Rawat Kulit Sensitif Bayi Newborn Dengan Cetaphil Baby

Setelah Alma lahir, sekitar umur seminggu kulitnya mengalami kemerahan, bruntusan  bahkan lecet di bagian lipatan leher, dan seperti terkelupas di bagian wajah. Saat cek puput pusar aku konsultasikan masalah ini, tenaga medis berkata, kulit bayi yang masih sensitif sedang beradaptasi dengan suhu udara diluar rahim mama. Karena pasti berbeda suhu udara saat masih di dalam rahim mama dan diluar.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan mama untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit bayi newborn yang masih sensitif yang aku dapatkan dari berbagai sumber (tenaga medis, dokter). Yang pertama mama harus memastikan tempat tidur dan bantal bayi bersih, kalau perlu mama bisa menggunakan vacuum khusus kasur untuk membersihkan tempat tidur supaya tempat tidur bebas dari tungau. Lalu pastikan suhu kamar tidak panas, kelembapan udara dalam kamar bayi juga harus terjaga, gunakan deterjen khusus bayi untuk mencuci baju bayi, dan yang penting juga, rawat kulit bayi dengan produk skincare yang tepat. 

Mama harus selektif dalam memilih skincare bayi karena kulit bayi yang masih sensitif. Seperti aku yang memakai rangkaian produk dari Cetaphil Baby. Sebelumnya aku memang sudah familiar dengan berbagai produk Cetaphil, bahkan cleanser Cetaphil juga sudah habis berbotol-botol. Dan sekarang aku juga memilih  Cetaphil untuk perawatan kulit Alma yang masih sensitif.

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Ingredients: Aqua, cocamidopropyl, betaine, disodium cocoamphodiacetate, glycerin, coco-glucoside, acrylates/C10-30 alkylacrylate crosspolymer, citric acid, heliotropine, panthenol, parfum, phenoxyethanol, polyquaternium-10, propylene Glycol, quaternium-80, sodium benzoate, sodium chloride, sodium citrate, sodium cocoamphoacetate, sodium hydroxide, FIL.1257.V00

Momen memandikan si kecil adalah salah satu waktu terbaik untuk membangun bonding bersama si kecil. Memandikan bayi dapat membangun ikatan antara mama dan bayi. Maka itu saat mandi buat suasana mandi yang nyaman dan menyenangkan untuk si kecil, pastikan bayi juga tidak dalam kondisi lapar untuk mencegah rewel saat sedang mandi, jadi saat memandikan tidak terburu-buru. Atur suhu air yang pas, suhu yang hangat dan jangan terlalu panas, kalau aku biasanya dikira-kira saja suhunya, aku pegang dulu air dengan tanganku, terlalu panas atau dingin membuat bayi tidak nyaman dan akhirnya rewel saat mandi.

Untuk bayi newborn aku lebih suka pilih produk yang multifungsi supaya praktis, yang dapat membersihkan kulit tubuh dan rambut juga. Seperti Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo, sabun cair dengan tekstur cair berwarna bening ini mengandung gliserin dan panthenol yang dapat membersihkan sekaligus membantu menjaga kehalusan rambut dan kelembapan kulit lembut bayi. Formula hipoalergenik, tanpa busa berlebih sehingga mudah dibersihkan, no more tears

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo memiliki 5 perlindungan untuk kulit bayi, membuat kulit bayi lembut, hipoalergenik, dapat menjaga kelembapan, menjaga lapisan kulit, menenangkan kulit bayi, dan aromanya segar. Formulanya sudah teruji secara klinis, cocok untuk kulit bayi yang sensitif sejak baru lahir. 

Memandikan Alma dengan Cetaphil menjadi momen yang menyenangkan karena busanya tidak berlebihan jadi mudah untuk dibersihkan. Praktis karena sabun dan shampoo jadi satu, bisa digunakan dari kepala sampai ujung kaki dengan satu produk saja. Lembut di kulit dan tidak perih kalau tidak sengaja terkena mata, karena aku pakai juga untuk area wajah. Wanginya juga enak, bikin mau cium-cium Alma terus deh.

Cetaphil Baby With Organic Calendula Advanced Protection Cream

Ingredients: Aqua, glycerin, helianthus annuus seed oil, sodium acrylate/sodium acryloyldimethyl taurate copolymer, polyisobutene, panthenol, methylpropanediol, butyrosperpum parkii butter, allantoin, Calendula officinalis flower extract, caprylyl Glycol, caprylyl/capryl glucoside, citric acid, glycinebsoja oil, phenoxyethanol, sorbitan oleate, tocopherol, FIL.1678.V00

Setelah mandi lanjutkan perawatan kulit dengan memakai krim ke seluruh kulit tubuh bayi, untuk mencegah kulit kering, dan melembabkan kulit bayi. Memakai krim juga dapat mencegah dan mengobati lecet di lipatan-lipatan kulit bayi, seperti pada leher. Waktu leher Alma lecet juga aku rutin mengoles krim setiap selesai mandi, dan alhamdulilah sekarang sudah sembuh, gak ada drama kulit lecet lagi. Saran memakai krim untuk mencegah lecet pada lipatan-lipatan ini datang dari tenaga medis ya.


Aku memakai Cetaphil Baby with Organic Calendula Advanced Protection Cream yang mengandung Calendula organik, Shea butter, glycerin yang memiliki berbagai manfaat, yaitu: 
  • Membantu menenangkan kulit yang sangat kering, dapat membantu mengurangi kekeringan kulit.
  • Membantu menghidrasi kulit bayi sepanjang hari (dengan pemakaian dua kali sehari).
  • Menutrisi kulit bayi hingga 8 jam (berdasarkan uji klinis dengan pemakaian dua kali sehari).
  • Memberikan 5 perlindungan kulit bayi: kulit jadi lembut, hipoalergenik, menenangkan, menjaga kelembapan dan menjaga lapisan kulit.
  • Cocok untuk bayi newborn, sudah teruji secara dermatologi.
Kandungan Calendula Organik pada krim ini dapat menjaga kelembapan kulit bayi sepanjang waktu terutama di area lipatan kulit dan area kulit yang sensitif. Alma yang Alhamdulillah badannya berlipat-lipat seperti roti sobek😅 sudah rutin aku oleskan krim ini setelah selesai mandi, sekarang tidak pernah lagi lecet-lecet di lipatan kulit. Kulitnya jadi lembab, halus dan lembut. Krim ini aman untuk bayi newborn karena tidak mengandung pewangi, gentle, hipoalergenik dan non comedogenic

Cetaphil Baby With Organic Calendula Diaper Cream

Ingredients: Aqua, zinc oxide, isopropyl palmite, helianthus annuus seed oil, glycerin, polyglyceryl-3 polyricinoleate, butylene Glycol, polyglyceryl-3 diisostearate, prunus amygdalus dulcis oil, hexyldecanol, hexyldecyl laurate, panthenol, Calendula officinalis flower extract, Cera Alba, citric acid, glycine Soja oil, heliotropine, tocopherol, zinc stearate, zinc sulfate, FIL.1538.V00

Dari Alma lahir, saat di RS pun aku langsung memakaikan popok sekali pakai, oleh karena itu kesehatan kulit di area popok sangat aku perhatikan, karena kulit area popok rentan terkena ruam popok. Cara yang aku terapkan untuk mencegah ruam popok adalah dengan mengganti popok per empat jam sekali, dan selalu memakai diaper cream untuk mencegah ruam popok saat mandi pagi dan sore, juga saat mengganti popok. Alhamdulilah sampai Alma umur 4 bulan belum pernah mengalami ruam popok.


Aku memakai Cetaphil Baby With Organic Calendula Diaper Cream dan Alhamdulilah cocok. Warna krimnya agak kuning dan teksturnya kental. Krim ini dapat melembapkan, melembutkan dan menghindari munculnya ruam popok. Karena krim ini dapat membantu melawan tanda-tanda ruam popok dalam semalam dan membantu menenangkan rasa tidak nyaman akibat ruam popok sejak penggunaan pertama. 

Cetaphil Baby With Organic Calendula Diaper Cream ini mengandung Calendula organik, sunflower seed oil, glycerin dan almond oil yang dapat menenangkan kulit bayi bahkan kulit yang sangat kering. Dapat melindungi kulit bayi dan menghidrasi kulit sepanjang hari. Formula hipoalergenik, jadi cocok untuk bayi newborn, sudah teruji secara dermatologi. Dan sudah teruji ada 9 dari 10 home tester setuju kalau Cetaphil Baby With Organic Calendula Diaper Cream dapat membantu mengurangi ruam, iritasi, dan kemerahan di area popok.

Memakai diaper cream ini harus rutin setiap ganti popok ya mama, supaya kulit di area popok terhindar dari masalah ruam popok. Karena ruam popok akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel. Rangkaian skincare dari Cetaphil Baby yang sudah aku coba ini rekomended, karena formulanya aman bahkan untuk bayi newborn sekalipun. Kulit Alma jadi sehat, lembut dan lembab.

Komentar

  1. Gemes bgt sama alma, pipinya towel-able bgt 😍 btw, cetaphil emang juara sih.. Kekurangannya cuma satu, mahalll kalau dipake 4 anak 🤣

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kluster Khaya Podomoro River View Hunian Mewah dan Berkelas di Selatan Jakarta adalah Investasi Properti yang Berlimpah Nilai Tambah

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Rekomendasi Toner Untuk Kulit Berjerawat