Terimakasih Bloggercrony Community dan Keseruan Selebrasi Virtual Bloggerday 2022


Awalnya agak ragu saat mendaftar Bloggerday tahun ini, bukan mengapa karena tahun ini Bloggerday dalam rangka 7 tahun Bloggercrony masih diadakan secara virtual. Ini adalah kali kedua aku mengikuti event Bloggerday semenjak aku bergabung dengan komunitas Bloggercrony. Dan keduanya diadakan secara virtual karena masih pandemi. Jujur aku sangat penasaran ingin merasakan Bloggerday yang diadakan secara offline. Semoga ya tahun depan bisa bertemu di selebrasi offline dengan teman-teman blogger di acara Bloggerday 2023 di ulang tahun ke-8 Bloggercrony Community.

Tapi walau secara virtual, acara Bloggerday 2022 ini tetap berlangsung sangat meriah, acara awalnya akan dimulai pukul 10.00 agak terlambat 45 menit dikarenakan adanya kendala teknis. Kami para peserta memaklumi karena terkadang kendala sinyal dan lain sebagainya, di event yang diadakan offline melalui zoom meeting mungkin saja terjadi. Kadang akupun begitu saat mengikuti zoom meeting suka terpental keluar karena kendala sinyal. 

Akhirnya acara dimulai dengan sambutan dari MC, ketua Bloggerday 2022 juga founder dan co-founder Bloggercrony Community, ada kak Wawa, dan Pak Lur panggilan kak Sato. Durasi acara berlangsung sampai jam 16.30 agak panjang tapi tak terasa lama karena acara sangat seru dan tidak membosankan. 

Bloggercrony selalu menjamu para peserta dengan sangat baik sama seperti tahun sebelumnya. Acara bertabur hadiah, dari awal acara, di tengah dan di akhir acara juga masih ada pembagian hadiah. Dan juga diisi dengan webinar sharing ilmu yang padat gizi untuk para blogger dan juga tak ketinggalan ada acara hiburan dari rekan blogger kak Uwan dan kak Mely yang bernyanyi duet, yang ternyata suaranya sangat merdu lho, sungguh ku ta menyangka.

Terimakasih Bloggercrony Community


Sebagai blogger pemula aku sangat senang bisa bergabung dan diterima dengan baik di komunitas blogger, Bloggercrony Community. Jujur saja Bloggercrony Community bagiku adalah komunitas  blogger yang sangat welcome dengan para blogger pemula sepertiku dan juga sangat menghargai kinerja blogger. 

Bloggercrony Community sebagai komunitas blogger dengan tagline Blogging, Networking, Empowering memiliki beberapa program yang bisa dijadikan tempat para blogger untuk terus belajar dan berkembang bersama. Dengan program yaitu Blogger View, Blogger Hangout, Blogger Care dan Bloggerpreneur.

Seperti yang aku tulis diatas Bloggercrony adalah komunitas yang sangat welcome dan menghargai kinerja para blogger, karena Bloggercrony Community atau yang lebih singkat disebut BCC selalu berusaha memberikan fee terbaik kepada rekan blogger yang mengikuti program Blogger View. Bukan hanya fee terbaik tetapi juga sangat cepat memberikan payment setelah rekan blogger melaksanakan kewajibannya di program ini. Blogger view adalah program yang melibatkan 3 pihak, antara brand/klien, BCC sebagai fasilitator dan juga blogger diacara event offline. Misal ada kerjasama brand yang membutuhkan eventnya diliput untuk nantinya ditulis di blog masing-masing blogger, atau di promosikan di sosial media.

Blogger Hangout adalah program yang tidak kalah menarik karena disini para blogger diberi sarana untuk belajar memperdalam ilmu. Biasanya diisi dengan webinar dengan ilmu padat gizi untuk para blogger, bisa ilmu apapun, bisa tentang menulis, fotografi, ilmu SEO, personal branding, bahkan aku pernah mengikuti makeup class. 

Blogger care adalah program dari BCC yang sangat menyentuh, karena kita bisa turut partisipasi membantu teman-teman blogger yang mengalami bencana alam atau terkena musibah. Seperti waktu banjir di Jakarta, blogger care ikut turun tangan membantu teman-teman blogger yang terdampak banjir. Atau membantu teman-teman yang terdampak pandemi. Partisipasi kita bisa apapun berupa uang, barang, atau mengajak teman-teman lain melalui media sosial masing-masing untuk mengikuti program Blogger Care yang sedang berlangsung. Kalau tidak ada uang bisa membantu dalam bentuk lainnya. Jadi walaupun belum pernah bertemu teman-teman bisa merasa dekat dengan saling membantu satu sama lain yang sedang kesusahan, karena adanya program dari blogger care ini. 

Bagi blogger yang memiliki usaha bisa bergabung di Bloggerpreneur, bisa belajar bagaimana mengembangkan dan sharing-sharing mengenai usaha dengan rekan blogger yang sama-sama memiliki usaha. Bisa usaha makan, jasa, atau lainnya. BCC memfasilitasi dengan adanya kelas ilmu untuk mengembangkan usaha,  atau memberikan bantuan dana untuk teman-teman yang usahanya terdampak karena pandemi ini. Dan masih banyak lagi info-info yang disharing di WAG Bloggerpreneur misalnya bagaimana mengurus proses sertifikasi halal bagi rekan blogger yang memiliki usaha di bidang makanan.

Intinya BCC ingin mengajak rekan blogger atau yang biasa disapa BCC Squad untuk maju dan berkembang bersama. Karena profesi blogger saat ini bukan hanya dijadikan pekerjaan sampingan, tapi sudah banyak rekan blogger yang menjadikan profesi blogger sebagai mata pencaharian utama untuk menghasilkan cuan. 

Blogger Yuk #ScaleUpYourSkill


Selebrasi Bloggerday 2022 diisi dengan webinar yang bermanfaat dan padat gizi, dimulai dengan webinar pertama dengan pembicara Tuhu Nugraha seorang digital Business Consultant dan Trainer dan Anwari Natari seorang Editor dan Dosen Bahasa Indonesia yang membahas tema "Dunia Digital, Metaverse dan Kejahatan Berbahasa". 


Walau mungkin bagi aku masih jauh ya dunia metaverse ini, tapi Metaverse mungkin akan dialami oleh anak-anakku nantinya. Kedepannya harus lebih waspada dengan kejahatan berbahasa di dunia digital, bagaimana harus bersikap hati-hati di sosial media karena di metaverse orang bisa menjadi dirinya yang berbeda. Intinya sebagai orang tua harus membimbing anak-anak agar memiliki akhlak, etika dan norma yang baik. Karena rekam jejak digital tidak bisa hilang. Dan orangtua juga jangan sampai kudet, karena untuk mengawasi anak-anak, orangtua juga harus update dengan perkembangan dunia digital terkini.


Selanjutnya webinar kedua diisi oleh Joe Candra, seorang Blogger dan CEO of Seven Creative Media dan Matahari Timoer seorang Blogger dan Content Creator yang aktif menulis tentang politik. Kak Joe Candra sharing mengenai bagaimana cara blogger mendapatkan cuan dari blog? Cara kebanyakan adalah adsense, ada juga dari paid post yaitu postingan yang dibayar dari kita meliput atau mereview produk yang feenya ini biasanya ditentukan dari fee yang ditawarkan komunitas atau ratecard yang kita ajukan, dan bisa juga dari lomba blog. Bukan hanya berupa uang blogger juga bisa mendapatkan bayaran lain misalnya, kesempatan jalan-jalan di dalam dan luar negeri dari suatu brand yang meng-endorse blogger. Kak Joe bilang harus blogger konsisten ngeblog, rajin tulis artikel organik, memperdalam ilmu fotografi untuk tampilan blog lebih menarik agar fotonya bagus. Sedangkan kak Matahari Timoer  membagi pengalamannya bagaimana ia bisa menulis politik tanpa menyinggung. Bagaimana kita menulis politik dengan netral, menulis apa pendapat dan pandangan kita tanpa menyinggung pihak tertentu. Tips dari kak MT adalah dengan tidak bekerjasama dengan satu pihak agar tulisan kita netral.

Sesi terakhir dari webinar diisi oleh Tsurayya  Syarif  Zain, seorang praktisi psikolog pendidikan dan juga founder alfalah.ed & sayanganak.id. Beliau membahas mengenai bakat dan minat, lebih penting bakat atau minat? ternyata yang lebih penting adalah memiliki minat dulu untuk mendukung bakat. Karena kalau hanya memiliki bakat tapi tidak punya minat kita tidak akan berkembang, seperti blogger yang tidak punya minat menulis. Bagaimana mau berkembang kalau tidak ada minat. Karena minat yang besar akan mendukung untuk menggali bakat kita.

Bloggerday 2022



Selebrasi virtual Bloggerday selain diisi dengan webinar padat gizi, juga acara bagi-bagi hadiah yang berupa e-money, ada juga souvenir, atau produk Bloggerpreneur. Tahun ini ada tambahan acara hiburan musik yang diisi rekan blogger kak Uwan dan Kak Mely yang bernyanyi menghibur para peserta.

Juga yang selalu ada, acara penghargaan  untuk blogger yang rajin update konten organik sebagai bentuk apresiasi BCC. Konten organik bukan artikel lomba atau artikel berbayar. Tahun ini yang mendapat apresiasi adalah blog kak Dewi, dengan alamat blog www.dewipuspasari.net . Kak Dewi bercerita kalau sampai saat ini beliau sudah menulis sebanyak 1700 artikel di blognya tersebut. Wah luar biasa banyak banget ya, kak Dewi bercerita kalau apapun kejadian yang dialami dalam kehidupan sehari-hari sering dituangkan dalam bentuk tulisan. 



Dan yang peserta tunggu-tunggu di setiap acara Bloggerday adalah souvenirnya, souvenir yang wajib dikoleksi peserta Bloggerday yaitu pin Bloggerday. Tahun ini souvenir Bloggerday adalah pin, sticker dan juga masker BCC. Pin dan sticker untuk Bloggerday 2022 dibuat oleh Cera Production. Cera Production merupakan perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia. Nah bagi teman-teman yang ingin membuat souvenir kantor atau seminar kit kantor bisa memesan di Cera Production ini ya.

Akhir kata terimakasih Bloggercrony Community yang memberi kesempatan saya mengikuti selebrasi virtual 7 tahun Bloggercrony beserta 100 peserta terpilih lainnya, semoga bisa bertemu lagi di Bloggerday tahun depan ya.










Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment