Klinik Spesialis Gigi Ramah Anak Medikids Bekasi

Siapa yang disini anaknya takut banget kalau diajak ke dokter gigi? Ngacung ๐Ÿ™‹ senasib sama saya moms. Terakhir ke dokter gigi itu udah dua tahun lalu, kenapa koq lama banget gak kontrol padahal jadwal cek gigi itu harusnya dilakukan secara teratur per enam bulan sekali kan yah mom. 

Peraturan ini bukan hanya untuk dewasa tapi berlaku juga untuk anak-anak. Kenapa kakak echa trauma ke dokter gigi karena terakhir ke dokter gigi itu kasusnya ingin cabut gigi, jadi saat cabut gigi dokternya gak memberi aba-aba pas giginya mau dicabut jadi kakak kaget tiba-tiba giginya udah dicabut terus nangis setelah selesai dicabut. 

Setelah itu sampai sekarang baru denger mamanya bilang hayuk kak kita bikin jadwal ke dokter gigi udah nangis duluan anaknya. Trauma sampai sekarang belum sembuh juga bikin saya jadi agak gondok sama dokter yang waktu itu terakhir menangani gigi nya.

Jadi so far usaha aku untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi anak hanya sebatas menyuruh untuk sikat gigi minimal 2 kali saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur, apakah usaha saya itu sudah cukup? dengan pola makan anak-anak yang hobi mengkonsumsi gula, yang berasal dari coklat, biskuit, permen, tentu saja saya sering merasa khawatir kakak echa sakit gigi atau giginya rusak. 

Sakit gigi itu bener-bener mengganggu deh gak enak banget soalnya pengalaman pribadi pernah sakit gigi duh rasanya serba salah makan gak bisa, lagi tidurpun berasa ngilu, kepala pusing, pokoknya serba salah dan bikin badmood deh.


meja registrasi

Medikids Summarecon Bekasi




Aku senang sekali karena bisa berkunjung dan tahu kalau ada klinik gigi ramah anak Medikids Bekasi ini, aku datang ke klinik gigi anak ini pada hari Rabu kemarin tanggal 17 Juli 2019. Seperti mendapat angin segar se excited itu pas sampai di klinik ini. Memang letak nya agak jauh dari rumah saya di Depok perjalanan naik kereta pun agak panjang. Karena harus ditempuh dari stasiun UI ambil yang arah ke Manggarai lalu transit di Manggarai, ganti kereta jurusan Bekasi dan dilanjutkan lagi dengan ojek online.



Perjalanan yang agak penuh effort itu terbayarkan begitu sampai di Klinik gigi ini, bagaimana tidak saya takjub melihat klinik gigi ini karena interior nya, dan juga konsepnya.

Dinding warna warni sangat unik, bagus, menarik perhatian anak-anak. Saya lihat ditembok sebelah kanan meja pendaftaran ada lukisan dinding Arround the World  sesuai dengan tema kliniknya karena desain ruangan berbeda- beda dengan tema negara berbeda juga.


Medikids Play Hospital

Warnanya eye catching banget deh๐Ÿ˜tidak berhenti sampai disitu saja, ada ruang yang lebih bikin saya takjub yaitu ruang bermain dimana anak-anak berperan sebagai dokter dokteran yang bernama Medikids Play Hospital dilantai bawah dan atas. Di lantai bawah juga ada Medikids Play Cafe sambil menunggu diperiksa anak-anak bisa menikmati cemilan seperti puding, cake, hotdog, popcorn disini . 

Aduh langsung kepikiran seandainya tadi saya mengajak kaka echa kesini pasti dia tidak takut lagi deh diajak kontrol ke dokter gigi. Sayang banget memang karena bentrok dengan jadwal sekolah kakak waktu itu jadi gak bisa mengajak nya kesini.


Medikids Play Cafe


Ruang periksanya juga eye catching ada tema tema pada setiap kamar periksa seperti Afrika, Japan, dan America. Kemarin kebetulan aku hanya masuk ke ruang Afrika, cat dinding nya gemesh banget deh. Ini sih yakin banget kakak kesini bisa takjub melihat kliniknya lain dari klinik gigi yang biasa dikunjungi.

Disini juga sempat mengobrol dan konsultasi juga sama drg. Laila Novpriati di ruang pemeriksaan, ibu dokter ini ramah lho.


drg.Laila Novpriati


Lorong ruang tunggu di depan ruang pemeriksaan

teteh Nada(anak mamiyu)sehabis periksa gigi

Di Poliklinik Kesehatan Gigi ini tersedia



-Spesialis Gigi Anak
-Spesialis Orthodonti (kawat gigi)
-Spesialis Bedah Mulut
-Spesialis Prostodonti(Gigi tiruan,Veener, Implan gigi)
-General Practitioner


Seluruh dinding eye catching


Medikids Bekasi adalah cabang ke sepuluh dari klinik gigi spesialis MHDC

MHDC-Dental Clinic

MHDC telah terpercaya selama bertahun-tahun sebagai klinik kesehatan umum, kecantikan dan gigi. Salah satu pelayanan yang diberikan adalah pelayanan gigi spesialis. Dengan menganut konsep perawatan komperhensif, MHDC menyiapkan berbagai spesialis dokter gigi yang mampu memberikan solusi

Pelayanan Apa Saja yang diberikan

-Spesialis Periodonti (Perawatan Gusi dan Jaringan Penunjang Gigi)
-Spesialis Konservasi (Penambalan,Perawatan Syaraf dan Estetika)
-Spesialis Bedah mulut
-Spesialis Prostodonti (Gigi tiruan)
-Spesialis Orthodonti (Kawat gigi)
-Spesialis Pedodonti (Perawatan Gigi Anak)

Selain Medikids Bekasi ada juga cabang Medikids seperti di

- Medikids Green Terrace
- Medikids Kemang
- Medikids Bintaro
- Medikids Wakaf Depok (Pesona Square terdekat dari rumah ini)

Seminar  Kesehatan Gigi dengan drg.Laila Novpriati


drg.Laila Novpriati


Setelah berkeliling dan melihat anak-anak melakukan pemeriksaan gigi aku dan rekan blogger lainnya beristirahat dan shalat dzuhur. Setelah itu ada sesi seminar mengenai gigi dengan tema " What Millenial Parents Should Know About Children Teeth" oleh drg.Laila Novpriati sebagai pembicaranya yang juga salah satu owner Medikids Bekasi.

Masalah gigi dan mulut bukan hanya sekedar gigi bolong, bau mulut atau gigi kuning. Tapi pada anak-anak masalah lebih bervariasi seperti karies pada gigi, gigi yang tumbuh tidak rata. Masalah lain yang tidak kalah serius adalah apabila gigi pada anak tidak tumbuh dengan semestinya (banyak bolong/karies) adalah salah satu faktor penyebab  anak kekurangan gizi. 

Karena kemampuan mengunyah yang tidak optimal sehingga mengakibatkan anak kekurangan gizi karena makanan yang dikonsumsi nutrisinya tidak dapat terserap dengan baik, gigi tidak optimal mencabik-cabik makanan yang menyebabkan makanan susah hancur. Sehingga nutrisi yang diserap ke tubuh tidak optimal. 

Pertumbuhan gigi yang bagus juga berpengaruh di kelancaran berbicara pada anak yang sedang ada di fase belajar bicara lho. Begitu penting mempunyai gigi yang bagus dan mulut yang sehat bukan?



Gigi pada anak-anak terdiri dari dua jenis, yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu tumbuh pada anak biasanya sampai usia anak 6 tahun walau hanya gigi susu harus dirawat dengan baik ya, gigi susu yang mau tanggal sebaiknya buru-buru dicabut supaya gigi selanjutnya yang tumbuh tidak menumpuk yang menyebabkan gigi tumbuh tidak rapih seperti ada gingsul pada gigi. 

Gigi susu yang bolong juga menjadi faktor gigi yang tumbuh selanjutnya tidak rata karena gigi bolong sudah ada kuman yang terinfeksi sehingga saat ada gigi baru yang tumbuh baru memilih untuk tidak tumbuh ditempat gigi susu yang pernah bolong itu hal ini yang menyebabkan gigi tumbuh tidak rata dan berakhir dengan pemakaian behel kedepannya.

Penyebab Gigi Berlubang pada anak-anak

-Minum susu dengan dot hingga tertidur
-Kebiasaan mengemut makanan
-Konsumsi makanan manis dan lengket seperti permen, cokelat, es krim (setelah itu tidak langsung menyikat gigi)
-Tidak rajin menyikat gigi
-Menyikat gigi tapi cara dan waktunya yang salah

Anak-anak umur sampai 6 tahun umumnya belum bisa menyikat gigi dengan benar oleh karena itu orang tua bisa membantu menyikat gigi anak, sikat gigi setelah makan pagi sebaiknya dijeda 1/2 jam setelah makan ya agar email gigi tidak tipis dan menyebabkan gigi rusak.

Upaya untuk Gigi yang sudah Berlubang

-Menambal gigi
-Perawatan saluran akar
-Lubang yang sudah besar dan tidak dapat ditambal harus dicabut 

Tips Merawat Gigi Anak

-Usia 0-6 bulan
 Usap lidah dan gusi bayi menggunakan kassa dan air matang hangat 2 kali sehari,pagi dan malam   hari.

-Usia 6-12 bulan
 Gunakan sikat gigi yang berbentuk jari ini bisa ditemukan di baby shop.

-Usia 1 tahun
 Anak mulai menyikat gigi dengan sikat gigi anak sesuai umurnya. Orang tua bisa membantu sampai  anak berusia 6 tahun. Gunakan pasta gigi ber-fluoride seukuran biji jagung.

Tips tips Membawa Anak ke Dokter Gigi

-Bisa dimulai dari usia anak masih kecil (mulai usia satu tahun menurut saran American Academy of   Pediatric Dentistry) untuk membiasakan anak ke dokter gigi
-Lakukan briefing dan role playing sebelum membawa anak ke dokter gigi
-Jadi role model yang baik untuk anak
-Tidak menakuti anak, jadikan dokter dan dokter gigi adalah sahabat anak

Jangan tunggu sampai gigi sudah ada masalah seperti gigi terasa sakit, ngilu dan nyeri, ajak anak ke dokter gigi walaupun gigi anak baik-baik saja. Usahakan kontrol 6 bulan sekali apabila anak-anak sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bisa lebih sering sebelum 6 bulan ajak anak kontrol ke dokter gigi.



Tampak depan Medikids Bekasi


By the way aku jadi tidak sabar mengajak kakak echa kontrol gigi ke Medikids,   karena kemarin mendapat voucher potongan harga untuk perawatan gigi dari Medikids. Medikids ada cabang juga di Depok tepatnya di Mall Pesona Square lt.3 dekat banget dari rumah ini๐Ÿ˜ .

Buat moms or parents yang mau merasakan perawatan di Medikids Bekasi lagi ada penawaran promo spesial yaitu Discount 50% for all dental treatment sampai tanggal 30 Juli 2019. Jangan lewatkan yah pasti takjub deh sama kliniknya yang super lucu desain nya bukan hanya desain nya saja tapi juga pelayanan dokter dan perawat gigi disana.


Promo diskon sampai 30 Juli 2019

Aku beri saran ada baiknya bila ingin melakukan perawatan, reservasi terlebih dahulu satu hari sebelum kunjungan yah.

RSVP di no 0811-8905-531

Medikids Summarecon Bekasi ber alamat di Ruko Graha Bulevar Blok GB-B08 Jl. Bulevar Ahmad Yani, Summarecon Bekasi. 

Follow juga IG-nya ya @medikidsclinic dan @mhdcclinic




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Wisata Rasa Untuk Cegah GTM Di Masa MPASI

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream