Banana Cake Simpel No Mixer


Sering banget beli pisang karena sering promo diaplikasi buah dan sayur langganan😆. Tapi buah pisang yang sudah dibeli lebih sering berakhir dibaking dari pada dimakan langsung. 

Ini pisang yang dibeli dari hari Sabtu sampai hari Rabu ini gak ada satupun yang dimakan. Dari yang kulit pisang masih muda dan kencang, sampai jadi tua dan penuh flek hitam (penuaan bun😅).

Kalau pisang sudah kematangan gini paling enak dijadiin kue aja deh. Nah tadi siang menjelang sore sekitar jam 1/2 3 dari pada pusing lihat anak dua (kakak Al dan adek Ar) bercanda gak jelas, lari-larian dalam rumah mending diajak bikin kue aja deh biar anteng gak pecicilan.

Jadi mamanya yang nakar bahan, kakak Al sama adek Ar bergantian lumatin pisang dan ngocok adonan bahan basah pakai whisker. Terus pas campur bahan basah dan bahan kering, bagian mamanya yang aduk pakai spatula (sebentar saja) biar gak bantet. Lalu mamanya yang tuang adonan ke loyang 20x10, dan bagian tabur topping chocochip tadi juga kakak sama adek yang naburin sampai berebutan, duh untung gak sampai berantem.

Banana cake ini bikinnya gampang gak pakai mixer cuma pakai whisker, itu yang bikin anak-anak aja gak bantet dan berhasil. Ini pakai resep banana cake Matong Inov ya. Sudah beberapa kali rebake resep banana cake ini karena resepnya simpel. 

Lumayan kalau lagi punya stok pisang kematangan bisa diberdayakan. Katanya resep ini sudah banyak yang coba juga rebake dengan cara dikukus, kalau mau dikukus bisa kasih serbet di tutup pancinya supaya tetesan air uapnya gak menetes ke kuenya ya. 

Untuk lemaknya bisa pilih mau pakai margarin yang dilelehkan, butter yang dilelehkan atau minyak sayur. Aku tadi pakai minyak sayur, pernah juga coba pakai butter leleh. Nah waktu itu juga bikin pakai gula palem sekarang pakai gula pasir putih. Beda di wangi sih kalau pakai butter dan gula palem lebih wangi. Kalau sudah pakai butter atau margarin skip garam ya.

Resep Banana Cake Simpel No Mixer



Bahan basah:

🍌2 butir telur segar 
🍌60 gram gula pasir putih/gula palem 
🍌115 gram butter/margarin/minyak sayur 
🍌Vanila bubuk 1/2 sdt (pernah aku skip pas gak ada stok bisa cuma aku pakai kayu manis bubuk)
🍌Pisang matang 3 pc (tadi pakai pisang Sunpride)

Bahan kering:

🍌195 gram tepung protein sedang /serba guna
🍌1 sdt baking soda (aku pernah skip ini pas lagi gak punya)
🍌1/2 sdt garam
🍌3/4 sdt kayu manis bubuk (bisa skip tapi kalau pakai ini wanginya beda khas)

Topping:

🍌100 gram chocochip, boleh tambah topping seperti:keju parut, almond, sesuai selera dan stok bahan aja ya.

Cara membuat:

🍌Panaskan oven 170° minimal 15menit
🍌Lumatkan pisang pakai garpu (sisihkan)
🍌Oles loyang pakai carlo lalu lapisi dengan baking paper
🍌Kocok bahan basah pakai whisker sampai tercampur rata dan gula larut lalu masukkan pisang, aduk rata lagi.
🍌Ayak bahan kering lalu masukkan ke bahan basah
🍌Aduk bahan kering dan basah pakai spatula sebentar saja ya kalau kelamaan nanti bantet, lalu masukkan chocochip (sisakan sedikit untuk taburan) aduk lagi sebentar saja.
🍌Tuang adonan ke loyang, tabur chocochip dan panggang selama 40menit. Sesuaikan dengan oven masing2 ya. Test tusuk untuk kematangan, bila tidak ada adonan yang menempel tanda cake sudah matang.

Ini tadi begitu matang langsung dijepret sebentar saja sebelum ludes dimakan anak-anak😁. Silahkan mencoba rebake ya, bisa juga buat ide baking class bareng anak ni😊.



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment