Indonesia Merdeka Sinyal untuk Indonesia Maju

Assalamualaikum...

Tidak bisa dipungkiri lagi di dunia yang sudah serba digital ini kehadiran internet tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari hari kita segala bentuk komunikasi sangat amat mengandalkan internet,berdasarkan pengalaman pribadi sendiri sih gak bisa banget deh kalau Hp itu pulsa internetnya habis kalau pulsa telepon habis masih agak santai tapi kalau internet tuh harus ON terus karena informasi digital yang ada digenggaman kita Hp dalam hal ini membutuhkan internet.Bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi tapi juga untuk berbelanja online.Sehubungan dengan akses internet kita sudah tau kalau kelancaran internet didukung adanya sinyal yang kuat.

Doc.team

Oleh karena itu para provider bahkan berlomba lomba mengklaim kalau mereka mempunyai sinyal yang kuat dan ngebut,Bagi masyarakat yang berada di kota mungkin jarang bermasalah dengan sinyal dan internet yang lelet.Disini begitu mudahnya mengakses internet bahkan bukan hanya cafe atau resto yang menyediakan akses Wifi bahkan warung sosis bakar teman saya yang lokasinya di pinggir jalan pun menyediakan akses Wifi gratis lho,sebagai salah satu strateginya berjualan.Makanya saya berani mengklaim kalau bagi masyarakat kota sudah tidak kesulitan lagi dalam mengakses internet karena keberadaan sinyal yang kuat.Mungkin sesekali ada kendala hanya disaat hujan yang aku alamin sih gitu ya.

Bagaimana dengan masyarakat kita yang berada di desa atau bahkan yang berada didaerah timur  dan selatan Indonesia?Selesai membaca pengalaman teman saya yang habis berlibur ke Indonesia bagian Timur dia menceritakan kesulitan sinyal saat berlibur ke daerah sana.Nah dari situ kita bisa lihat kalau belum adanya pemerataan kuatnya sinyal diseluruh Indonesia karena para provider lebih konsen menggarap di bagian barat Indonesia sementara untuk bagian selatan dan timur dianggap tidak layak karena tidak sesuai dengan tingginya nilai investasi  sementara penggunanya yang masih rendah  sehingga dianggap kurang menguntungkan.Makanya pemerintah mengambil peran serta disini  walau tanpa menuai profit..Hal ini dibahas lebih dalam melalui ''Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9'' di ruang serbaguna Kemkominfo,Jakarta Rabu 10 April 2019 dengan tajuk ''Menuju Indonesia Merdeka Sinyal'' dengan para pembicara Bp.Anang Latif selaku Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi(BAKTI),GM Marketing PT.Pasifik Satelit Nusantara Bp.Meidiyanto Andwiputro,Kadis Kominfo Provinsi NTT Bp.Aba Maulaka,Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrerian Perindustrian Bp.Janu Suryanto



Bp.Anang Latif menceritakan  Lahirnya Merdeka Sinyal berangkat dari gambar peta sebaran selular pada tahun 2018 lalu,yang menggambarkan lalu lintas sinyal di Indonesia,mulai dari 2G,3G,dan 4G.yang kemudian populer dengan istilah ''Tol Langit''.Kami mengembangkan berbagai program Palapa Ring yang menghadirkan sinyal ngebut yang bisa menghadirkan internet cepat  di seluruh pelosok Indonesia.Palapa Ring sebagai pendukung untuk mendorong dan memaksimalkan fasilitas teknologi seperti sektor Pendidikan dan Kesehatan.Pembangunan Palapa ring akan memberikan manfaat yang banyak seperti internet cepat  dan murah seperti yang diidam-idamkan masyarakat Indonesia.


Palapa Ring dibangun bertujuan agar internet dapat menjangkau seluruh wilayah indonesia secara merata ke berbagai daerah dipelosok Indonesia.Palapa Ring adalah salah satu pilar perwujudan Kedaulatan Negara dan Ketahanan Nasional dalam bidang TIK papar Bp. Janu Suryanto.Dan PSN pun hadir berkontribusi membantu pemerintah lewat peluncuran Satelit Nusantara.Satelit Nusantara 1 berupaya dalam mengurangi kesenjangan jaringan komunikasi internet cepat di tanah air.Karena kebutuhan internet yang memang sangat tinggi PSN memperkirakan ada 25 ribu desa yang tidak memiliki koneksi komunikasi internet yang memadai dan itu menjadi target PSN  untuk membantu mencakup mereka papar Bp.Meidiyanto Andwiputro,yang menjadi inisiatif PSN untuk menyebarkan internet di daerah menggunakan VSAT,WIFI.dan Voucher System.menurut Bp.Aba Maulaka dengan adanya PSN ,jaringan internet sangat membantu para pelaku UMKN di NTT yang dulunya pelayanan administrasi di NTT membutuhkan waktu berhari hari karena melalui kepulauan dengan adanya internet sekarang hanya butuh waktu 3 jam untuk pelayanan administrasi masyarakat.


Semoga dengan adanya internet dengan sinyal kuat dan ngebut akan dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi digital pada tahun 2020 mendatang yang pastinya akan menguntungkan para pelaku usaha dan UKM.Agar masyarakat Indonesia dapat memenangkan pertarungan global disegala bidang kehidupan.Semoga program Palapa Ring kedepannya lancar dan dapat memajukan lagi Indonesia.

#FMB9 #indonesiamerdekasinyal #palaparing


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

62 comments:

  1. Aaamin.. hidup sinyal! Semoga bangsa Indonesia menjadi negara yang maju dan bebas hoax 😁

    ReplyDelete
  2. Yess, kita doakan semoga tujuan agar internet dapat menjangkau seluruh wilayah indonesia secara merata ke berbagai daerah di pelosok Indonesia dapat segera terwujud.

    ReplyDelete
  3. Semoga program Indonesia merdeka sinyal dalam Palapa Ring ke depannya lancar dan dapat memajukan lagi Indonesia, sehingga bisa memenangi pertarungan global disegala bidang kehidupan.


    ReplyDelete
  4. Saya saja di Cianjur bagian Selatan ini sinyal masih lola loh. Apalagi kalau listrik mati, sinyal ikut mati juga padahal listrik mati di tempat saya sehari lebih dari 5 kali itu udah biasa

    Semoga merdeka sinyal ini benar benar sampai ke segala penjuru tanah air Indonesia. Saya saja yang terbilang dekat dengan ibukota negara dan ibukota provinsi masih sering fakir sinyal, apalagi yang di pelosok sana...

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, makin luas jaringan internet makin mempermudah UMKM di daerah pelosok ya mbak

    ReplyDelete
  6. Skarang semua aktifitas tergantung dengan internet, mba. Dan aku juga berharap program Palapa Ring bisa terlaksana dengan baik

    ReplyDelete
  7. Bener banget mbak. Memasuki era digital, adanya internet dengan sinyal yang kuat sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi kalau harganya bersahabat

    ReplyDelete
  8. Sinyal ngebut mah harapan semua orang baik untuk komunikasi maupun pekerjaan, terlebih lagi untuk mereka yang mobile, sinyal kuat internet jadi yang utama

    ReplyDelete
  9. Salut sama palapa ring, memang gak mudah meratakan merdeka internet buat seluruh indonesia. Tapi bukan tidak mungkin dan kita masyarakat harus turut mendukung ya kak. Salut sudah ada di NTT.

    ReplyDelete
  10. Internet signal kuat ini memang mendukung banget mba. Aku pernah ya di salah satu RS, bayar parkir nya musti pakai aplikasi di HP. Buka aplikasinya lemot banget, memperlambat semuanya karena ya jaringan internet di Indonesia ini masih belum kuat

    ReplyDelete
  11. Kebebasan mendapatkan akses teknologi internet sangat membantu masyarakat . Hal ini akan membuat kita semakin sering lihat internet daripada tv.

    Merdeka sinyal membangun keduanya teknologi yang dipakai perusahan operator dan kemudahan mengakses

    ReplyDelete
  12. Semoga tol langit yang bikin Indonesia merdeka sinyal internet kesampaian ya mbak. Termasuk di daerah pelosok di luar Pulau Jawa. Seperti daerah saya di Bengkulu, lewat perbatasan kota aja sinyal internetnya susyah

    ReplyDelete
  13. Hihi antimainstream banget hashtagnya yah mom. Tapi memabg penting sih merdeka dari susahnya sinyal internet aku kerap merasakan ketika pengabdian ke pedalaman Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Aamiin Aamiin.. semoga semua usaha pemerintah meningkatkan infrastruktur di bidang internet ini bisa menaikkan perekonomian dan pendidikan di Indonesia yaa mba..

    ReplyDelete
  15. mantap nih inovasinya ada Palapa ring ya mba :) lancar dan semakin mensupport Indonesia

    ReplyDelete
  16. Indonesia juga bisa kok seperti negara maju lainnya, senang sekali melihat perubahan untuk pengembangan daerah. Jadi yang berada didaerah terpencilpun bisa dengan mudah mengakses ya mbak.

    ReplyDelete
  17. Wah aku pernah nih baca palapa ring di berita mbak. Emang harusnya semuanya lancar ya inetnya. InsyaAllah Indonesia bisa. Skrng jg kabarnya di bbrp lokasi bahkan pulau terluar jg mulai ada sinyal provider baik dr bumn maupun dr swasta. Dengan demikian arus informasi ke dalam maupun keluar buat promote daerah jg lbh baik

    ReplyDelete
  18. saya turut salut dengan inisiatif pemerintah memeratakan ketersedian jaringan internet sampai ke desa2 dengan berbagai program inisiatif yg saat ini tengah dijalankan.. semoga prosesnya lancar tanpa hambatan.. Aamiin :)

    ReplyDelete
  19. wahh ditunggu banget, nih. karena memang butuh banget sinyal internet yang kuat dan kencang :)

    ReplyDelete
  20. Memang nih sekarang yang dibutuhkan bukan pulsa, tapi kuota. Udah gitu percuma juga kuota banyak, kalau sinyal ga mendukung.

    ReplyDelete
  21. Palapa Ring memang sangat penting untuk konektivitas Indonesia, bisa digunakan dalam segala aspek kehidupan

    ReplyDelete
  22. Wah asik nih. Semoga ke depan nya internet bisa makin cepet ya..

    ReplyDelete
  23. Iyap, kali pergi ke desa / ke pantai / gunung susah sinyal hiks hiks

    ReplyDelete
  24. yass kubutuh sinyal kuat, apalagi didaerah ku pelosok di gunung susah bangett cari sinyal:(

    ReplyDelete
  25. Bener banget.. Data tuh segalanya ya kak.. Kalau pulsa abis biasa aja,nah kalau data yang abis pasti mati gaya deh bingung megang hp mau ngapain 😂😂😂

    ReplyDelete
  26. Hadirnya program Palapa Ring yang menghadirkan sinyal ngebut sudah lama dinanti bangsa ini. Gebrakan baru menuju Indonesia maju

    ReplyDelete
  27. amiin amiin semoga sinyal internet semakin membaik dan merata di seluruh Indonesia yah.. supaya semua sektor bisa berkembang dengan lebih baik..

    ReplyDelete
  28. Saat ini kehadiran internet bener-bener sangat membantu dan memudahkan kita semua, termasuk pelaku UMKM. Mereka bisa memasarkan produknya dengan jangkauan yang lebih luas lagi via internet :)

    ReplyDelete
  29. Perbincangan yang berat tapi acara ini menarik. Karena membahas mengenai kemajuan masa depan di Era digital ini. Semoga Palapa Ring bisa.bekerja dgn baik

    ReplyDelete
  30. setuju banget ini, jangankah sinyal internet, sinyal telepon di daerah aja masih suka ngadat

    ReplyDelete
  31. Wah makasih kak informasnya menarik yang kakak bahas. Tulisannya ga ngebosenin. Ak suka

    ReplyDelete
  32. Suka banget sama kecanggihan palapa ring ini

    ReplyDelete
  33. Kalo ga karna Masa Akktif mungkin aku ga beli-beli pulsa deh. ahahah
    Internet memang harus mulai dipelajari oleh setiap orang sampe pelosok. Tapi semoga mereka ga jadi netijen maha benar. aamiin

    ReplyDelete
  34. wah baru tau aku ada puluhan ribu desa yang belom tercakup internet ya. semoga dengan adanya rencana ini, Indonesia bisa meningkatkan koneksi internetnyaa dengan baik

    ReplyDelete
  35. Bener banget kak, gpp deh gak punya pulsa utama asalkan pulss internet lancar jaya..

    Oh iya ngomongin sinyal, belum lama ini temenku juga ada yang pergi berwisata ke daerah NTT dan disana memang sinyal sedikit susah sekali

    ReplyDelete
  36. Aamiin. Tidak dipungkiri,keberadaan internet ini memang sangat membantu untuk kebutuhan bisnis di era digital ini. Semoga UKM pun semakin maju.

    ReplyDelete
  37. Internet emang penting banget buat zaman sekarang, kalau gak ada internet gk akan maju

    ReplyDelete
  38. setuju nih, internet kalo jaman sekarang tuh udah kaya listrik, terutama bagi para pengusaha

    ReplyDelete
  39. Wuiih kereeenn..
    semoga "tol langit" ini semakin memudahkan para pengusaha UMKM Indonesia

    ReplyDelete
  40. Internet sekarang vital banget. Semoga segera merata lah ya internet dengan sinyal yg kuat dan ngebut, karena kan potensi wisata di daerah timur dan selatan juga besar. Sayang aja kalau lagi liburan ke sana malah susah sinyal.

    ReplyDelete
  41. setuju banget, sinyal internet yang kuat beneran bikin kita jauh lebih produktif.
    Dan dengan itu kita siap bersaing dalam pusat ekonomi digital di tahun2 mendatang :)

    Dan sinyal internet kuat juga amat sangat membantu para pelaku UKM :)

    ReplyDelete
  42. Internet dan sinyal kuat di jaman serba digital ini memang sudah jadi kebutuhan. Derah Pelosok banyak yang sinyal kabur listrik mati dan internet ikut mati. Semoga hal itu terus bisa berkurang ya. Amin.

    ReplyDelete
  43. Judulnya buat saya penasaran banget.. dan memang ya negara kita sudah sangat layak merdeka dari sinyal.. bukan ngga mungkin.. bahkan sangat mungkin.. seneng banget baca tulisan yang informatif ini.. Bismillah.. menuju Indonesia maju.. pasti bisa.. ngga ada yang ngga bisa

    ReplyDelete
  44. Susah sinyal susah internet itu beneran gak enak banget. Saga yg ngalamin ya langsung sampai sekarang. Semoga setelah ini beneran merdeka semuanya ya terhadap akses internet dan kuota

    ReplyDelete
  45. Wow...Indonesia mwrdeka sinyal. Semoga semakin banyak masyarakat yang melek internet, makin pintar, sehingga semakin meningkatkan perekonomian masyarakat juga.

    ReplyDelete
  46. Senang sekali nih dengar kabar kalau sinyal internet akan merata ke seluruh Indonesia,, ga khawatir lagi ketinggalan informasi meski ada di pedalaman hutan atau ada di atas pegunungan. Maklum saja, saya yang tinggal di Bekasi masih kesulitan sinyal kalau sudah mulai gerimis,apalagi ada hujan petir.

    ReplyDelete
  47. Harus selalu kita dukung untuk pemerataan sinyal seluruh indonesia ya. Program palaparing ini baru aku tau setekah baca blog kak afri

    ReplyDelete
  48. Iya banget, hari gini sinyal penting banget. Gak hanya buat sosmed tapi juga kerjaan. Aku sering nih bawa kerjaan mobile. Tapinya terhambat gara2 gada sinyal. Semoga nanti semua tempat bisa terjangkau sinyal yang kuat. Apalagi tempat2 wisata. Bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan tuh.

    ReplyDelete
  49. Mantaap, sekarang makin kenceng sinyal ya di Indonesia.

    ReplyDelete
  50. Semoga rencana ini dapat berjalan dengan baik dan lancar ya mba supaya koneksi internet semakin baik dan dipelosok bisa menimati internet yg cepat

    ReplyDelete
  51. Wuih, makin mantab nih Indonesia, Amin... Untuk doanya mbak... Semoga dengan sinyal cepat banyak kebutuhan dan pekerjaan yang tersupport dari program ini, dan pastinya membuat Indonesia makin maju ya mbak��

    ReplyDelete
  52. Zaman sekarang memang yang namanya internet benar-benar sudah jadi kebutuhan masyarakat dari kota sampai desa ya. Moga dengan adanya Palapa Ring, banyak masyarakat di desa juga bisa menikmati akses internet yang lancar.

    ReplyDelete
  53. cadas, tol langit adalah keniscayaan, bagi daerah2 yang selama ini enggan dirambah para provider karena pertimbangan keuntungan , kini diperhatikan oleh negara, agar Indonesia adil dan merata dalam mendapat koneksi internet

    ReplyDelete
  54. Selain mencari informasi, internet sangat berguna untuk aktivitas sehari-hari. Semoga sinyal internet makin kuat dan stabil untuk memajukan ekonomi, edukasi dan inovasi di Indonesia ya

    ReplyDelete
  55. dengan sinyak yang kuat semakin menguntungkan para pelaku usaha UKM. terima kasih kakak infonya

    ReplyDelete
  56. Wah bagus banget ini programnya terutama buat daerah-daerah yang masih agak susah sinyalnya yaa. Dengan begini semua orang bisa merasakan teknologi Internet

    ReplyDelete
  57. Oooh tol langit tuh itu yaa artinya baru tau..

    ReplyDelete
  58. mantap ini inovasi palapa ring ya mba semoga makin memajukan Indonesia kedepannya aamiin

    ReplyDelete
  59. Sinyal is needed. Yap, apalagi kalau profesi kita sebagai digital marketer, blogger dll bakalan butuh banget. Sampai2 aja ada yg bilang rela gak makan demi beli kuota internet. Duh duh

    ReplyDelete
  60. Pernah denger nih soal palapa ring. Yg sering disebut juga tol langit kan ?? Sebuah gebrakan besar agar akses jaringan internet bisa menjangkau lebih luas bahkan sampai ke pelosok

    ReplyDelete
  61. tinggal tunggu tanggal mainnya aja nih. semoga terealisasi dengan benar deh.

    ReplyDelete
  62. Iyaa nih aku jg saat di Flores NTT hanya satu provider saja yg sanggup di sana..semoga ke depan bs lbh lancar ya..

    ReplyDelete