Yuk Moms Cukupi Kebutuhan Serat demi Kesehatan Saluran Cerna Anak



Hai moms…apa sudah yakin kalau moms sudah memberi anak asupan serat yang cukup setiap harinya? Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jakarta terhadap 103 anak usia 2-3 tahun ditemukan  9 dari 10 anak usia dini kekurangan seratšŸ˜„. Mommy3a sedih banget sama fakta tersebut. Ini jadi bahan  intropeksi apakah anakku termasuk 9 dari anak tersebut?


Padahal serat merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan anak untuk mendukung pencernaan sehat sejak dini. Asupan serat harus cukup agar pencernaan anak sehat dan mencegah masalah saluran cerna seperti sembelit.



Pencernaan adalah Otak Kedua


Pada tanggal 3 September 2019 bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio saya bersama rekan blogger dan media mendapatkan kesempatan untuk menghadiri talkshow yang membahas tentang “Pentingnya Pemenuhan Asupan Serat Sejak Dini”


Narasumber hari itu dr. Frieda Handayani, Sp.A(K) beliau menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan saluran cerna karena pencernaan adalah otak kedua. Kerja otak dipengaruhi oleh saluran cerna,  karena pusat kesehatan ada di saluran cerna. Pencernaan yang sehat mempengaruhi mood dan emosi anak. Pencernaan yang tidak sehat juga bisa menjadi indikasi penyebab anak rewel lho (cranky). Ternyata hal ini berlaku bukan hanya pada anak tapi juga pada orang dewasa.


Kebutuhan Serat Anak

Mencukupi kebutuhan serat harian anak juga masih menjadi Pe Er saya sebagai mommy dari 3 orang anak, karena 1 dari 3 anak  agak picky eater nih. Iya kakak Aldan itu agak susah kalau makan sayur bahkan makan buah-buahan pun pilih-pilih. Beda sama kakak Akhdan sama adek Arfan yang gampang dan suka makan sayur.

susu almond dapat mencukupi kebutuhan serat

  Sebetulnya berapa sih kebutuhan konsumsi serat harian anak? Tentunya berbeda tergantung berapa umur anak tersebut, yuk aku jabarkan dibawah ini :
·   Anak usia 1-3 tahun membutuhkan 16gram serat
·   Anak usia 4-6tahun membutuhkan 22gram serat
·   Anak usia 7-9 tahun membutuhkan 26gram serat
·   Anak usia 10-12tahun membutuhkan 30gram serat

Berdasarkan penelitian rata-rata anak usia 2-3 tahun hanya mengkonsumsi 4,7gram serat pangan setiap harinya. Angka ini jauh dari angka kecukupan asupan serat yang direkomendasikan Menteri Kesehatan.

Dalam bentuk makanan untuk mendapatkan 16 gram serat setiap harinya, anak harus mengkonsumsi 2kg wortel rebus atau 1 kg papaya. Nah yang menjadi masalah apakah anak-anak mau mengkonsumsi serat sebanyak itu setiap harinya?

Jumlah serat yang banyak dalam jumlah makanan disebabkan karena serat merupakan bagian dari karbohidrat yang tidak mudah dicerna dan diserap oleh tubuh karena tahan terhadap enzim pencernaan.

Sebelumnya aku jelaskan dulu kalau serat terbagi menjadi dua jenis yaitu soluble fiber dan insoluble fiber:
overnight oatmeal mango bebelac menu sarapan sehat kaya serat untuk anak

Soluble fiber adalah serat yang larut dalam air yang sifatnya dapat membuat rasa kenyang lebih lama,
dan melekat pada partikel kolesterol. Serat soluble terdapat pada makanan kacang, polong, oat, jeruk,
apel, apricot, wortel, bawang, pisang.

Insoluble fiber adalah serat yang tidak larut dalam air yang terdapat pada biji-bijian, kulit buah, beras merah, gandum, whole grains, brokoli, sayuran hijau.

Manfaat serat di kemudian hari

Dikemudian hari manfaat cukup konsumsi serat yaitu:
·   Menurunkan resiko penyakit jantung koroner
·   Menghindari kanker usus besar
·   Mencegah obesitas, stroke, diabetes mellitustipe 2
·   Menurunkan kolestrerol dan membantu mengontrol gula darah

Manfaat dari konsumsi serat yang cukup sejak dini bukan hanya untuk saat ini seperti mencegah sembelit. Tapi manfaatnya akan terasa dimasa mendatang, jadi boleh dikatakan kesehatan anak dimasa mendatang merupakan tanggung jawab orang tua khususnya ibu yang memang setiap harinya bertugas mengurus makan anak-anak.

Bebelac Membantu Mencukupi Kebutuhan Serat

Untuk memenuhi kebutuhan serat tiap harinya yang menurutku agak Pe Er karena jumlahnya banyak banget, gak kebayang deh anak disuruh makan 2 kg wortel. Disini hadir Bebelac Gold yang dapat membantu ibu memenuhi konsumsi serat anak lho.

Bebelac Gold yang mengandung FOS, GOS, dan Inulin terbukti secara klinis dapat membantu kesehatan saluran cerna anak. Dengan mengkonsumsi tiga gelas Bebelac Gold setiap harinya dapat memenuhi asupan serat hingga 7 gram atau hampir 50% dari kebutuhan serat harian anak.

Variasi Menu Cukup Serat Resep chef Yuda Bhustara

Tidak bisa dipungkiri kebiasaan orang saat makan adalah mencari makanan yang hanya sekedar rasanya enak. Padahal makanan yang dikonsumsi bukan hanya sekedar rasanya yang enak tapi yang terpenting harus sehat.

Makanan yang sehat adalah makanan dengan gizi seimbang . Didalam satu piring makanan yang kita konsumsi harus cukup dan tepat jumlah karbohidrat, sayur, buah, dan proteinnya.

Sebagai seorang moms kita harus pintar menyajikan menu makan anak yang bukan hanya enak tapi juga harus cukup seratnya. Buatlah menu yang variatif, Chef Yuda Bhustara yang hadir mengisi acara hari itu membagikan beberapa menu enak yang cukup serat.


Iya setelah sharing session acara hari itu juga diisi dengan cooking demo dari chef Yuda lho. Super excited aku tuh bisa masak sama chef Yuda. Pertama chef Yuda membuat 3 menu cukup serat untuk anak didepan kita para moms, setelah itu para moms berkompetisi mempraktekan sendiri memasak langsung dengan anggota teamnya yang dibagi 4 orang per kelompok.


Menunya enak, sehat, dan praktis ada overnight oatmeal mango bebelac gold, green smoothie bebelac gold, dan vegetable lasagna. Menu ini dijamin deh pasti disuka anak-anak, aku sudah membuktikan sendiri karena setelah memasak hasilnya boleh dibawa pulang lho.

vegetable lasagna menu favorit anak yang cukup serat

Aku bawa vegetable lasagna buat aku makan bareng anak-anak dirumah dan anak-anak suka banget, moms bisa melihat resep resep ini di web Bebelac ya.

Tips agar anak mau mengkonsumsi sayur

green smothies olahan sayur dan buah dengan rasa yang enak


Mencukupi kebutuhan serat anak jadi hal yang susah susah gampang, tapi jangan putus asa. Moms bisa mencoba tips agar anak cukup mengkonsumsi serat setiap harinya:

·   Ajarkan anak mengkonsumsi sayur dan buah sejak dini perkenalkan saat MPASI
·   Ajak anak saat belanja sayur dan buah
·   Ajak anak ikut memasak sayur atau mengolah buah
·   Makan sayur di depan anak, perlihatkan kalau kita menikmatinya jangan putus asa coba sampai 8-12 kali
·   Ciptakan suasana yang menyenangkan saat makan
·   Buat makanan dengan menu bervariasi setiap harinya
·   Berikan pujian dan reward saat anak berhasil menghabiskan sayurannya


 Semoga ikhtiar kita berhasil yah moms demi mencukupi kebutuhan serat anak setiap harinya. Moms juga bisa mendeteksi kesehatan saluran cerna anak melalui Kalkulator pencernaan di kalkulator pencernaan lho moms.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments:

  1. ini yg sulit krn anak2 suak banyak yg suka ini dan yang gak suka itu, kalau anaknay lbh dari satu, ribet juga ya. kuncinya sedari kecil dibaisakan dg makanan sehat

    ReplyDelete
  2. Aku juga setuju bahwa Pencernaan yang sehat mempengaruhi mood dan emosi anak. Makanya skrg aku jg concern sama pencernaan anakku. Makanya tiap hari anakku harus makan buah, cuma krn susah solusinya harus cari cara lain. Dan susu Almond ini bisa jadi solusi ya. Anakku jg doyan susu.

    ReplyDelete