Dingsu Jeruk (Puding Sutra Jeruk)


Anak-anak dirumah suka banget ngemil, salah satu jenis cemilan ringan favorit mereka adalah aneka puding selain aneka macam es-es an. Makanya dirumah lumayan sering banget bikin puding.

Nah beberapa hari lalu sewaktu beberes kulkas lihat ada 1 kaleng mandarin orange yang nganggur😆terus jadi kepikiran mau bikin Dingsu a.k.a Puding Sutra lagi untuk cemilan anak-anak.   

Puding Sutra ini mudah banget dibuat dan bahan-bahannya pun mudah didapat. Disini aku pakai mandarin orange untuk topping buahnya ya, selain itu bisa juga pakai aneka buah lain seperti: anggur, nanas, strawberry atau kiwi. Sesuaikan saja dengan stok buah yang ada dirumah, bisa dipilih ya diantara itu, atau pakai jeruk segar juga boleh koq. 

Dari resep asli yang tersebar, kebanyakan sumber resep yang aku dapat adalah resep Dingsu dari uni Dhilasina. Sebelumnya aku juga sering membuat Dingsu dengan resep lain, dimana ada penambahan gula di adonan puding. Tapi kali ini aku membuat dengan resep uni Dhila yang tidak ada penambahan gula di resep puding. Resep asli pakai essens vanila, cuma aku skip ya karena gak ada stok dirumah. Essens vanila aku ganti vanili bubuk😅.

Dingsu bisa jadi sajian yang cocok dan pas untuk menu berbuka puasa nanti, yang sebentar lagi akan dijalankan umat muslim. Daripada kelamaan, yuk langsung aja ke resepnya ya.



Resep Dingsu Jeruk

Bahan puding:

🍊1 bungkus bubuk agar agar putih/plain.
🍊370 gram SKM (pakai SKM yang kemasan warna biru itu).
🍊6 kaleng air mineral (pakai kaleng bekas SKM untuk menakar).

Bahan untuk topping:

🍊Sirup squash orange (kemarin aku pakai 1/2 botol lebih).
🍊2sdm selasih kering disiram air panas, diamkan sampai mengembang lalu sisihkan.
🍊 1 kaleng mandarin orange sisihkan airnya.
🍊 Nata de Coco sisihkan airnya (kemarin pakai yang kemasan 1kg).

Cara membuat:

🍊Pertama masak agar-agar dahulu, campur bubuk agar, SKM dan air lalu aduk rata. Masak di atas kompor sampai mendidih sambil diaduk. 
🍊Setelah mendidih langsung matikan api, tuang di loyang 1/2 atau 3/4 saja tingginya dari loyang. Aku kemarin pakai loyang alumunium foil dan ramekin. Tunggu uap panas hilang sebelum dimasukkan di kulkas.
🍊Setelah puding set tuang aneka topping dengan sendok mulai dari nata de coco, mandarin orange, selasih lalu tuang sirup perlahan.
🍊Taruh kulkas dulu sebelum disajikan, karena lebih enak disajikan dingin😋.

Ide cooking class di rumah

Kemarin waktu kakak Al ada tugas sekolah membantu mama dirumah, aku pilih kegiatan cooking class. Jadi kakak membantu mama membuat puding, kakak Al dibantu kakak E membantu menuang topping puding. Dan sebelumnya waktu memasak, kakak Al juga bantu mengaduk puding sampai mendidih cuma gak aku foto nih. 

Dinginkan dulu sebelum disajikan
 
Yuk silahkan direcook resep Dingsu nya, rasanya enak, manis, asam dan segar😋cocok banget dimakan saat cuaca panas atau untuk sajian berbuka puasa nanti.



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments:

  1. Asiiiiik, aku pengen coba ah mba. Ini mah anak2 memang pasti doyaaaan . Seger, dingin, dan LBH yakin sehat.

    Apalagi puasa nanti, butuh yg seger dan manis buat buka kaaan ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss cobain mba enak + murmer ini bahannya. Isi toppingnya pun fleksibel aku pernah cuma pakai nata de coco aja+selasih😆kalau ada buah2an lain juga boleh mba macam nanas, anggur gitu

      Delete