lemak, protein, serat yang harus dikonsumsi anak. Tapi banyak ibu yang belum tahu agar proses makan anak lancar, anak membutuhkan stimulasi, seperti stimulasi visual. Dari warna makanan dan penyajiannya harus menarik dan berwarna -warni, agar si kecil mau mencoba dan semangat saat makan. 

Stimulasi visual dapat dimulai sejak anak masih masa newborn, walau memang di umur 0 bulan si kecil belum jelas penglihatannya. Karena saat anak berumur dibawah 2 bulan mereka baru bisa melihat warna  hitam dan putih, tapi saat umur 2 bulan ke atas, anak sudah mulai bisa melihat berbagai macam warna. Oleh karena itu penting banget mengenalkan warna pada si kecil sejak dini, dimulai dari masa newborn.

Insight tentang pentingnya stimulasi visual ini aku dapatkan dari dr.S.Tumpal Andreas, M.Ked (Ped), Sp,A saat mengikuti talkshow Farlin hari Sabtu, 2 Desember 2023, beberapa hari yang lalu, di event IMBEX 2023. Event tahunan ibu dan anak IMBEX yang baru digelar beberapa waktu lalu, adalah salah satu event yang tidak pernah aku lewatkan sejak aku memiliki anak kedua sampai keempat ini. Disini aku bisa puas berbelanja kebutuhan anak dan ibu, dengan berbagai promo menarik. Selain itu banyak produk dan brand yang baru aku tahu saat pergi ke event ini. Selain itu banyak juga talkshow menarik dan padat ilmu yang bisa aku simak disini, salah satunya talkshow dari Farlin.



Talkshow dari Farlin dengan tema “Pentingnya Mengenalkan Warna pada Si Kecil Sejak Dini” diadakan pukul 11.30 – 12.30, dengan pembicara dr.S.Tumpal Andreas, M.Ked (Ped), Sp.A dan Ibu Desvita, Jr Brand Manager dari Farlin Indonesia. Warna ternyata memiliki peran penting saat 1000 hari pertama (HPK) si kecil. Penting sekali memberikan stimulasi visual pada si kecil melalui warna. dr. Andreas mengatakan sejak newborn bayi bisa distimulasi warna dengan berbagai barang yang sudah ada di rumah, misalnya kain, benang, balon warna-warni. Tidak perlu membeli banyak mainan, tapi bisa memakai barang yang sudah ada dirumah.

Dengan menggunakan media warna, stimulasi akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak. Berikut adalah manfaat mengenalkan warna pada anak sejak bayi antara lain:

  • Stimulasi Sensorik
  • Pengembangan Kognitif
  • Stimulasi Kreativitas dan Imajinasi
  • Pengenalan Objek dan Konsep
  • Pengembangan Keterampilan Motorik
  • Interaksi Sosial
  • Perkembangan Bahasa
Untuk pengenalan warna bisa dimulai dengan pengenalan warna dasar, yaitu merah, biru, hijau dan kuning. Pentingnya stimulasi sensori visual saat mulai MPASI ini ternyata dapat meningkatkan nafsu makan anak. Dr.Andreas mengatakan selain memikirkan menu, kombinasi protein, dan lain sebagainya untuk MPASI, ada hal yang harus diperhatikan juga yaitu kombinasi warna menu makanan harus menarik untuk meningkatkan nafsu makan si kecil. Tapi terkadang memang makanan yang sudah dimasak tidak lagi warnanya menarik, kombinasi protein juga membuat makanan hanya berwarna putih atau kecoklatan. Oleh karena itu ibu bisa mengakali melalui packaging makanan anak, bisa dengan wadah peralatan makan MPASI, yang warnanya mencolok atau berwarna-warni.

Farlin, PT Interbat hadir untuk turut mendukung tumbuh kembang si kecil agar optimal, dengan menyediakan berbagai peralatan makan dengan warna-warni yang mencolok dan menarik. Warna menarik dan motif nya lucu-lucu, cocok untuk si kecil. Farlin dengan tagline Grow With Colors siap menemani dan mendukung tumbuh kembang si kecil, Ibu Desvita, Jr Brand Manager Farlin Indonesia.

Farlin adalah brand yang berasal dari Taiwan, yang sudah lebih dari 50 tahun ahli memproduksi produk-produk untuk kebutuhan bayi dan anak. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun serta didukung oleh uji klinis yang dilakukan di rumah sakit Taiwan, Farlin memastikan bahwa setiap produknya tidak hanya memiliki kualitas terbaik, tapi juga bisa menjawab kebutuhan mama dan si kecil. Warna-warni dari produk Farlin dapat menarik perhatian si kecil dan membantunya mengidentifikasi perbedaan visual.


Setelah selesai menonton talkshow tidak lengkap kalau tidak membeli produknya, apalagi hari itu ada promo belanja Farlin di IMBEX, jadi kemarin aku juga membawa pulang set peralatan makan dari Farlin untuk menemani Alma makan dirumah, yaitu Farlin Bon Bon Bowl. Set makan ini terdiri dari:

  • Mangkuk yang dilengkapi dengan tutup yang bisa menempel di meja (suction)
  • Sendok silikon yang aman dan tidak menyerap bau
  • Food divider untuk memisahkan makanan
Produk Farlin juga sudah teruji aman, BPA dan Phthalate Free, Farlin Bon Bon Bowl juga aman dihangatkan ke dalam microwave. Ada 3 pilihan warna menarik, yaitu biru, hijau dan merah muda/ pink. Warna yang menarik membuat proses makan si kecil jadi menyenangkan, si kecil jadi semangat makan deh.

Selain peralatan makan produk Farlin juga beragam, ada botol susu dan dot, oral care, accesories, hygiene. Farlin siap menemani tumbuh kembang anak dari mulai bayi, selain itu produknya juga mudah didapatkan di e-commerce.


https://www.tiktok.com/@farlinindonesia

https://www.farlin.id


Komentar

  1. wahh banyak manfaatnya ya ternyata.. apalagi dibantu dengan alat makan dari farlin. sukaa banget sama sendok warna warni. wah keren sih

    BalasHapus
  2. Suka bgt sama bon bon bowlnya ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  3. Farlin emang rekomen bngt nih, selain bisa menstimulasi visual anak dengan warna warna nya, produknya juga berkualitas

    BalasHapus
  4. Aku pakai ini juga selain kualitas nya bagus Farlin pun bisa menstimulasi anak ya

    BalasHapus
  5. Udahlah sekarang mah cari yang jelas aman aja, apalagi ini banyak manfaatnya karena yg desain juga gak kaleng-kaleng

    BalasHapus
  6. Produk Farlin selain lengkap memiliki warna warni yang gemes banget

    BalasHapus
  7. Sukaaa masa liat warna-warna produk Farlin, colorfull banget yaa

    BalasHapus
  8. Suka banget sama bon bon bowl ada bagian pemisahnya ya jadi lauk ga kecampur.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Wisata Rasa Untuk Cegah GTM Di Masa MPASI

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream