Tips and Trick Menata Rumah dan Ruang Kerja di Sudut Rumah ''Small Space''

Assalamualaikum mommies, gimana kabarnya hari ini? Setelah pemadaman listrik kemarin pekerjaan rumah menumpuk di hari ini. Pekerjaan yang harusnya sudah saya kerjakan kemarin harus diborong hari ini, well kalau ditanya gimana kabar saya tentu saja hari ini saya sangat lelah. Mudah-mudahan mommies yang lain tetap sehat dan bugar yah walaupun lelah semoga segera pulih kembali. 

Masalah pekerjaan rumah adalah hal yang tidak habisnya dikerjakan mulai pagi subuh sampai malam hari. Mempunyai tiga anak laki dirumah tentu saja bukan hal yang mudah menjaga rumah tetap rapih dan bersih, apalagi anak-anak masih kecil makan berantakan, mainan juga berceceran dimana-mana😓😴  huftt...lelah rasanya.

Mempunyai rumah dengan lahan terbatas a.k.a small space tapi mendambakan rumah yang apik, rapih bahkan instagramable untuk didokumentasikan sepertinya hanyalah angan-angan semata.

Blogger Gathering 




Tapi sepertinya saya mendapat pencerahan saat menghadiri Blogger Gathering Indonesia Property Expo di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center beberapa waktu lalu. Indonesia Property Expo atau yang disingkat IPEX adalah acara yang digelar Bank BTN, yang menghadirkan ratusan developer perumahan yang mengikuti pameran perumahan ini. 

Perumahan yang tersedia untuk berbagai daerah di Jabodetabek, Bandung, Karawang. Developer menawarkan berbagai promo yang menarik untuk perumahan dan apartement. Pameran ini pas banget buat yang lagi mencari hunian untuk tempat tinggal atau investasi. Ini adalah kali kedua tahun ini saya kesini untuk menghadiri blogger gathering, sebelumnya IPEX yang saya datangi pada bulan Februari. Di acara kali ini ada talkshow dengan tema "Serba Serbi Menata Rumah''. 



Pembicara hari itu ada kak Adelya Vivin dengan akun instagram @adelyavk dan ada kak Zata Ligouw @zataligouw dengan moderator teh Ani Berta. Pada IPEX sebelumnya pembicaranya juga kak Adelya jadi saya sudah mengetahui beliau karena semenjak itu saya mengikuti akun instagramnya. Rumahnya sangat apik instagramable banget deh😍  

Nah kalau kak zata tentu saja saya mengetahuinya karena kak zata ini blogger juga, bukan hanya blogger sih sekarang kak zata bisa dibilang sudah bisa menjadi motivator untuk blogger blogger yang lain. Nah kak zata ini pernah memenangkan lomba menata ruang kerja dan memenangkan hadiah ke Jepang lho😍 wah keren banget yah.





Menata rumah ''small space''



Kak Adelya membagikan beberapa tips dan trick menata rumah dilahan yang sempit dan terbatas atau small space. Small space living adalah hidup di ruang kecil dengan gaya hidup yang disederhanakan karena dengan ruang yang sedikit sehingga sedikit pula space yang kita miliki sehingga sedikit space untuk barang tambahan dirumah. Mempunyai rumah dengan lahan terbatas bukan berarti kita tidak bisa memiliki rumah yang nyaman dan cantik karena kak adel ini juga mempunyai rumah yang instagramable dengan lahan yang sempit.

Tahap-tahap perencanaan tata letak rumah untuk small space

1.Menentukan apa saja kebutuhan seluruh keluarga
2.Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga
3.Perbanyak referensi hal-hal yang disukai
4.Menghitung budget yang tersedia

Dalam merencanakan tata letak rumah ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan:

Lighting
doc. IG Adelya

Pencahayaan sangatlah penting, rumah dengan pencahayaan yang baik menguntungkan kita untuk mengambil foto dari dalam rumah menurut kak Adel. Dapur dan ruang tamu tidak perlu diberi sekat agar tidak terlihat sempit, gunakan konsep skylight. Gunakan lampu untuk lighting buatan di dalam rumah

Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik sangat berpengaruh akan kesehatan anggota keluarga. Udara yang baik harus berganti setiap harinya, adanya udara yang masuk dan keluar penting agar rumah tidak lembap. Memiliki jendela yang besar bagus untuk sirkulasi udara. Kak Adel sendiri menggunakan cooker hood untuk rumahnya, bisa juga menggunakan exhaust fan ini bisa dijadikan alternatif.

Storage

Storage atau lemari penyimpanan barang juga sangat penting untuk dimiliki, karena rumah kita tidak memiliki ruangan yang bisa digunakan sebagai gudang. Barang-barang harus tertata dengan rapih agar rumah yang kecil tidak terlihat berantakan. Kita bisa hunting storage yang bagus, lucu dan multifungsional di IKEA misalnya atau kalau kreatif  sih bisa bikin sendiri lho.

Memilih Warna Cat

Pemilihan warna cat berperan penting untuk rumah yang memiliki small space, usahakan pilih warna cat yang natural seperti putih agar memberikan kesan rumah lega (lapang).

Penghijauan dengan Tanaman


doc. IG Adelya

Menaruh tanaman di dalam rumah sangat cocok untuk rumah dengan tema bohemian.  Buat saya yang suka malas dan lupa menyiram tanaman sepertinya tanaman kaktus sangat cocok untuk jadi pilihan tanaman.

Sesuaikan Furniture dengan Tema Rumah

Penentuan tema di awal memang sangat penting, hal ini yang mempengaruhi furniture apa yang bisa kita pakai dan taruh di rumah kita. Furniture yang sesuai tone nya dengan rumah kita membuat rumah semakin nyaman dan enak dilihat.

Tema rumah yang bisa dipilih

Menentukan tema rumah juga dapat meminimalisir budget yang kita keluarkan untuk menata rumah kita lho, berikut beberapa pilihan tema rumah yang bisa disesuaikan dengan selera keluarga:

Rustic
Rumah dengan perpaduan bahan kayu ini memadukan warna putih dan brown.

Bohemian
Warna putih dominan dengan tipe ini, rumah dengan tema bohemian biasanya barangnya agak banyak dan ditandai dengan adanya tanaman di dalam rumah.

Modern Japanese/Korean
Ini rumah idaman aku nih, suka lihat di drama-drama Korea rumahnya rapih banget. Barang-barang disimpan rapih didalam kotak dan rak penyimpanan bahkan tata  letak sandal aja rapih banget lho kagum deh kalau lagi nonton drama Korea tuh😍

Membuat Ruang kerja di "small space"





Sesi ini diisi oleh kak Zata Ligouw, kak Zata membagikan tips dan trick menata ruang kerja di ruang yang terbatas atau small space.

Ruang kerja yang nyaman sangat dibutuhkan bagi kita yang bekerja dari rumah misalnya seperti blogger yang mengerjakan tugas menulis artikel di rumah, walau tidak ada satu ruang khusus yang kosong yang bisa dipakai buat ruang kerja di rumah kita.

Memanfaatkan pojok atau sudut rumah yang ada tidak perlu ruang khusus, jadikan sudut ruangan tata dengan apik agar bisa kita pakai jadikan sebagai ruang kerja kita.

Hal yang disiapkan

Cari sudut rumah

Cari sudut di rumah untuk dijadikan ruang kerja kita, bisa sudut ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang tidur (dulu papah mertua juga meletakkan ruang kerja satu kamar dengan ruang tidurnya).

Miliki meja kerja






Cari meja kerja yang ergonomis karena kita akan kerja berjam-jam disana mempunyai meja kerja yang nyaman adalah hal yang penting. Tidak perlu membeli baru, bisa pakai meja yang ada aja kalau bisa berkreasi dengan membuat meja kerja sendiri juga bisa koq. Setelah mempunyai budget boleh deh kita beli meja kerja khusus. Tidak perlu memaksakan harus baru ya.

Aksesoris





Aksesori juga penting lho misalnya nih buatlah mood board , mood board bisa menjadi penyemangat kita saat bekerja misalnya nih kita tulis impian kita di mood board pakai spidol warna warni atau tempel peta keliling dunia atau taruh bola dunia di meja kerja kita. Buat sendiri DIY Mood Board yang lucu cari referensi di pinterest.

Menaruh tanaman




Menaruh tanaman di ruang kerja dapat meningkatkan mood, produktifitas yang bisa dijadikan mood booster lho. Taruh tanaman yang kecil-kecil saja misalnya kaktus. Menaruh tanaman di ruang kerja dapat menambah daya serap hingga 20% lho

Tips tambahan

Decluttering

Hibahkan barang-barang yang tidak atau jarang terpakai agar barang tidak menumpuk dan berdebu. Proses ini penting untuk membersihkan space dirumah kita agar rumah gak berantakan.

Patuh pada Tema

Untuk menata rumah dengan budget terbatas yaitu patuh pada tema rumah, oleh karena itu penting menentukan tema di awal menata rumah.

Investasi yang tepat

Investasikan budget yant tepat sasaran seperti untuk membeli sofa yang nyaman , membeli kasur yang nyaman, membeli alat bersih-bersih rumah yaitu vacuum cleaner, vacuum vleaer kan penting buat bersih-bersih. Dan investasi di kitchen set. Kitchen set penting bagi yang mau membuat dapur tanpa sekat, belilah kitchen set yang multifungsi.

Tanaman kaktus

Memilih tanaman kaktus didalam rumah bisa menjadi solusi bagi yang suka lupa menyiram tanaman seperti saya sih yang penting rumah ada hijau-hijaunya.

Pilih meja laci yang besar

Meja dengan laci yang besar bisa jadi solusi untuk yang rumahnya seri berantakan, laci besar  dibutuhkan apabila suka buru-buru menaruh barang, butuh rumah segera rapih tapi waktu terbatas.

Kreatif

Untuk memperoleh tempat yang cozy tidak harus memiliki rumah mewah dan barang yang mahal tapi bisa memanfaatkan yang ada. Bisa bikin storage sendiri kalau belum ada budget untuk membeli baru.

Memindahkan tata letak barang

Memindahkan tata letak barang juga bisa membuat rumah mempunyai tampilan baru lho agar pemilik rumah tidak bosan.

Tips dan trick di atas bisa diterapkan untuk mewujudkan rumah yang nyaman, bahkan instagramable pada lahan rumah yang terbatas.
























Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment