Aplikasi Ibu dan Anak Ruangmom Launching Ruangmom Expert

Kalau ditanya bagaimana menjalani peran sebagai ibu dari 3 orang anak? Jawabannya "ternyata sulit ya" bukan lagi susah-susah gampang, menjadi ibu memang sulit. Tidak ada sekolahnya, belajarnya otodidak alias belajar sendiri, sepanjang waktu, selama masih hidup.

Kalau dipikir ibu itu memang luar biasa hebat ya, semua bisa dikerjakan sendiri, dari mulai mengurus pekerjaan rumah, mengurus anak-anak, apalagi banyak banget ibu yang juga masih bekerja di luar. Tapi ibu bisa lho menghandle semua itu.

Dari masih menjadi ibu 1 anak sampai sekarang sudah menjadi ibu 3 anak, dan akan segera menjadi ibu 4 anak, semua pekerjaan juga aku handle sendiri. Belum pernah pakai art, jadi paling ya harus kerjasama sama suami aja, itupun kalau weekend pas suami lagi libur kerja suami suka bantu-bantu beresin rumah.

Untuk urusan anak-anak juga aku urus sendiri, setelah melahirkan dari mulai anak kedua, ibu aku (neneknya anak-anak) cuma menginap dirumah sekitar 3 hari. Kecuali pas lahiran anak pertama itu aku masih tinggal bareng ibu.

Selain mengurus rumah dan anak, aku juga ada kerjaan, yah walau hanya sebagai freelancer, content creator tapi kadang suka keteteran juga kalau lagi banyak deadline. Kadang sih suami ikut bantu urus anak-anak juga, seperti bantu siapin makan, atau menemani anak belajar. Tapi paling ya bisanya hanya weekend pas libur kerja.

Tapi walau jadi ibu itu ternyata sulit, tapi aku bangga karena sampai sekarang aku bisa menjalaninya. Bisa menemani dan mendidik anak-anak supaya kelak mereka menjadi anak yang sholeh dan cerdas, anak-anak juga sayang banget sama aku. Mereka juga pengertian kalau aku lagi banyak kerjaan atau kecapekan sudah bisa bantu-bantu sedikit, seperti mau beresin mainan sendiri, mau bantu cuci piring bekas makan sendiri, beresin tempat tidur sendiri. Alhamdulilah ya ternyata jadi ibu itu walau sulit ternyata bisa dijalani dengan baik.

By the way nih ngomongin perjalanan sebagai seorang ibu, waktu jaman aku masih baru jadi new mom, baru melahirkan anak pertama tuh kagok banget deh, buta banget sama yang namanya urusan anak, buta ilmu parenting, sampai ngurus diri sendiri yang abis melahirkan aja aku masih bingung. Soalnya dulu tuh kan masih minim informasi ya, kalaupun ada informasi yang masuk seringnya pakai embel-embel "kalau kata orang dulu tuh" padahal kan banyak banget ya informasi yang sebenarnya cuma mitos belaka bukan fakta yang sebenarnya. Makanya kalau ada informasi yang aku mau tahu aku selalu tanya ke dokter atau tenaga medis yang ilmu nya berdasarkan fakta. 

Tapi yang namanya ilmu itu kan berkembang mengikuti zaman, zaman dulu sama sekarang jelas berbeda. Misalnya nih waktu anak pertama aku masih pakai baby walker saat anak belum bisa berjalan, nah seiring perkembangan zaman baby walker kan sudah dilarang medis ya. 

Itu baru sebagian kecil ilmu yang sudah berkembang, masih banyak banget ilmu parenting yang sudah berkembang, makanya kalau kita mengikuti "kata orang dulu tuh" jelas gak bisa ya. Sekarang segala informasi baiknya kita tanya langsung ke tenaga ahlinya, yang jelas sesuai fakta keilmuannya, bukan hanya berdasarkan mitos semata.

Launching Ruangmom Expert


Jadi pada hari Selasa,19 April 2022 minggu lalu bertempat di Twin House Cipete, senang sekali karena aku berkesempatan diundang di acara Launching Ruangmom Expert aplikasi Ruangmom bersama para mom lainnya. Bagi yang belum mengenal apa sih Ruangmom itu? Jadi aplikasi Ruangmom ini adalah platform online yang menyediakan informasi kesehatan fisik, mental dan finansial untuk wanita. 

Ruangmom hadir dengan berbagai informasi dan fitur didalamnya, Ruangmom bercita-cita membangun ekosistem yang sehat agar perempuan bisa saling membantu untuk berkembang. Aplikasi ibu dan anak Ruangmom ini bisa didownload di playstore. Ruangmom bisa diakses melalui mobile aplikasi, website, instagram dan ada komunitasnya juga. Ruangmom adalah aplikasi untuk menjawab kebenaran dari banyaknya mitos yang beredar di masyarakat, karena di Ruangmom menyediakan informasi yang berdasarkan fakta.

Kembali lagi ke Event Launching Ruangmom Expert, jadi apa itu Ruangmom Expert? Ruangmom Expert adalah sebagai bentuk komitmen Ruangmom untuk memberikan informasi yang valid dari sumber terpercaya, Ruangmom sudah bekerjasama dengan beberapa expert seperti dokter, psikolog dan juga certified finansial planner untuk memberikan edukasi sesuai dengan kebutuhan para ibu. 

Sore itu ada 4 narasumber yang hadir yaitu:

  1. Nadia Harsya CFP
  2. dr.Amarylis Febrina Choirin Nisa Fathoni, Sp.OG, IBCLC
  3. dr.Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC,M.Kes
  4. Yasmine Edwina M.Psi
Kegiatan para expert Ruangmom diantaranya adalah mengadakan webinar, forum tanya jawab, menulis artikel, juga memberikan konten edukasi di sosial media. Seperti sore itu para expert dari Ruangmom mengadakan forum tanya jawab, para ibu bisa langsung bertanya dengan para expert di bidangnya masing-masing.

Ada yang bertanya mengenai adaptasi anak dengan sistem sekolah online, tips mengatur keuangan selama Ramadan dan Lebaran, dan tips mengatur uang THR agar tidak habis begitu saja. Dan juga tanya jawab seputar kehamilan. Diskusi yang paling menarik bagiku adalah mengatur keuangan karena menjelang lebaran kan ibu-ibu biasanya sudah sibuk dengan persiapan lebaran. 

Nadya Harsya selaku expert dibidang finansial mengatakan kalau jangan sampai deh "saat mencari uangnya kita setengah mati tapi menghabiskannya setengah sadar" karena hidup bukan hanya untuk sekarang saja, jadi jangan sampai deh uang habis semua untuk persiapan lebaran. Dan jangan juga menghabiskan uang untuk hal-hal tidak penting, ada baiknya uang THR dipakai untuk hal penting dulu, misalnya melunasi hutang, menambah saldo dana darurat, atau ditabung kalau kita belum paham dengan investasi. Nah aku setuju banget nih sama Mba Nadya Harsya mengenai dana untuk investasi karena aku tidak ada hutang, jadi kalau aku sendiri setiap ada penghasilan yang masuk buru-buru aku top up ke Reksadana, soalnya kalau dana mengendap di tabungan suka gak tahan, gak tahan pengen dihabisin buat belanja 😂 efek keseringan scroll-scroll e-commerce ya begini😅. 

Aplikasi Ruangmom Sahabat Setia Mom



Sebagai sahabat setia mom, aplikasi ibu dan anak Ruangmom memberikan banyak benefit bagi para penggunanya, apa saja sih benefit dari aplikasi Ruangmom? jadi benefit yang bisa didapatkan diantaranya adalah: ada fitur kalender masa subur, tracking tumbuh kembang janin, kalkulator dana pendidikan dan biaya melahirkan, banyak kelas dari para expert, tukar poin dengan diskon partner atau hadiah, artikel yang ditulis atau di review para expert. 

Fitur kalender masa subur

Di fitur ini ibu bisa mencatat jadwal menstruasi dan mengetahui jadwal masa subur. Fitur ini sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang merencanakan kehamilan agar mengetahui kapan masa subur yang tepat untuk proses ovulasi. 

Tracking tumbuh kembang janin


Nah bagi aku yang sedang hamil fitur ini sangat bermanfaat untuk mengecek tumbuh kembang janin. Terdapat info lengkap mengenai kondisi tubuh selama hamil, perkiraan ukuran bayi, makanan yang harus dikonsumsi selama hamil, dan berbagi tips untuk ibu.

Kalkulator dana pendidikan dan biaya melahirkan 

Sebagai seorang ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak kita, termasuk memberikan pendidikan terbaik. Dengan kalkulator pendidikan ibu bisa menghitung berapa uang yang harus ditabung setiap bulannya untuk persiapan biaya pendidikan anak kelak. Juga menghitung uang yang harus ditabung untuk persiapan biaya lahiran. 

Banyak kelas dari para expert

Di aplikasi ibu dan anak Ruangmom juga ada info kelas, nanti infonya akan di update di kolom event. Untuk event terdekat yaitu hari Selasa, 26 April 2022 besok akan ada kelas tentang "Perawatan Tepat Pasca Persalinan yang bisa disimak melalui zoom.

Artikel dari para expert

Dikolom artikel mom bisa mendapatkan berbagai artikel yang ditulis atau di review para expert. Artikel dibagi menjadi berbagai kategori yaitu: pernikahan, persiapan kehamilan, kehamilan, kids & parenting, Momfinance. Tentunya artikel yang diterbitkan valid karena berasal dari para expert yang expert dibidang ya.

Inspirasi nama bayi

Nah bagi ibu hamil sepertiku juga bisa mencari inspirasi nama bayi di aplikasi Ruangmom ini. Jadi ketiga anakku itu yang memberikan nama ya aku bukan pak suami, jadi fitur ini nantinya sangat berguna untuk menyambut kelahiran anak ke empat. Memberikan nama bayi kan suka bikin bingung sendiri ya, maunya nama yang bagus, artinya juga bagus, dan penulisan dan pelafalan yang mudah juga jadi bahan pertimbangan. 


Dengan berbagai fitur dari aplikasi Ruangmom tentu akan sangat membantu para ibu mendapatkan berbagai informasi yang valid dari para expert, jadi jangan mengikuti berbagai mitos yang berkembang di masyarakat kalau tidak didasari dengan fakta yang sebenarnya / tidak ada ilmunya. Aplikasi Ruangmom dapat dijadikan sahabat setia mom, yang akan menemani perjalanan mom sebagai seorang ibu, selain ditemani keluarga tentunya. 


Dan aplikasi Ruangmom ini dapat dengan mudah diakses di smartphone kita, hanya dengan mendownload di playstore (bagi aku pengguna android) lalu melakukan registrasi dengan mengisi data diri, email, nomor HP, setelah registrasi semua fitur yang aku sebutkan diatas sudah dapat di akses. 



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment