Brudel Cake Manado

Brudel Cake Manado

Brudel Cake Manado adalah cake yang berasal dari Manado, daerah asal almarhum papa mertua saya. Cake ini adalah salah satu warisan kolonial Belanda. 

Cake ini unik karena dibuat dengan menggunakan ragi instan, wanginya seperti roti atau khas wangi bolu tape ketika dipanggang. Teksturnya spongi, agak berongga, beremah, lembut gak seret. Cara membuatnya mudah, dijamin berhasil asalkan ragi yang dipakai masih aktif ya.

Minggu lalu baking cake ini karena dirumah lagi gak ada cemilan yang manis-manis (lidah ini gak bisa kalau sehari gak masuk makanan manis😆) 

Mau bikin cake tapi yang cepat dan gampang aja, yang gak perlu dikocok sampai mengembang kental. Lagi malas kocok adonan lama-lama😅. 

Hanya setelah dituang ke loyang adonan cake harus didiamkan dahulu ya sebelum masuk oven ya, berikan ragi kesempatan bekerja. Sama halnya saat membuat roti atau pizza adonan tidak bisa langsung dipanggang. Kemarin sih aku tunggu sekitar 45 menit. Sambil menunggu bisa sambil ditinggal beberes rumah jadi gak terasa lama.

Tekstur Brudel Cake Manado
 

Sebenarnya dulu aku sudah pernah membuat Brudel Cake Manado, cuma agak lupa dengan resepnya karena sudah lama banget. Nah hari Kamis Minggu lalu mau bikin lagi pakai resep dapat dari instagram @mayya_cake. 

Umumnya resep Brudel Cake Manado ini memakai kismis sebagai topping di atasnya, cuma kemarin diskip karena dirumah tuh anak-anak kurang suka kismis. Jadi daripada akhirnya kismis dipilih,  disingkirkan dan dibuang lebih baik diskip aja. 


Yuk sudahi cerita nya langsung saja ke resep dan cara membuat Brudel Cake Manado👇

      Bahan:
  • 300 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 120 ml susu UHT plain
  • 120 gram gula pasir
  • 120 gram margarin (dilelehkan dengan cara ditim) boleh pakai butter yang salted ya.
  • 3 butir telur segar
  • 5 gram ragi instan (contoh merk: fermipan)
  • Secukupnya keju parut dan almond slice untuk topping, dirumah sukanya pakai topping itu (bisa pakai kismis, keju parut & kenari)
      Cara membuat:
  1. Siapkan loyang tulban ukuran 24cm, oles merata loyang dengan carlo.
  2. Siapkan wadah untuk mencampur semua bahan kecuali topping.
  3. Masukkan semua bahan dan mixer sampai tercampur rata sekitar 5 menit saja dengan kecepatan rendah.
  4. Tuang adonan ke loyang lalu tunggu 45menit.
  5. Setelah itu taburkan topping dan panggang di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya 15menit sampai matang. Test tusuk, kalau sudah gak lengket berarti cake sudah matang.
Kemarin manggang nya pakai oven tangkring sekitar 45 menit, api nya sedang cenderung ke kecil, sesuaikan oven masing-masing saja ya panas dan lama memanggangnya. Mungkin kalau pakai oven listrik suhu antara 180°-200°. Pertama pakai suhu tinggi dulu 30 menit pertama lalu turunkan suhu 180° sampai cake matang.

Rajin-rajin baking untuk tahu suhu dan waktu yang pas ya. Biasanya beda merk oven bisa beda suhu dan waktu panggang juga, makanya enak kalau udah akrab sama oven dirumah. Kalau aku patokan pakai oven tangkring misalnya untuk buat pizza pakai api besar, untuk cake api sedang, cookies api kecil.

Selamat mencoba rebake resep Brudel Cake Manado ini ya, rasanya enak dan cocok buat sarapan pengganti roti, temen ngemil atau minum kopi dan teh. Buatnya juga gampang dan pasti berhasil asal pastiin raginya aktif ya.



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments:

  1. Ini kue favoritku juga :). Mama dulu sering bikin utk temen minum teh sore2 :). Di toko bakery papa juga termasuk kue yg dijual.

    Tapi biar begitu aku ga bisa bikin sendiri :p. Pertama ga punya oven, kedua LBH suka nyobain drpd bikinnya mba hahahhaa.

    Tapi aku ttp paling suka yg pake kismis toppingnya :). Dari dulu selalu suka kismis, sampe dijadiin cemilan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba selera beda-beda ya, kalau aku suka-suka aja kismis. Cuma nanti anak-anak gak makan, makanya aku skip deh.

      Delete