Membangun Bonding dengan Anak Melalui Pijat Bayi

Hari Sabtu tanggal 30 November 2019 minggu lalu mommy3a datang ke pameran IMBEX di JCC Senayan. Jam 2 mommy sampai disana tepatnya di Cendrawasih room. Rencana kesana selain ingin membeli baju dan snack buat anak-anak yaitu mengikuti talkshow Milon Air Mancur  karena tertarik dengan yang tema yang akan dibahas yaitu "Manfaat dan Tips dalam Membangun Bonding Ibu dan Bayi".



Narasumber hari itu salah adalah Dr. Diana Chandra Sp. A, Ibu Astrid Maria selaku brand manager air mancur juga bidan yang memberikan tutorial cara memijat bayi. Dr. Diana Chandra Sp. A sharing mengenai bagaimana membangun  bonding dangan anak? Dan pentingnya membangun bonding dengan anak mulai dari bayi. 

Bonding atau ikatan yang kuat antara ibu dan anak memiliki manfaat jangka panjang yaitu menciptakan hubungan yang sehat di masa depan, mampu melahirkan perasaan aman dan membentuk kepercayaan diri bagi si kecil, bahkan beberapa riset menunjukkan bonding sangat mempengaruhi perkembangan kognitif dan sosial pada anak.

Bonding harus dilakukan sejak dini saat anak masih dalam kandungan. Saat anak-anakku masih di dalam perut, bonding saya lakukan dengan cara menyentuh dan mengusap perut, mengajak bayi mengobrol, membacakan cerita, mendengarkan musik, membacakan ayat suci Al qur'an.

Saat bayi lahir ibu dapat membangun bonding dengan anak melalui proses mengASIhi, menemani tidur dan memijat bayi. 

Pijat Bayi Cara Membangun Bonding Ibu dan Anak


Kedua anakku  kakak Akhdan dan Kakak Aldan rutin melakukan pijat saat masih bayi, pijatnya dengan tukang pijat langganan di dekat rumahku. Memang agak antri kalau pijat disana, jadi kalau mau pijat harus minta jadwal dari jauh-jauh hari. Karena aku pijatnya teratur sebulan sekali jadi setiap pijat langsung atur schedule pijat untuk bulan depan.

Berbeda dengan kedua kakaknya adek Arfan justru jarang dipijat, selain memang anaknya nangis kencang saat dipijat, mungkin karena belum terbiasa dipijat orang lain mamanya juga gak telaten datang tiap bulan ke tukang pijat. Lebih sering pijat sendiri dirumah, walau gak yakin sama kemampuan pijat diri sendiri.

Tapi setelah mengikuti talkshow Milon Air Mancur mommy jadi tahu kalau memang seharusnya ibu sendiri  yang memijat anaknya. Karena pijat bayi ini salah satu cara untuk meningkatkan bonding antara ibu dan anak.


Untuk memijat luangkan waktu sehabis mandi dan jangan terburu-buru saat melakukan pijat bayi ini. Saat talkshow juga diberikan tutorial teknik memijat bayi yang benar dari para bidan ahli yang sudah berpengalaman. 

Btw untuk memijat bayi tidak boleh menggunakan sembarang minyak ya buibu, karena kulit bayi sensitif. Cari minyak yang aman untuk memijat seperti minyak kelapa, atau bisa juga memakai minyak telon air mancur.

Minyak Telon Air Mancur


Bukan hanya memberi efek rileks memijat bayi dengan milon atau minyak telon air mancur juga dapat menenangkan bayi karena aroma wangi khas dari minyak telon air mancur.


Minyak telon air mancur terdiri dari dua variant: natural (aroma khas bayi) dan lavender (anti nyamuk). Yang berfungsi mengurangi kembung, menghangatkan badan bayi, juga dapat digunakan untuk pijat bayi. Wangi lavender dengan kandungan esensial oil berfungsi untuk meredam stres dan  juga mencegah gigitan nyamuk.



Minyak telon air mancur aman untuk bayi karena memiliki formula bebas bahan kimia sehingga aman untuk newborn, serta sudah mendapat sertifikasi Halal oleh MUI.

Keunggulan minyak telon air mancur:
  • Hangatnya pas, aman digunakan untuk newborn sekalipun.
  • Aroma lembut dari esensial oil dan tidak mengandung parfum.
  • Licin dan lembap, cocok untuk digunakan untuk pijat karena tidak lengket dan tidak menyebabkan kulit kering.
Minyak telon Air mancur memiliki kandungan alami perpaduan minyak adas dan minyak kayu putih dan juga esensial oil lavender sangat aman digunakan oleh bayi mulai dari umur 0-6 bulan. Tekstur licin juga pas sebagai pengganti minyak kelapa.

Memberikan pijatan hangat pada anak akan membantu merangsang perkembangan panca indera si kecil, sentuhan skin to skin akan menciptakan bonding antara si buah hati dan ibu. Jadi yuk moms bonding time dengan anak melalui pijat bayi.





Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment