Vaksin Flu Persiapan Wajib Sebelum Traveling

Beberapa hari lalu mommy3a sedang berdiskusi dengan kakak Akhdan mengenai  materi pelajaran di sekolahnya menjelang PTS bulan Desember nanti dan juga menanyakan tanggal berapa PTS akan berlangsung? 

Bulan Desember nanti anak SD akan melaksanakan ulangan semester. Biasanya setelah ulangan anak-anak akan libur agak lama di rumah. Momen libur sekolah juga bersamaan dengan libur akhir tahun dan tahun baru.

Biasanya kami sekeluarga traveling ke suatu tempat, suami mengambil cuti walau hanya beberapa hari. Traveling itu wajib yah walau pergi ke tempat yang tidak jauh- jauh banget dari kota Depok (walau hanya ke Bandung). 

Saat traveling bukan hanya anak-anak yang happy tapi saya dan suami juga happy karena bisa refreshing sejenak dari pekerjaan. Disesuaikan saja sama budget kira-kira cukup untuk traveling kemana?

Persiapan Traveling dan Flu Saat Traveling

Persiapan apa saja yang harus disiapkan untuk traveling? Tiket, hotel yang nyaman untuk menginap, itinenary, isi koper (outfit, peralatan mandi dsb) ? Dari sekian persiapan itu ada satu hal yang terkadang tidak diketahui atau bahkan dilupakan traveler yaitu kewajiban melakukan vaksin flu.


Senang sekali beberapa waktu yang lalu mommy3a bisa hadir di acara Blogger Gathering dengan tema "Bebas Flu Saat Traveling" Hari itu mommy bertemu, berkumpul dan sharing dengan teman-teman blogger lain mengenai tips traveling dan pengetahuan vaksin flu yang harus dilakukan sebelum traveling yang dipaparkan oleh dr. Suzy Maria, Sp. PD.



Flu adalah penyakit pernapasan yang menular dan disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru-paru.

Faktanya flu adalah penyakit yang sering menyerang traveler saat traveling, gak mau kan liburan kita terganggu karena flu. Dan sayang juga budget dan waktu khusus yang sudah dipersiapkan untuk traveling tapi kita gak enjoy karena terkena flu, oleh karena itu kita harus antisipasi agar tidak terkena flu saat traveling.

Flu saat traveling bisa terjadi karena hal-hal berikut:
  1. Memforsir pekerjaan menjelang traveling, ini salah satu penyebab badan drop.
  2. Melakukan perjalanan yang melelahkan apalagi jika jadwal tempat yang kita kunjungi banyak. 
  3. Saat traveling kita bertemu dengan banyak  orang yang mungkin saja orang tersebut sedang mengidap flu. 
  4. Selama diperjalanan pun seperti saat di pesawat virus flu mudah menyebar apabila ada salah satu penumpang yang flu. Karena virus flu lebih bertahan lama saat berada di ruang yang dingin.
Saat terkena flu kita mengalami gejala-gejala seperti demam, badan menggigil, sakit di tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, nyeri otot dan badan, sakit kepala, mudah lelah sampai muntah-muntah. Gejala tersebut jelas sangat mengganggu liburan kita.

Hal yang harus dilakukan saat terkena flu

Bila sudah terkena flu kita bisa melakukan hal berikut:
  1. Tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin.
  2. Buang segera tissue yang telah dipakai ke tempat sampah.
  3. Cuci tangan dengan air dan sabun atau hand rub berbasis alkohol.
  4. Gunakan masker saat bepergian.
Poin terakhir gak nyaman banget ya saat traveling biasanya kita kan foto-foto di tempat liburan, karena sakit jadi harus pakai masker donkšŸ˜….

Vaksin Flu Sebelum Traveling


Cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mencegah flu adalah dengan melakukan vaksinasi flu. Vaksin flu dapat membantu mencegah kita terkena flu, membuat anda tidak menularkan flu kepada orang lain, membuat flu lebih ringan saat kita terserang flu dan mencegah komplikasi seperti pneumonia yang menyebabkan kematian.


Vaksin flu dapat dilakukan paling lambat 2 minggu sebelum hari keberangkatan dan dapat disesuaikan dengan daerah yang akan dikunjungi. Dengan vaksin flu kita dapat tercegah dari penyakit flu selama perjalanan dan menjaga tubuh tetap fit selama traveling.



Kalau badan fit traveling pasti lebih menyenangkan karena kita bisa mengunjungi tempat yang sudah kita rencanakan yang ada di itinerary di tempat berlibur juga tentunya dapat menikmati liburan. Vaksin flu juga harganya affordable koq hanya sekitar 350k saja.

Btw vaksin flu ini juga direkomendasikan untuk semua orang yang berusia di atas 6 bulan lho, vaksin flu sangat penting dilakukan setahun sekali oleh:
  1. Lansia usia >50 tahun.
  2. Penderita penyakit kronik (termasuk asma).
  3. Wanita hamil.
  4. Tinggal dengan orang risiko tinggi.
Masukkan vaksin flu sebagai list anggaran pengeluaran tahunan di keluarga karena flu adalah penyakit yang bisa menyerang kapan saja. 

Di Indonesia virus flu ini ada sepanjang tahun, apalagi perubahan cuaca ekstrim saat ini yang membuat virus flu bisa menyerang kita kapan saja dan dimanapun. 

Jadikan vaksin flu persiapan yang wajib dilakukan sebelum traveling agar tubuh fit saat liburan dan  liburan kita mengesankan.














Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment