Produk Yang Tepat Untuk Cegah dan Atasi Ruam Popok dan Biang Keringat

Kesehatan kulit si kecil harus dijaga dengan baik, karena kulit yang sehat akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit si kecil tidak boleh dianggap sepele lho. Karena kulit yang tidak sehat dapat mengganggu nafsu makan dan juga waktu tidur si kecil. Dua hal ini akan membuat BB si kecil turun, dan pastinya akan mengganggu tumbuh kembangnya. 

Tapi masalahnya semua kulit bayi itu sensitif sehingga mudah mengalami iritasi, apalagi saat si kecil masih berumur 0-2 tahun. Selain itu kulit si kecil juga cenderung lebih kering. Ada 2 masalah kulit yang sering dialami si kecil, yaitu ruam popok dan juga biang keringat.

Masalah kulit ini juga sering dialami oleh anakku Alma, bahkan baru-baru ini dia juga mengalami biang keringat di bagian punggung, leher dan sedikit di tangan. Padahal berbagai cara sudah aku lakukan agar Alma tidak terkena biang keringat lagi, seperti: mengatur suhu ruangan agar tetap sejuk dengan menyalakan AC, sering mengganti baju, menjaga kebersihan tempat tidur dengan rutin vacuum kasur, menjaga kebersihan kulit tubuhnya, bahkan sebelum tidur Alma juga sering aku mandikan terlebih dulu supaya tidurnya nyaman. Tapi tetap saja Alma masih terkena biang keringat. 

Tahun lalu aku sampai berkali-kali berobat ke dokter anak dan dokter kulit untuk mengobati kulitnya yang sering kemerahan karena biang keringat. Karena kalau lagi kambuh Alma jadi lebih rewel dan sering menangis. Sama hal nya dengan ruam popok yang juga pernah dialami Alma, walau baru satu kali mengalaminya, padahal aku merasa sudah cukup baik dalam menjaga kesehatan kulit yang 24 jam tertutup diaper itu. 

Talkshow Mustela di Event WIKIBEX

Saat bingung dengan masalah kulit yang sering dialami Alma, aku merasa beruntung karena bisa menonton talkshow Mustela, yang berlangsung di event WIKIBEX pada tanggal 3 Februari 2024 lalu. Talkshow dengan tema “Tips Cegah dan Atasi Ruam Popok Serta Biang Keringat Si Kecil” dengan narasumber dr. Melia Yunita, MSc, SpA, menambah lagi ilmu pengetahuanku tentang bagaimana cara merawat kulit si kecil. Banyak juga para mama lain yang ikut serta dalam talkshow ini.

dr. Melia sebagai narasumber pada hari itu adalah seorang Dokter Spesialis Anak yang berpraktek di RS. Eka Hospital Cibubur, beliau mengatakan kalau banyak pasiennya yang datang dengan keluhan ruam popok dan juga biang keringat. Oleh karena itu beliau selalu mengecek kulit bayi dengan detail sampai ke bagian lipatan-lipatan kulit, misalnya sampai lipatan di leher yang juga rentan terkena biang keringat. Saat Alma baru lahir lipatan bagian leher juga tidak luput dari gejala kemerahan bahkan sampai lecet. dr.Melia mengatakan salah satu penyebabnya adalah karena kulit bagian leher lebih tertutup dan sering tertekan dagu, apalagi kalau si kecil gemuk.

Merawat Stem Cell Si Kecil Dengan Produk Yang Tepat

Mustela sebagai brand skincare ibu dan bayi yang sudah menemani sejak tahun 1950, melalui pengalamannya, Mustela telah melakukan penelitian untuk umur 0-2 tahun dan menghasilkan:

E.V.E.I.L.S: EValuation of the Early Infant Life: the Skin

  • Semua kulit bayi sensitif sehingga mudah mengalami iritasi.
  • Kulit bayi cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulitnya cenderung tinggi.
  • Kulit bayi memiliki banyak stem cell (sel punca) yang bermanfaat untuk meregenerasi kulit si kecil.

dr. Melia juga mengatakan kalau sayangnya stem cell yang dimiliki bayi ini mudah hilang, padahal stem cell ini sangat bermanfaat untuk regenerasi kulit si kecil. Oleh karena itu penting sekali melindungi stem cell (sel punca) karena sel punca ini penting sekali untuk melindungi kulit bayi yang sensitif. Setelah mengetahui pentingnya merawat stem cell si kecil yang harus dijaga dan dilindungi dengan produk yang tepat, aku jadi selektif memilih skincare untuk Alma. 

