Terobosan Baru KUR di Era Digital

Salah satu fokus pemerintahan Joko Widodo adalah mengangkat perekonomian rakyat di tingkat usaha mikro,kecil,dan menengah(UMKM)

Sedikitnya ada 58 juta orang pelaku UMKM yang memutar roda konsumsi nasional selama ini. Mereka tersebar di sektor formal dan lebih banyak lagi di sektor informal.




Sumbangan UMKM bagi perekonomian nasional tidak bisa dianggap remeh. Realisasi kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional tahun 2018 mencapai sekitar 60,34%. Tahun ini bahkan diproyeksikan tumbuh sampai 65% atau sekitar Rp2.394,5 triliun.

Sektor perdagangan masih mendominasi pelaku usaha UMKM hingga mencapai 54,4% pada tahun 2018. Porsi berikutnya dikuasai sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan sebesar 23%, sisanya adalah jasa dan pengolahan.

Oleh karena itu, pemerintah terus menggenjot pertumbuhan UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kebijakan ini sebagai bukti upaya pemerintah membuka akses pendanaan tambahan agar mereka makin berkembang.Adapun realisasi penyaluran KUR sepanjang 2018 telah mencapai Rp120 triliun dengan kredit bermasalah (NPL) tercatat 0,24 persen, namun porsi penyalurannya masih didominasi sektor perdagangan. Itu pun usaha mikro menerima pembiayaan terbesar.

Realisasi porsi penyaluran KUR sektor produksi ini memang naik dari pencapaian pada 2017 sebesar 42,3 persen, meski belum mampu memenuhi target yang ditetapkan dalam 2018 sebesar 50 persen.

Jika kita mengacu pada wilayah, penyaluran KUR masih didominasi oleh pelaku usaha di Pulau Jawa, dengan porsi penyaluran sebesar 55 persen diikuti dengan Sumatera 19,4 persen dan Sulawesi 11,1 persen.

Sasaran KUR bukan sekadar menggelontorkan dana murah, namun juga peruntukkannya harus tepat sasaran serta mengangkat perekonomian lokal. Diperlukan terobosan-terobosan brilian agar pelaku usaha semakin mudah mengembangkan bisnis mereka ke level lebih tinggi. Mulai tahun 2017, pemerintah mengeluarkan skema KUR khusus bagi kelompok usaha perikanan rakyat, perkebunan rakyat dan peternakan rakyat. Kelompok usaha ini bisa mendapatkan plafon pembiayaan hingga Rp500 juta. Adapun, mulai tahun 2018, sektor pariwisata juga disentuh oleh kebijakan KUR ini. Skema KUR Pariwisata ini dikhususkan bagi usaha produktif yang mendukung bisnis turisme di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas dan 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Lantas bagaimana efektivitas kebijakan KUR di tengah lesunya harga komoditas untuk pasar ekspor? Apakah KUR dipakai untuk mengembangkan UMKM pemula dengan pemasaran platform digital dan jasa kurir? Bagaimana dampak dari pengurangan pajak penghasilan (Pph) bagi kinerja UMKM yang memakai dana KUR? Apa rencana pemerintah dengan alokasi anggaran KUR senilai Rp140 triliun pada tahun 2019 ini?


doc.team

Untuk mengupas lanjut hal tersebut,pada hari Kamis 4 April 2019 dimulai pukul 13.00 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang bertajuk ''Terobosan Baru KUR'' di Hotel Harris Vertu,Jakarta Pusat.Sayapun hadir diacara tersebut.



Hadir sebagai narasumber Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir; Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Yuana Setyawati; dan Executive Vice President Bisnis Kecil dan Kemitraan BRI, Hari Purnomo.

Strategi untuk Mencapai Target KUR Produksi 60%

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir menyampaikan pemerintah telah menyiapkan skema KUR sebagai strategi andalan agar mencapai target KUR Produksi sebesar 60% pada 2019 .
Pemerintah hadir untuk membantu masyarakat kecil yang tidak mampu melalui penyediaan KUR dengan bunga murah yakni 7% dan pemerintah melakukan sejumlah terobosan untuk membuka akses perbankan khususnya kelompok usaha mikro dengan menciptakan skema skema baru  diantaranya KUR khusus Pertanian,Perikanan,Peternakan,Pariwisata,dan Pensiun.
Walau bunga KUR ini suku bunganya terhitung rendah saya berharap kedepannya semoga KUR ada yang syariahnya.

Pembiayaan KUR untuk sektor usaha mikro

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,Yuana Setyowati mengatakan sampai Februari 2019 realisasi penyaluran KUR sudah mencapai Rp.23,1 triliun yang mayoritasnya disalurkan ke usaha mikro sebesar 14,6 triliun.
Besarnya penyaluran di awal tahun 2019 menunjukkan antusiasme pelaku UMKM dalam memanfaatkan KUR karena model pendampingan kredit kepada pelaku usaha seperti kelompok usaha kelompok nelayan,petani,peternak,atau Koperasi Unit Desa(KUD) 60% plafon KUR dialokasikan ke sektor usaha produktif.
Peranan koperasi menjadi sangat strategis dalam penyaluran KUR karena pembiayaan UMKM dari bank baru mencapai 25% sehingga sisanya harus dipenuhi koperasi,Lembaga Penyalur Dana Bergulir dan Program Pendampingan seperti wirausaha pemula

Tiga Terobosan BRI Tingkatkan Jangkauan KUR di Era Digital


Nah di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, kemajuan teknologi digital pun menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi Pemerintah untuk dapat memperluas jangkauan KUR tersebut. Maka itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai salah satu dari tiga bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), terus menciptakan terobosan-terobosan melalui digitalisasi pengembangan bisnis.


doc.team

Executive Vice President Bisnis Kecil dan Kemitraan BRI Hari Purnomo  mengatakan "Tugas kami meningkatkan accessibility. Bagaimana caranya? yakni melalui penyebaran outlet yang mudah dijangkau serta menyiapkan tenaga pemasar yang andal dan kompeten di berbagai sektor.Ada tiga terobosan digitalisasi pengembangan bisnis yang sudah dilakukan BRI diantaranya:

Peluncuran satelit yaitu BRISat

Dengan mengorbitnya BRISat, kini BRI dapat menghubungkan seluruh jaringan yang dimiliki di seluruh Tanah Air, seperti kantor-kantor BRI, mobile offices, e-channels, floating bank, dan agen-agen bank, sehingga dapat diakses oleh masyarakat sebagai calon pemohon KUR secara cepat, mudah, murah, dan aman.

"Jangkauan BRISat mendukung BRI untuk berkontribusi dalam menyukseskan Program Inklusi dan Literasi Keuangan yang dicanangkan Pemerintah," ujar Heri Purnomo.

Penyebaran agen BRILink

Penyebaran agen BRILink sudah dididik sehingga siap memberikan informasi apapun terkait produk KUR yang dimiliki oleh BRI.

"Sampai saat ini terdapat 401.550 agen BRILink yang tersebar di 17 kota. Ada di Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan Jayapura," paparnya

BRI Sistem Perkreditan Online Terpadu atau BRISpot

BRISpot adalah sebuah program digitalisasi proses kredit berbasis internet untuk kredit mikro.
Melalui BRISpot, para tenaga pemasar BRI langsung mendatangi pemohon KUR dan melakukan verifikasi, sehingga masyarakat tidak perlu repot datang ke kantor-kantor konvensional BRI untuk mengurus semuanya.

"BRISpot ini langsung diakses oleh marketing kami. Mereka langsung mendatangi orangnya (pemohon KUR), kemudian difoto orangnya, dan bila semuanya memenuhi persyaratan, kreditnya bisa langsung jalan. Paling lama dua hari sudah masuk rekening pemohon KUR," jelas Heri Purnomo.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, selama tahun 2015-2018, realisasi penyaluran KUR oleh BRI mencapai Rp235 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 12,5 juta dan persentase kredit bermasalah (NPL) 0,99%.

Sementara pada tahun ini, data per tanggal 28 Februari 2019 mencatat realisasi penyaluran KUR oleh BRI mencapai Rp16 triliun dari target Rp87 triliun, dengan jumlah debitur sebanyak 747 ribu. Adapun target nasional penyaluran KUR pada tahun ini adalah sebesar Rp140 triliun, di mana hingga 28 Februari 2019 sudah terealisasi Rp23 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 842 ribu.

Itulah terobosan terbaru KUR dari BRI diharapkan dengan adanya terobosan dari BRI ini semakin memudahkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka


#FMB9 #terobosanbaruKUR

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

25 comments:

  1. Wah termasuk murah ya kalau 7% bunganya, tapi belum ada niatan buat ini nih 😁

    ReplyDelete
  2. BRIlink ini benar2 membantu rakyat yaaa, karena menjangkau sampai daerah2. Jadi masyarakat bisa terbantu untuk membuka usaha.

    ReplyDelete
  3. Saya pernah baca kalau pada saat krismon beberapa tahun lalu, bisnis yang paling tangguh itu UMKM. Makanya memang sudah seharusnya UMKM lebih mendapatkan tempat

    ReplyDelete
  4. penasaran kalo karyawan kaya aku tuh bisa ga ya ajukan kur, kan siapa tau jadi bisa bikin usaha sendiri gitu

    ReplyDelete
  5. Kredit Usaha Rakyat (KUR) keceh ya pemerintah. Semoga makin maju perekonomian Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat banget adanya program seperti ini, jadi bagi yang ingin usaha namun kendala di modal bisa mengajukan ini.

    ReplyDelete
  7. Semoga ekonomi indonesia semakin bangkit dan umkm semakin menggeliat. Amin.

    ReplyDelete
  8. waah keren nih terobosan terbarunya BRI, jadi semakin memudahkan para pelaku UMKM yaa biar makin berkembang usahanyaaa

    ReplyDelete
  9. Terobosan-terobosan di jaman sekarang memang makin mudah buat para UMKM

    ReplyDelete
  10. banyak inovasi baru yang dilakukan BRI untuk mengembangkan usaha rakyat ya mba.. aku masih belum paham betul sebenernya hehe

    ReplyDelete
  11. Wah menarik banget ya acara nyam nambah wawasan juga dan dpt ilmu.

    ReplyDelete
  12. wah ilmu baru nih baru tau banget ada KUR ini .. bermanfaat banget ka sharingnya

    ReplyDelete
  13. Bagus sekali acara ini. Mengingat untuk kepentingan rakyat luas, harus sering ada

    ReplyDelete
  14. Pusing yah ngurusin KUR. hahahha aku ga ngerti sih mbak. Soalnya pusing mikirn duit. Tapi makasih Sharenya mbak nambah pengetahuan soal KUR hihi

    ReplyDelete
  15. Bagus banget nih programnya, secara emang sekarang makin banyak umkm jadi bisa mempermudah yaa

    ReplyDelete
  16. KUR ada peluncuran untuk para pedagang ga ya? Lagi nunggu-nunggu juga neeh dr Bandung tp belum coba ajuin, jadi pingin ngajuin juga untuk nambah modal usaha ^_^

    ReplyDelete
  17. adanya BRI Sistem Perkreditan Online membantu mengangkat perekonomian rakyat di tingkat usaha mikro ya

    ReplyDelete
  18. Dengan adanya kur ini tentu bisa memudahkan para pelaku UMKM. Patut didukung ini.

    ReplyDelete
  19. Baru tau ada BRISPOT nih berarti saat ini pelaku umkm semakin di mudahkan ya. nice info

    ReplyDelete
  20. prosesnya muda & cepet ya mak, kalo memenuhi syarat 2hari langsung cair, ngebantu banget buat umkm ngembangin usaha, keren BRI

    ReplyDelete
  21. Kredit usaha rakyat, bunga masih ringan lah yaa 7% dibanding lintah darat yang bunganya naudzubillah

    ReplyDelete
  22. Hadirnya KUR ini semakin memberikan akses bagi UMKM untuk memulai usaha ya mba, apalagi syaratnya pun mudah dan gak makan waktu lama. Salut dengan BRISAT

    ReplyDelete
  23. BRI ini termasuk bank yang ada dimana mana di Indonesia, mau di kota maupun di desa :)

    ReplyDelete
  24. KUR ini bisa ngebantu UMKM mikro karena bunganya rendah yaa, aku sendiri ga berani ambil pinjaman bank buat usaha 😂

    ReplyDelete
  25. Wah, keren ya BRI ini. Punya program yang memang bener2 dikhususkan untuk rakyat. Makin merakyat aja. Dan senengnya, BRI itu udah jadi sahabat rakyat di banyak daerah pelosok.

    ReplyDelete