BSI Cicil Emas Sebagai Persiapan Dana Pendidikan Anak

Sebagai ibu aku selalu semangat  untuk menimba ilmu parenting, karena bagiku untuk mengurus keempat anak dengan jarak kelahiran per tiga tahun bukanlah hal yang mudah🥹. 

Walau tak sempurna, sebagai ibu aku  akan berusaha semaksimal dan sebaik mungkin untuk mengurus, mendidik, mendukung, dan membersamai keempat anakku. Mereka berempat harus mendapatkan perhatian, kasih sayang dan dukungan pendidikan yang adil tanpa perbedaan.

Dan setiap anak itu ternyata memiliki bahasa kasih sayang yang berbeda-beda, dan sebagai orangtua, aku berkewajiban untuk mengisi baterai kasih sayang anak dengan bahasa kasih sayang setiap hari. "Tidak peduli sesibuk apapun orangtua, baterai kasih sayang anak harus dicharge setiap hari". 

Pemaparan mengenai ilmu parenting mengisi baterai kasih sayang dengan bahasa kasih sayang ini aku dapatkan dari dr.Aisah Dahlan pada saat aku menyimak talkshow beliau, saat aku datang ke event BSI International Expo 2024.

Jadi setiap anak atau individu memiliki bahasa kasih sayang yang berbeda-beda. Dan bahasa kasih sayang ini terbagi menjadi lima, yaitu:

  • Kata-kata pendukung
  • Waktu berkualitas bersama
  • Sentuhan fisik
  • Pelayanan
  • Menerima hadiah
Bahasa kasih sayang kata-kata pendukung bentuknya adalah memberikan pujian, ini bisa dilakukan dengan cara, orangtua memuji anak dengan kalimat positif setiap harinya. Misalnya dengan memuji wajah kamu cantik, tampan, atau kamu pintar, saleh atau salihah.

Bahasa kasih sayang waktu berkualitas bersama, dengan cara menemani saat anak sedang beraktifitas, misalnya saat anak sedang bermain, belajar, membaca buku atau saat anak sedang makan. 

Bahasa kasih sayang sentuhan fisik  bisa dipenuhi dengan cara memberikan pelukan, usapan lembut di kening, bahu atau kepala. Atau memberi ciuman di kening saat anak mau berangkat atau pulang sekolah.

Bahasa kasih sayang pelayanan dengan melayani anak, seperti: menyuapi anak, memandikan anak, memasak makanan untuk anak, membantu mengancingkan baju, dan berbagai bentuk melayani atau membantu saat anak sedang mengalami kesulitan melakukan aktifitasnya.

Bahasa kasih sayang menerima hadiah, adalah dengan cara memberikan hadiah, hadiah ini tidak perlu hadiah yang harganya mahal, hadiah ini bisa berupa memasak makanan favorit anak. 

Untuk anak usia 0-5 tahun kelima bahasa kasih sayang ini harus dicharge setiap hari. dr.Aisah Dahlan mengatakan tidak peduli sesibuk apapun orangtua, orangtua yang memiliki anak usia 0-5 tahun harus mengisi kelima bahasa kasih sayang setiap hari, agar baterai kasih sayang anak terpenuhi. Karena apabila bahasa kasih sayang ini tidak terisi setiap hari, ini bisa menjadi penyebab anak mengalami tantrum, kecuali pada kasus anak berkebutuhan khusus. Apabila kelima bahasa kasih sayang ini sudah diisi setiap hari, InsyaAllah anak tidak akan tantrum.

Selain itu apabila anak-anak yang baterai kasih sayangnya tidak terpenuhi, dampaknya akan terasa saat anak mulai beranjak dewasa nanti, misalnya anak tumbuh menjadi anak pemarah, suka mencuri, suka membully temannya bahkan bisa terjerat ke pergaulan yang salah seperti masuk genk yang suka tawuran dan lebih parah lagi menjadi pecandu narkoba, atau menjadi kaum LGBT, naudzubillahminzalik, semoga Allah jauhkan keturunan kita, anak-anak kita dari semua itu.

MasyaAllah, aku bersyukur sekali karena aku bisa mendapat ilmu ini langsung, saat menyimak talkshow dr.Aisah Dahlan yang berlangsung di event BSI International Expo 2024 pada hari Minggu dua hari yang lalu. Biasanya aku melihat beliau dari sosial media.

BSI International Expo 2024 


Event BSI International Expo 2024 ini berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 20-23 Juni 2024, di Hall A & B Jakarta Convention Center.  Untuk masuk ke event BSI International Expo 2024 ini free entry (gratis), jadi hanya perlu registrasi online dengan cara scan barcode on the spot saja. Dan ternyata yang belum menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) juga bisa memasuki event ini, dan bisa membuka rekening saat berkunjung kesini. 


Di event ini ada 265 tenant yang berpartisipasi. Berbagai brand UMKM ikut memeriahkan event ini, mulai dari brand fashion, makanan, minuman, otomotif, travel umroh dan haji, dan ada banyak sekolah berbasis agama dari jenjang SD sampai fakultas ikut mengisi tenant di BSI International Expo 2024. 

Event BSI International Expo 2024 ini resmi dibuka oleh Wapres K.H.Ma'ruf Amin pada hari pertama yaitu, Kamis 20 Juni 2024. BSI International Expo 2024 adalah pameran ekosistem keuangan syariah berskala internasional yang  terbagi dalam 3 kategori besar dalam eventnya, yaitu: exhibition, seminar dan entertainment, dan business matching

Kedepannya acara ini akan digelar setiap tahun. Dan untuk BSI International Expo 2024 yang pertama kali digelar ini, bisa dibilang acaranya berlangsung sukses, terlihat dari nilai transaksi dan jumlah pengunjung yang melampaui target, nilai transaksi yaitu Rp.2 triliun dengan jumlah pengunjung lebih dari 52.000 pengunjung.


Peran BSI Dalam Mendukung Ekosistem Halal di Indonesia


Event yang bertajuk "Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem" ini hadir sebagai bentuk komitmen pemerintah juga melalui BSI untuk mendorong Indonesia mewujudkan cita-cita menjadi pusat industri halal dunia. 

Pameran BSI International Expo 2024 adalah pameran berskala internasional yang merupakan sarana dalam menciptakan nilai tambah, membuka peluang investasi, memperluas jaringan pasar, dan meningkatkan kerja sama perdagangan internasional dengan pelaku industri halal global.

Saat pembukaan BSI International Expo 2024 Pak Hery Gunardi, selaku Direktur Utama Bank Syariah Indonesia mengatakan dalam pidatonya: seperti yang kita ketahui lebih dari 85% penduduk Indonesia beragama muslim, dengan ini Indonesia memiliki peluang untuk besar menjadi pionir di sektor halal di dunia serta menerapkan halal lifestyle dalam setiap aktifitas. 

Konsep Halal disini bukan hanya berhubungan dengan apa yang kita konsumsi, seperti makanan dan minuman yang kita konsumsi, skincare yang dipakai, tapi juga dalam hal keuangan syariah.


Saat aku datang kesini di hari terakhir, ada dr.Aisah Dahlan dan Kahitna yang mengisi sesi seminar dan entertainment. Aku kesini berlima dengan teman-teman untuk mencari info mengenai dana pendidikan anak-anak. Karena dana pendidikan anak harus disiapkan dengan perencanaan yang baik. 


Karena membersamai anak-anak bukan hanya dengan cara mendampingi mereka di setiap fase tumbuh kembangnya, tapi juga dengan mendukung dari sisi financial agar anak- anak kelak dapat meraih cita-citanya. Dan pendidikan adalah jalan untuk anak dapat meraih cita-citanya. Jangan sampai anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikan karena terhalang biaya.

Aku sendiri memiliki tiga anak yang jarak umurnya hanya  tiga tahun, dan jarak dari anak ketiga dan anak keempat jarak umurnya enam tahun. Sudah aku hitung dimulai dari anak pertama masuk SMP setiap tahunnya aku harus menyiapkan dana yang agak besar karena mereka akan masuk sekolah secara bersamaan. 

Tahun lalu saja ada dua anak yang masuk sekolah bersamaan, anak ketiga masuk SD dan anak pertama masuk SMP. Dan untuk dua tahun lagi ada dua anak lagi yang masuk sekolah bersamaan, ada yang masuk SMP dan ada yang masuk SMA. Selanjutnya ada yang masuk berbarengan lagi saat SMP, SMA dan kuliah dan TK. Sudah terbayang berapa banyaknya biaya yang harus aku siapkan untuk pendidikan anak-anak. 

Dan masalah persiapan biaya pendidikan ini memang harus direncanakan sebaik mungkin. Selama ini aku baru menyimpan dana di RDPU. Berdasarkan pengalamanku kurang membantu, jadi aku ingin mencari opsi lain. Apalagi biaya pendidikan terus naik dari tahun ke tahun.

BSI Cicil Emas


Setelah menimbang-nimbang aku memilih program BSI Cicil Emas, kenapa aku pilih BSI Cicil Emas? karena program BSI Cicil Emas ini tidak memberatkan untukku, nasabah bisa membeli emas dengan harga saat akad dan membayar dengan sistem cicil dari 12 bulan sampai 60 bulan (5tahun). 

Program BSI Cicil Emas Bank Syariah Indonesia ini merupakan pembiayaan kepemilikan emas Logam Mulia, dengan keunggulan dapat membeli emas Logam Mulia dengan harga saat akad, dengan cara dicicil dan angsuran tetap sampai lunas.

Investasi di emas Logam Mulia dapat dipertimbangkan karena beberapa alasan, yaitu:

  1. Zero inflasi
  2. Harga cenderung naik dari tahun ke tahun
  3. Likuiditas tinggi
  4. Nilainya diakui secara universal
  5. Modal investasi relatif kecil
  6. Resiko investasi rendah
  7. Penyimpanan dan perawatan mudah

Harga beli emas Logam Mulia di program BSI Cicil Emas menyesuaikan harga emas ANTAM pada saat akad pembiayaan. Maksimum pembiayaan sampai Rp.150JT per nasabah. Akad yang digunakan adalah akad Murabahah (jual beli). Dan pada saat event BSI Internatinal Expo 2024, ada penawaran uang muka yang disetor hanya 5%, sedangkan kalau diluar event di cabang BSI besaran uang muka minimum adalah 20%. Adapun biaya administrasi saat event berlangsung itu free (gratis), kalau cabang BSI sebesar 1% dari pembiayaan. 

Ada 5 pilihan jangka waktu program BSI Cicil Emas ini, yaitu mulai dari 1tahun sampai 5tahun. Untuk syarat dokumen yang dibutuhkan adalah KTP dan NPWP (NPWP untuk pembiayaan >Rp.50 juta).  Dan untuk usia yang bisa mengikuti program BSI Cicil Emas minimal adalah 21tahun dan maksimal 60tahun saat jatuh tempo.




Selain untuk biaya pendidikan, investasi emas juga bisa dilirik untuk menyiapkan dana pensiun, karena beberapa alasan berikut, seperti:

  1. Sebagai penyambung hidup di masa pensiun/ tidak produktif lagi.
  2. Sebagai modal usaha di masa pensiun.
  3. Sebagai hedging asset yang bisa diwariskan ke anggota keluarga.
Jadi selain untuk persiapan dana pendidikan sepertinya boleh juga nih menyiapkan dana pensiun dengan mengikuti program BSI Cicil Emas. 

Program BSI Cicil Emas Bank Syariah Indonesia juga memiliki berbagai keunggulan untuk nasabah, yaitu:

  1. Angsuran tetap sampai lunas (kenaikan harga tidak mempengaruhi cicilan).
  2. Emas tersimpan aman di Bank dan diasuransikan.
  3. Proses cepat.
  4. Syarat mudah.
  5. Supplier emas terpercaya.
  6. Dapat digunakan sebagai jaminan hari tua pegawai.
Program BSI Cicil Emas menguntungkan nasabah yang ingin berinvestasi di emas Logam Mulia. Dan karena event sudah selesai, nasabah yang ingin mengikuti program cicil emas bisa langsung datang ke BSI cabang terdekat ya. 

Semoga dengan perencanaan yang baik, kita sebagai orangtua dapat mendukung pendidikan anak sebaik mungkin, dengan menyiapkan dana pendidikan anak, agar mereka dapat meraih cita-citanya, tanpa terhalang faktor biaya, Aamiin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Wisata Rasa Untuk Cegah GTM Di Masa MPASI

Tips Meredakan Gejala Perut Kembung dengan Motherlove Calming Cream