Dan ternyata pada produk Mustela baby & child terdapat kandungan Avocado Perseose. Avocado Perseose ini adalah sebuah bahan alami yang berasal dari Organic Avocado yang sudah dipatenkan oleh Mustela, dan bahan ini tidak ada di dalam produk baby skincare lain. Avocado Perseose ini memiliki struktur biomimetik yang serupa dengan kulit bayi sehingga dapat menjaga kekayaan stem cell (sel punca) kulit bayi.

Avocado Perseose yang ada di Mustela memiliki tiga manfaat bagi kulit si kecil yaitu:

  1. Melindungi dan menguatkan kulit bayi
  2. Melembapkan kulit bayi yang cenderung kering
  3. Menjaga kekayaan stem cell (sel punca) agar regenerasi kulitnya tetap terjaga hingga dewasa

Sebelumnya aku memang sudah menggunakan Mustela Hydra Bebe Facial Cream untuk merawat kulit wajah Alma sehari-hari sejak Alma baru lahir, sehingga kulit wajahnya sehat dan lembut. Aku percaya Mustela karena kualitasnya sudah aku buktikan sendiri. Dan sekarang aku juga mencoba lagi 3 produk Mustela lainnya, yang dapat mencegah dan mengatasi ruam popok serta biang keringat.

Mustela No Rinse Cleansing Water

Yang pertama adalah Mustela No Rinse Cleansing Water, ini adalah micellar water untuk membersihkan area wajah, badan dan diaper area tanpa perlu dibilas, dengan tekstur cair dan ringan seperti air. Mustela No Rinse Cleansing Water dapat membersihkan kotoran dengan deep cleansing tanpa merusak keseimbangan alami lapisan kulit.

Cara pakai Mustela No Rinse Cleansing Water, dituangkan dulu produk di kapas, setelah itu baru kapas digosok lembut atau di tap-tap di area kulit yang ingin dibersihkan. Memiliki wangi khas Mustela, aromanya bahkan samar dan tidak mengganggu penciuman sama sekali.

Mustela No Rinse Cleansing Water aman digunakan untuk bayi baru lahir, karena bebas SLS, paraben, alcohol dan bahan kimia berbahaya lainnya. Selain membersihkan, Mustela No Rinse Cleansing Water juga dapat melembutkan dan melindungi kulit bayi.

Mustela Barrier Cream

Yang kedua ada Mustela Barrier Cream, ini adalah krim ruam popok dari Mustela yang dapat mencegah dan mengatasi ruam popok. Dengan kandungan 3 bahan alami utama yang hanya dimiliki oleh Mustela, yaitu: Avocado Perseose, Oxeoline of Alcacea, Sunflower Oil Distillate dan juga Zinc Oxide. Jangan kaget dengan teksturnya yang tebal, karena dengan tekstur tebal seperti itu krim jadi tidak mudah hilang oleh urin dan feses.

Mustela Barrier Cream aman digunakan bayi baru lahir, dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit bayi karena bebas alcohol, paraben, fragrance free, dan bebas dari bahan kimia berbahaya lainnya. Serta sudah hipoalergenik, teruji klinis dan dermatologis.

Mustela Barrier Cream ini wajib digunakan setiap kali mengganti popok, dioleskan dalam keadaan nappy sudah bersih dan kering, oleskan hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi area nappy.

Dan untuk mencegah dan mengatasi ruam popok gunakan metode ABCDE yang sudah terbukti efektif, apa itu metode ABCDE?

