Habiskan Akhir Pekan di Taman Wisata Edukasi "Jakarta Bird Land" Ancol

Hari Sabtu minggu lalu senang sekali akhirnya bisa liburan menghabiskan waktu hanya berdua saja dengan kakak Aldan di #RuangKeajaiban Ancol @jakartabirdland 

Memiliki waktu bersama anak hanya berdua saja sangat penting buatku, jadi sesekali aku memang suka jalan hanya berdua saja dengan salah satu anak. Kalau pergi dengan empat anak kan tidak bisa benar-benar "we time" karena perhatianku harus dibagi sama rata ke semua anak-anak. Makanya sesekali aku suka bepergian hanya berdua dengan salah satu anak, dan waktunya bergantian. Seperti hari Sabtu tanggal 5 November lalu, aku pergi berdua saja dengan kakak Aldan, berlibur ke Jakarta Bird Land.

Karena hanya pergi berdua, dari Depok aku memilih naik transportasi umum yaitu KRL dengan tujuan stasiun kota, lalu sampai stasiun kota perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek online sampai Jakarta Bird Land. Aku tag lokasi tujuan ke SeaWorld Ancol, karena memang letak Jakarta Bird Land ini sangat berdekatan dengan SeaWorld dan Ocean Dream Samudra. 

Jakarta Bird Land ini adalah taman wisata edukasi sekaligus tempat konservasi, yang didalamnya terdapat berbagai jenis spesies burung yang berasal dari Indonesia dan mancanegara. Jakarta Bird Land ini adalah taman wisata edukasi  persembahan terbaru dari Ancol Taman Impian, yang dibuka pada tanggal 5 November 2022, bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, yang diperingati setiap tanggal 5 November. 

Jakarta Bird Land adalah Taman Wisata Edukasi yang tepat dan menarik bagiku untuk mengajak anak-anak, juga keluarga untuk berlibur akhir pekan. Bukan hanya itu Jakarta Bird Land ini ternyata menjadi pusat konservasi untuk menyelamatkan berbagai spesies burung yang terancam punah, melalui pusat Breeding dan Research.

Pada hari itu disana juga ada kegiatan Eksplorasi Ragam Satwa Burung di Jakarta Bird Land. Untuk kegiatan ini Ancol berkolaborasi dengan Jakarta Birdwatcher Society dan mengundang komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwatcher dan juga siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol.

Di Jakarta Bird Land burung-burung dibiarkan bebas, bahkan kita bisa melihat burung merak dari jarak dekat, namun tetap berhati-hati ya. Tips dari aku jangan membelakangi burung merak, lihat dengan posisi berhadapan, atau kalau mau berdekatan bisa minta didampingi dengan kakak-kakak dari tim education guide yang ada disana. Kakak tim education guide ini juga siap membantu memberikan penjelasan mengenai berbagai jenis burung yang ada disana. 

Nah makanya aku bilang Jakarta Bird Land ini adalah Taman Wisata Edukasi, karena disini bisa sambil belajar mengenai berbagai jenis burung. Bahkan boleh juga lho ikut berinteraksi dengan memberi makan burung dan berfoto bersama. Kakak Aldan masih agak takut nih memberi makan burung, makanya mamanya aja deh yang coba memberi makan burung. Agak dipatuk-patuk sedikit ternyata rasanya tidak sakit koq, padahal awalnya juga agak deg-deg an sih😆.

Jakarta Bird Land ini dibuat sebagai rumah untuk ratusan ekor burung dari berbagai jenis, tempatnya didesain semirip mungkin dengan habitat asli burung-burung penghuninya. Taman wisata ini memiliki luas kurang lebih 6.000 m2, dan terbagi dalam 6 kawasan yaitu, American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird dan Free Range Bird Area.

Menariknya disini ada eskalator untuk menuju Sky Bridge, dimana di Sky Bridge pengunjung dapat melihat lebih dekat dan juga berinteraksi dengan burung-burung yang terbang bebas dan hinggap di area Aviary. Selain itu pengunjung juga bisa berfoto-foto di Sky Bridge karena tempatnya cantik dan instagramable lho.

Beberapa jenis burung yang dapat ditemui disini antara lain adalah, kakatua jambul kuning, kakatua alba, kakatua raja, burung macaw, bebek Mandarin, rangkong dan merak biru. Disini ada juga jenis yang paling unik yaitu Elang Laut Dada Putih, yang memang burung ini memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu dan memang berkembang biak disana.

Berpetualang di Jakarta Bird Land semakin seru karena ada #KawanJagaLangit yaitu Angkasa, Langit, Dirga, Cakra dan Inggi. 5 karakter yang memiliki keunikan tersendiri ini siap menemani petualangan pengunjung. Saat kesini jangan ketinggalan juga untuk menyaksikan berbagai keunikan perilaku satwa dengan menonton "Bird Show" yang diadakan di 2 tempat dengan konsep fun education. Walau hari itu cuaca agak panas, kakak Aldan tetap semangat dan sangat terhibur dengan pertunjukan Bird Show ini. 

Senang sekali bisa menghabiskan waktu berdua Aldan hari Sabtu lalu di Jakarta Bird land, karena berlibur di Jakarta Bird Land meninggalkan pengalaman yang berkesan bagi kakak Aldan. Aldan dapat berwisata sambil belajar dan mengenal berbagai jenis burung, juga bisa berinteraksi dengan berbagai jenis burung, karena burung-burung disini juga sudah jinak. Siapa yang mau merasakan pengalaman berkesan ini juga? Yuk liburan ke Jakarta Bird Land.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kluster Khaya Podomoro River View Hunian Mewah dan Berkelas di Selatan Jakarta adalah Investasi Properti yang Berlimpah Nilai Tambah

Cha-Ching Kid$ At Home Belajar Konsep Keuangan dari Rumah Dengan Menyenangkan

Rekomendasi Toner Untuk Kulit Berjerawat