Menghadapi Dengan Bijak Keputusan Hasil PEMILU


Assalamualaikum...Hari ini tanggal 21 April 2019 mommy3a mengikuti Workshop Produksi dan Diseminasi HANKAM di Ruang Apung Perpustakaan UI.Pembahasan hari ini agak berat ya😊


Acara dibuka oleh Ibu Dewi Rahmarini selaku Kepala Seksi Produksi Konten dan Diseminasi Informasi Polkuham Kominfo.Ibu Dewi berkata sebagai masyarakat kita seharusnya tidak menyebarkan berita radikal di lingkungan sekitar demi menjaga Keamanan,Keutuhan dan Persatuan  Negara kita



Lalu dilanjutkan Kolonel Beben Nurpadilah Kabid Media Massa Deputi 7 KemenkoPolkuham yang menjelaskan tentang Tugas Kemenko Polkuham yaitu menyelenggarakan koordinasi,sinkronisasi,dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan di bidang politik,hukum,dan keamanan.

Seperti yang kita ketahui bahwa menjaga keamanan di negara kita bukan hanya tugas Pemerintah ,dan aparat militer saja seperti TNI,POLRI,Brimob,satpol PP,satpam,satgas partai saja tetapi kita sebagai masyarakat juga bertugas penuh untuk menjaga keamanan demi menjaga keutuhan dan Persatuan di Negara kita.


Seperti yang kita alami sekarang pada Tahun ini kita melangsungkan Pesta Demokrasi untuk memilih Presiden dan para anggota legislatif baik DPR dan DPRD.Istilahnya kalau aku sebut tahun ini adalah Tahun Panas yah karena banyak masyarakat yang terlalu terbawa dengan suasana PEMILU terlalu menginginkan calonnya menang sampai memicu permusuhan di masyarakat terutama di media sosial  karena adanya perbedaan pendapat terhadap calon pemimpin yang dipilih sampai muncul hashtag yang agak ekstrim menurutku.Bahkan beberapa kali berita yang saya lihat yang sudah disebarkan dan diviralkan adalah berita yang belum dicek kebenarannya.Dan sayang sekali banyak masyarakat yang percaya akan berita tersebut dan memviralkannya padahal nih seharusnya sebagai pengguna sosial media yang baik harusnya kita bisa lebih bijak lagi setiap kita menyebarkan berita cari dulu kebenarannya Hal yang kita lakukan ini juga untuk membantu Pemerintah menjaga Pertahanan dan Persatuan di Negara ini.Karena banyak berita negatif yang disebarkan bisa menambah suasana kisruh dimasyarakat.

Setelah pelaksanaan PEMILU yang tadinya suasana akan damai dan adem tapi ternyata dugaan saya salah karena hasil quick qount sementara yang ditayangkan di TV justru membuat teman teman berdebat dengan hasilnya salah atau benar bahkan sebagian masyarakat berkata kalau hasilnya dimanipulasi sungguh disayangkan karena pernyataan masyarakat yang seperti itu justru membuat media dunia mempunyai asumsi negatif terhadap media yang ada di Indonesia padahal yah hasilnya saja belum diumumkan secara resmi karena masih dalam proses penghitungan.

Peran serta kita sebagai masyarakat bisa membantu dengan mengawasi prosesnya melaporkan bila ada kecurangan .Nah untuk berita video yang ada di sosial media lebih baik dikroscek dahulu kebenarannya karena kecurangan yang terjadi seharusnya dilaporkan oleh masyarakat yang mengalaminya sendiri.Dan apapun hasilnya nanti alangkah bijaksana apabila kita menerima dengan lapang dada ,sangat disayangkan apabila kita malah merusuh atau memprovokasi teman teman lain.

Seperti yang saya alami semalam saat saya sepulang bukber bareng temen temen blogger ketika saya duduk di halte stasiun UI menunggu dijemput suami,saya sempat mendengar percakapan antara dua ibu dan satu bapak,si ibu saya dengar mengajak untuk ikut Demo tanggal 22 nanti.Aku langsung rada takut donk wah gimana nih hari Rabu ada kerjaan  yang harus lewatin daerah demo gak ya?Menurut aku tindakan massal seperti ini walau mungkin berjalan dengan tenang tetap ada dampak yang bikin masyarakat jadi was was khawatir karena akupun merasakan seperti itu.


Pilihan kita boleh berbeda beda yah karena kita punya visi misi masing-masing,walau pilihan beda sama temen kita jangan sampai kita bertengkar.Akupun sama temen temen beda beda pilihan tapi tetep kita temenan,sayang banget kan persahabatan yang sudah dibina 14tahun lebih bubar hanya karena kita beda pilihan.Bahkan ada beberapa grup keluarga juga yang anggotanya saling bertengkar selama masa PEMILU ini.Jangan sampai PEMILU yang berlangsung sebentar ini tapi merugikan hubungan antar teman dan persaudaraan yang sudah dibina lama.Karena buat aku pribadi sih siapapun yang terpilih yang penting mereka menjalankan janji-janji yang didengungkan saat debat dan masa kampanye.Agar negara kita yang tercinta ini lebih baik lagi kedepannya aamiin.

Marilah kita saling toleransi,rukun demi mencapai Persatuan dan Kesatuan.Kasian kan para pejuang dulu yang sudah mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan bangsa ini tapi kita menjaga Keutuhan negara saja gak bisa.Terima dengan lapang dada hasilnya apapun itu karena yang terjadi tidak akan terjadi bila bukan atas ijin Allah.


#kontenkreatifhankam
#workshopkominfo







Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 comments:

  1. Melihat kondisi sekarang, lumayan ngeri ya mbak. Banyak yang turun ke jalan menggaungkan people power. Semoga semua damai-damai saja. Baik yang kalah maupun menang bisa menerima hasil Pemilu

    ReplyDelete