  • A (Air) : Memastikan area yang terkena popok mendapatkan udara sesering mungkin.
  • B (Barrier) : Menggunakan barrier cream di area nappy dengan mengoleskan barrier cream pada area nappy yang sudah bersih dan kering. Dioleskan sampai terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi area nappy.
  • C (Cleansing) : Membersihkan dengan cairan pembersih yang sudah teruji klinis.
  • D (Dry diaper) : Mengganti popok sesering mungkin, minimal 2-3 jam sekali
  • E (Education) : Edukasi mengenai perawatan area nappy si kecil, misalkan mencuci tangan sebelum mengganti popok.

Mustela Cicastela Moisture Cream


Yang ketiga ada Mustela Cicastela, ini adalah krim yang dapat membantu meredakan biang keringat, gigitan serangga dan bekas cacar air. Dengan tekstur ringan yang mudah meresap di kulit bayi. Terbuat dari 91% kombinasi bahan alami dan organic. Kandungan bahan yang ada didalamnya adalah:

  1. Avocado Perseose : Dapat melindungi dan menguatkan lapisan pelindung kulit
  2. Hyalurunic Acid: Membantu memperbaiki kulit dengan memberikan kelembapan ke kulit
  3. Panthenol: Kelembapan untuk menenangkan ketidaknyamanan kulit dengan segera.

Mustela Cicastela aman digunakan sejak bayi baru lahir, dan aman untuk semua jenis kulit, karena bebas SLS, paraben, alcohol, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Sudah teruji klinis, dermatilogis dan hipoalergenik. Menurut data survei konsumen, 98% setuju Mustela Cicastela membantu memperbaiki ketidaknyamanan kulit secara efektif.

Mustela Cicastela terbukti ampuh meredakan biang keringat dengan pemakaian rutin, aku oleskan hanya di area yang terkena biang keringat saja. Krim ini juga dapat meredakan bekas cacar air yang ada di kulit Alma. Menggunakan skincare Mustela sudah aku buktikan dapat membuat kulit Alma sehat, karena Mustela mampu mencegah dan mengatasi ruam popok serta biang keringat.

Untuk mendapatkan Mustela Barrier Cream, Mustela Cicastela dan Mustela No Rinse Cleansing Water bisa secara offline di reseller resmi Mustela, atau online di Official Store Mustela. 

Komentar

  1. Samaan nih kita pake Mustela juga langganan dari anak sulung dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya alhamdulilah cocok dikulitnya mba.

      Hapus
  2. Almaaaaa... Samaan nih, Nadine juga pakai Mustela, yg cicastela. Kebetulan dia kan anaknya gampang bruntusan gitu karena biang keringat. Alhamdulillah cocok, yaaa walau harganya emang lumayan sih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp hemat ya nay, dipakainya awet soalnya kan dikit2.

      Hapus
  3. Harus ekstra perlindungan buat kulit anak, Mustela jawaban yg tepat sih

    BalasHapus
  4. Keberadaan Mustela sudah 50 tahun lebih ya. Berarti ini skincare bayi yang nggak diragukan kualitasnya. Kebetulan aku pakai yg Cicastela buat biang keringat Si Kecil nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan kak, kmrn Alma jg pakai Mustela Cicastela pas lg biang keringat.

      Hapus
  5. Buat anak sih emang harus yg terbaik ya bun

    BalasHapus
  6. Pantas ya lebih dari 50 tahun Mustela jadi kepercayaan para Mama, kandungan dan manfaat setiap produknya paten.

    BalasHapus
  7. Wajib punya biar ga bruntusan, kulit anak aman👍

    BalasHapus
  8. untuk merawat stem cell si kecil emang perlu produk yang tepat ya mom

    BalasHapus
  9. Anakku cocok banget pakai Mustela. Gak pernah kejadian ruam popok sampai parah apalagi lecet karena pakai Mustela

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Wisata Rasa Untuk Cegah GTM Di Masa MPASI

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream