Jejak Kerja Public Relations Dari Sekedar Berbicara Hingga Mendapat Banyak Relasi

Kebanyakan dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis pekerjaan Public Relations (PR). Public Relations merupakan bagian dari pekerjaan jurusan ilmu komunikasi yang biasanya mengurus segala hal terkait dengan relasi atau hubungan, baik didalam maupun luar perusahaan.

Akan tetapi masih banyak orang  yang menganggap pekerjaan seorang PR tidaklah sesulit para pekerja IT yang setiap harinya harus bertemu dengan angka.



Menjadi Public Relations mungkin terlihat enak karena sering bertemu dengan orang banyak bahkan orang-orang baru disetiap pekerjaannya. Menambah pengalaman dan juga relasi, padahal kenyataannya menjadi seorang public relation handal dibutuhkan kemampuan yang mumpuni, terutama dalam mengelola perasaan.

Seorang public relations dituntut harus selalu terlihat ramah didepan teman sekantor dan masyarakat luas, meski kamu tengah dalam masalah yang kian mengganggu pikiran sekalipun (hal ini tentu tidak mudah).

Tugas Seorang Public Relations


Hampir seluruh perusahaan di Indonesia membutuhkan lulusan Public Relations lantaran pekerjaan dibidang ini memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola hubungan komunikasi antara pihak perusahaan dan masyarakat luar yang disebut sebagai mitra.

Seorang Public Relations tidak hanya harus pandai dalam mengelola komunikasi saja, seorang PR juga diminta untuk mampu menjaga citra  baik suatu perusahaan.

Lebih spesifik lagi, seorang public relations handal harus mampu menjalankan berbagai fungsi organisasi, seperti menjalin relasi dengan media, konsumen dan pemerintah, serta memahami tiap karakter dari mitra untuk menjalin kerjasama yang baik diantara kedua belah pihak.

Selain itu, para karyawan PR juga diwajibkan membuat rancangan berisi materi untuk diberikan kepada media yang mungkin dapat menyiarkan apa saja peristiwa yang sedang hangat dibicarakan dalam perusahaan.

Persentase Peluang Kerja Public Relations


Tidak dapat dipungkiri, setiap perusahaan yang sedang merintis bahkan yang sudah memiliki nama besar pasti membutuhkan tenaga kerja yang ahli dalam bermain peran terutama untuk menjalin hubungan baik dengan relasi.

Bermain peran yang dimaksud disini ialah seseorang yang dalam kondisi apapun mampu bersikap ramah sehingga memberikan first impression baik, tanpa terlihat ketus didepan mitra kerja.

Maka dari itu kedudukan posisi PR bisa dikatakan meningkat setiap tahunnya demi menaikkan kepopuleran perusahaan beserta produk yang dipasarkan.

Tidak hanya bisa bekerja sebagai Public Relations saja, seorang lulusan hubungan masyarakat atau PR juga bisa berkarir dibidang lainnya seperti wartawan, copywriter, manajer pemasaran digital, hingga penyiar televisi.

Baca Juga: 9 Pekerjaan Menjanjikan untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi

Keahlian yang Harus Dikuasai Seorang Public Relations


Setidaknya ada 3 keahlian khusus yang wajib dimiliki seorang public relations demi menunjang karirnya, meliputi:

1. Membangun relasi yang luas

Karena seringnya seorang PR bertemu dengan orang banyak, bukan tidak mungkin mereka berhasil membangun relasi dengan orang-orang ternama sekalipun. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk kamu yang mungkin baru terjun dalam dunia PR. Gunakanlah e-mail pribadi atau linkedin untuk bisa terkoneksi dengan orang terkait lainnya, supaya kamu bisa dengan mudah menyerap informasi seputar dunia kerja public relations.

2. Memantau berita terkini

Selain mampu menjalin relasi dengan orang banyak, seorang PR biasanya dituntut untuk mengetahui informasi terkini, terutama yang berhubungan dengan perusahaan. Ketika media telah menayangkan berita seputar perusahaan, tugas selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah memikirkan strategi untuk mendorong minat baca masyarakat terhadap konten yang telah dibuat oleh awak media.

3. Mengatur konten untuk dibagikan

Cakupan kerja public relations selanjutnya adalah mengatur apa saja konten yang ingin dibagikan kepada awak media ataupun official social media perusahaan yang dipunya. Hal ini dinilai sangat penting guna membangun kepopuleran perusahaan, apalagi jika kamu bekerja sebagai seorang PR di perusahaan husus produk kecantikan dan keuangan (asuransi, kredit, modal usaha, dan lainnya). Untuk memudahkan kamu dalam menyelesaikan pekerjaan jurusan komunikasi yang satu ini, biasanya kamu akan dipasangkan bekerja dengan sang editor konten.


Kisaran Gaji Public Relations


Untuk urusan gaji, tenang saja. Meskipun diawal karir gaji yang didapatkan rata-rata Rp 3 hingga 4 juta saja, namun bukan tidak mungkin ditahun selanjutnya gaji yang dapat dikantongi Rp 6 hingga Rp 9 juta setiap bulannya.

Apalagi jika kamu memiliki jam terbang tinggi dibidang pekerjaan ini. Tak hanya itu saja, biasanya kamu juga akan menerima uang kompensasi berupa insentif, apabila terdapat klien yang merasa puas dengan hasil kerja kamu.

Hingga saat ini masih banyak pencari kerja yang kurang tertarik akan bidang public relations, karena beberapa perusahaan yang mempekerjakan karyawan tidak sesuai dengan tugasnya, seperti disuruh menjual produk layaknya seorang sales. Padahal sebenarnya tugas utama seorang PR sangat berbeda dari sales.

Nah untuk memahami lebih dalam mengenai bidang public relations dan pekerjaan jurusan ilmu komunikasi lainnya kamu bisa baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-paling-menjanjikan-bagi-sarjana-ilmu-komunikasi/


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment