LRT Moda Pilihan Transportasi Baru yang Nyaman Bagi Warga Jakarta

Hai hai... 
Assalamualaikum...teman teman sudah pada tau belum kalau sekarang ada sarana transportasi baru yang bernama LRT?Apa sih LRT itu LRT sendiri merupakan singkatan dari Light Rail Transit itu adalah sebutan istilah generik untuk menyebut transportasi massal berbasis rel yang dapat mengangkut penumpang lebih banyak dari bus namun lebih sedikit dari kereta konvensional,apa sih bedanya sama LRT,MRT dan KRL beda dikapasitas angkut penumpangnya,berat keretanya,banyak gerbongnya.Beban maksimum LRT 12 ton ,kereta KRL 15-18 ton.Desainnya pun berbeda lebih kecil dan mungil yang menyebabkan daya angkut penumpangnya juga berbeda. Meskipun lebih ringan dan kecil kereta LRT Jakarta mampu mengangkut hingga 274 penumpang setiap trainsetnya(2 unit kereta)Pemerintah memang saat ini memang sedang gencar membangun moda transportasi umum untuk masyarakat agar masyarakat bisa beralih ke transportasi umum demi mengurai kemacetan terutama di Jakarta.Oleh karena itu moda transportasi dibuat sedemikian nyaman mungkin agar masyarakat mau beralih ke transportasi umum,salah satunya yah LRT ini,kalian yang sudah biasa melewati daerah Kelapa Gading pasti tau kan gimana macetnya daerah tersebut,wah itu dulu pernah jadi rute aku kerja jadi tau banget deh macetnya kaya gimana?bahkan gak hanya di jam kerja aja sering macet lho.Nah makanya dengan adanya LRT ini diharapkan kemacetan dapat terurai jika masyarakatnya beramai ramai beralih ke moda transpotasi umum.



Saat ini LRT sudah mempunyai 6 koridor dengan total 5,8 km perjalanan dimulai dari Stasiun Velodrome sampai Stasiun Pegangsaan Dua dengan waktu tempuh antar stasiun sekitar 1-2,5 menit dengan total yang ditempuh 13menit,tentunya kedepannya akan dibangun lebih banyak stasiun lagi dengan perjalanan yang lebih panjang lagi,bukan hanya di Jakarta saja ya karena tahap awal LRT ini memang menghubungkan Kelapa Gading dengan stasiun Velodrome Rawamangun Stasiun Velodrome ini merupakan stasiun terakhir pembangunan proyek LRT fase 1,dan tadi sewaktu melewati daerah cibubur sepulang melewati makam mamah mertua saya melihat sudah ada tiang LRT,semoga pembangunannya lancar dan cepat sesuai rencana ya karena saat ini memang banyak pekerja Jakarta yang tinggal didaerah Cibubur yang mengharapkan jalur LRT cepat selesai pembangunannya,contohnya kakak ipar saya yang walau sehari hari dia memang menggunakan bus trans dari kota wisata menuju kantor tapi pasti lebih  asik lagi kalau bisa menggunakan LRT ini kan lebih cepat sampai kantor.Rencananya jam operasipnal LRT untuk weekday dimulai pukul 06.00-22.00 sementara untuk weekend mulai pukul 07.00-23.00.Ah ya biaya untuk naik LRT ini Rp.5000 ya saat nanti beroperasi.

Nah pada hari Kamis kemarin tanggal 2 Mei 2019 mommy3a beruntung banget nih bisa ikutan trial naik LRT. Ya jadi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 02 Mei 2019 PT LRT Jakarta mengadakan acara sosialisasi yang bertajuk ''Edukasi Budaya Baru Bertransportasi Publik Melaju Bersama Menuju Jakarta yang Maju Kotanya dan Bahagia Warganya ''acara ini berlangsung di Stasiun Velodrome LRT Rawamangun Jakarta tujuan dari acara ini untuk mengedukasi kepada generasi muda mengenai budaya baru bertransportasi publik yang tertib secara baik dan benar.

Dalam rangka menyambut segera beroperasinya LRT Jakarta,PT LRT Jakarta terus melakukan sosialisasi mengenai keberadaan LRT Jakarta sebagai moda transportasi terbaru pilihan masyarakat yang ramah lingkungan yang terintregasi dengan moda transportasi lain dalam hal ini TransJakarta dan moda lain melalui program Jak Lingko.Acara ini adalah serangkaian acara sosialisasi yang telah dilaksanakan sebelumnya :Sosialisasi Naik JAK 24,Naik LRT J yang diselenggarakan pada 4-18 Maret 2019,Sosialisasi LRT Jakarta dan Writing Workshop bersama Blogger yang dilaksanakan pada 26 April 2019.Dari dua kegiatan tersebut PT.LRT Jakarta mengadakan dua Kompetisi Video Review Naik LRT Jakarta dan Menulis Artikel yang pengumumannya diumumkan pada hari Kamis kemarin.



Pada acara edukasi hari itu PT LRT Jakarta mengundang peserta yang terdiri dari anak-anak sekolah dasar beserta guru pendamping juga perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi,komunitas disabilitas,blogger juga rekan rekan media,dengan total jumlah undangan 150 orang.Bapak Allan Tandiono selaku Direktur Utama PT LRT Jakarta menjelaskan kalau acara ini adalah gerakan bersama seluruh operator transportasi publik dibawah Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung budaya baru bertransportasi di Jakarta dan bersama mewujudkan moda transportasi publik yang terintregasi,nyaman,aman dan handal.Lalu dilanjutkan dengan ibu Kurniati yang menjelaskan tentang fasilitas LRT lalu apa itu LRTJ yang dimaksud Lincah,Ramah,Terpercaya,Jujur ya diharapkan LRTJ dapat menjadi moda transportasi yang Lincah pelayanannya,Ramah pelayanan petugasnya,Terpercaya dapat dipercaya masyarakat untuk beralih ke moda transportasi ini karena tujuannya mengurai kemacetan Jakarta dan Jujur pelayanannya.


Lalu kegiatan berlanjut dengan pengenalan LRT secara umum dan dilanjutkan dengan berkeliling stasiun memperlihatkan fasilitas yang dimiliki LRT dan edukasi kepada para penumpang tata cara naik LRT Jakarta dengan baik dan benar dan yang bagian terserunya adalah mencoba naik LRT itu sendiri dengan melewati 6 koridor dengan total perjalanan 13 menit.Menurut pengalaman yang saya rasakan pertama kalinya LRT berjalan ,jalannya halus,didalamnya pun dingin ACnya terasa walau awalnya agak deg degan juga karena biasa naik KRL yang relnya dibawah ternyata naik LRT walaupun diketinggian enak juga gak ada rasa takut khawatir karena jalannya halus tidak begitu terasa goncangannya saat mengikuti rel yang menikung.yaiyalah masa iya rute jalannya lurus aja LOL

Fasilitas yang ada di stasiun LRT juga cukup lengkap diantaranya Ruang Ibadah,Ruang Menyusui,Toilet Umum yang bersih,Lift,Eskalator,Pos Kesehatan,Passenger Information Display,Pengawasan CCTV 24 jam dan disediakan fasilitas untuk penumpang disabilitas  seperti toilet disabilitas dan Elevator untuk penumpang prioritas.Berbagai fasiltas tersebut dibuat demi kenyamanan penumpang oleh sebab itu kita pun sebagai pengguna juga punya kewajiban untuk menjaganya dan menggunakan dengan bijak yah karena fasilitas seperti ini memang milik kita bersama jadi sudah merupakan tanggung jawab kita juga untuk menjaganya.Gak mau kan fasilitas yang sudah dibangun dan ditunggu oleh kita jadi cepat rusak atau stasiunnya kotor.Karena kalau stasiunnya bersih dan nyaman kan kita kita juga nih penumpang yang menikmatinya.Kalau nyaman kan pasti masyarakat juga mau naik transportasi umum dan tujuan pemerintah untuk mengurai kemacetan dapat tercapai juga.



Acara yang diadakan pada kamis kemarin juga merupakan bentuk kampanye LRT Jakarta selain mengajak masyarakat untuk menghargai sesama penumpang  agar dapat juga memprioritaskan penumpang disabilitas atau penumpang prioritas seperti lansia,ibu hamil,atau yang membawa anak.Nah buat yang masih kuat berdiri kaya aku mah ngalah ya diri aja.Saat naik LRT walau seperti yang saya lihat memang penumpang disabilitas masih harus dibantu saat masuk ke dalam kereta tapi tenang aja ada petugas yang dengan sigap membantu ,ah ya menurut saya petugasnya ramah ramah lho dan sigap membantu penumpang.


Kegiatan kampanye ini dilakukan dengan serangkaian aktifitas seperti ada lomba media sosial instagram peserta memposting foto atau video pengalamannya menaiki LRT ini nah nanti dipilih oleh panitia pemenangnya kebetulan hari itu saya salah satu pemenang best post IG Alhamdulilah senangnya karena baru sekali menang IG competition hehe.

Yuk kita jadi masyarakat yang tertib bertransportasi umum 



#LRTJakarta
#ayonaikLRTJ
#EdukasiBudayaBertransportasiPublik


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

19 comments:

  1. Jadi penasaran banget nyobain LRT, pakai flazz bca bisa ngga ka?

    ReplyDelete
  2. aku belum pernah naik ini, krn memang rutenya ga lewatin kantor. berharap bgt rute LRT ini bisa sampe mangga dua suatu saat nanti :D. skr msh andelin trans J utk ke kantor

    ReplyDelete
  3. wah asyik sudah nyoba yang luar jkt mah cuma gigit jari saja

    ReplyDelete
  4. Ikut senang atas beroperasi nya LRT. Semoga kesadaran masyarakat akan transportasi umum lebih meningkat. Menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas umum lainnya...

    ReplyDelete
  5. Aku juga berdoa semoga LRT Cibubur cepet jadi biar aku ga stress tiap ke event harus melawan macet yang tak kunjung selesai

    ReplyDelete
  6. Duhh.. kapan ya bisa ke jakarta lagi. Kalo bisa sih bawa anak-anak juga. Penginnn ngajak mereka jalan-jalan dengan naik LRT :)

    ReplyDelete
  7. Yaah, aku sedih belum pernah naik MRT, mba. Agak nyesel waktu itu aku tuh dekat stasiun MRT tapi nggak ngeh. Kapan kapan mau nyobain ah

    ReplyDelete
  8. Huhuhu, kugak sabar untuk naik LRT ini. Pengen segera ke Jakarta aja deh. Mupeeeeng :D

    ReplyDelete
  9. ALhamdulillah makin keren ya transportasi di Indonesia... aku mau coba ah kalau ada kesempatan :)

    ReplyDelete
  10. Senangnya udah bisa nyobain naik LRT. Kalo ke Jakarta mau jugaaa ahh nyobain. Semoga kedepannya kota-kota yang dibangn LRT semakin banyak. Termasuk daerah-daerah di Sumatera. Biar alur transportasi darat kita semakin mantap lancar jaya

    ReplyDelete
  11. Kapan ya aku bisa nyobain naik LRT? Melihat ulasan para blogger Jadi kepingin juga nih ngerasain seharusnya naik LRT.

    ReplyDelete
  12. waaa..sudah ikutan trial LRT, senengnya
    Ku penasaran sekali pengin coba. Semoga segera beroperasi yaa

    ReplyDelete
  13. Bagus nih kampanyenya, Soalnya transportasi baru berarti ngajarin budaya baru. Keinget zaman awal2 ada KRL. Skrng ditambah ada LRT, tentunya kita ingin fasilitas ini awet dan gak cepet rusak ya mbak...

    ReplyDelete
  14. Wah kalau ke jakarta harus nyobain ini deh...

    ReplyDelete
  15. LRT emang keren banget, terutama PSA nya, masyaallah mereka bisa bahasa isyarat lo..

    ReplyDelete
  16. ada MRT ada LRT ya.... Infrastruktur mengalami kemajuan, tapi semoga hutang negara ga ikutan maju juga

    ReplyDelete
  17. Waduh MRT aja saya belum nyobain kak, enaknya sekarang banyak fasilitas yang memudahkan masyarakat ya kak. Apalagi sekarang ada LRT wah udah makin keren aja nih jakarta

    ReplyDelete
  18. Asik banget nih kalau LRT sudah mulai beroperasi, kemarin saja semenjak ada MRT mempermudah sekali perjalanan selama beraktivitas. Semoga pembuatan LRT lancar untuk daerah yang sedang dibangun dan penasaran jadi pengen naik LRT.

    ReplyDelete
  19. Belum pernah coba nih, karna rute nya naggung tapi klo cuma buat coba sih ga da salah nya ya hihi soon mau ajak anak ku barengan cobain nya

    ReplyDelete