Edukasi Isi Piringku di Zona Ceria Germas SDN Rawa Barat 05

Anak-anak harus mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang untuk tumbuh kembang yang optimal. Selain untuk kecerdasan, pola makan sehat akan berpengaruh pada kesehatannya kelak.

Anak-anak yang tidak mengkonsumsi makanan sehat dan tidak menerapkan pola hidup yang sehat akan beresiko terkena PTM (Penyakit Tidak Menular) di kemudian hari. 

Saat saya masih kecil dulu ibu saya menjadikan 4 sehat 5 sempurna sebagai pedoman saat makan, tetapi sejak tahun 2016 pemerintah melalui Kementerian Kesehatan memberi panduan Piring Gizi Seimbang melalui Isi Piringku sebagai pedoman makan.

Sumber Kemenkes
Makanan yang dikonsumsi anak-anak harus bernutrisi, anak pada masa pertumbuhan harus mendapat asupan nutrisi yang baik demi tumbuh kembang yang optimal dan kecerdasan otak. Dalam satu piring isinya harus lengkap yaitu karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan. 

Pengenalan isi piringku ini adalah salah satu bentuk promosi kesehatan dari Kementerian Kesehatan untuk penerapan pola hidup sehat yang dilakukan Kementerian Kesehatan.

Zona Ceria GERMAS

Pada Kamis tanggal 31 Oktober 2019 yang lalu diadakan acara Zona Ceria GERMAS oleh stasiun televisi RTV dan Kemenkes di SDN Rawa Barat 05. SDN Rawa Barat 05 ini berlokasi di Jl. Birah III (Blok S)  Kebayoran Baru Jakarta Selatan.


Zona Ceria GERMAS di SDN Rawa Barat diisi dengan berbagai kegiatan menarik diantaranya lomba mewarnai, lomba kreasi sarapan sehat, story telling & magician show, pentas seni dan parents talkshow.



Bukan hanya anak-anak SD saja yang dilibatkan di acara ini tapi juga para orang tua murid, karena sosialisasi pola hidup sehat dan pola makan sehat sejak dini ini adalah tugas orang tua yang harus diterapkan di rumah ke anak.

Praktekan Pola Hidup Sehat

Pembicara parenting talkshow adalah dr. Rizkiyana Sukandhi Putra, M.Kes beliau adalah Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dan dr.Tan Shot Yen, M. Hum.


dr. Rizkiyana Sukandhi Putra,M.Kes

Pola hidup sehat yang bisa kita terapkan di rumah setiap hari adalah:
  • Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.
  • Minum air putih 8 gelas setiap hari.
  • Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.
  • Mencuci tangan dengan gerakan yang benar di air mengalir.
  • Menghindari asap rokok.
  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.
Orang tua murid yang mengikuti parenting talkshow Isi Piringku
Pola hidup sehat diatas harus diterapkan sejak dini untuk mencegah penyakit tidak menular yang saat ini banyak di derita masyarakat. Penyakit seperti diabetes, stroke, jantung, hipertensi, dan obesitas adalah penyakit yang menyebabkan kerugian bukan hanya bagi penderitan juga keluarganya. PTM adalah penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di Indomesia, dr. Rizkiyana Sukandi Putra ,M.Kes mengatakan.

Praktekan Isi Piringku

Pada anak-anak akibat pola makan dengan gizi tidak seimbang adalah terkena obesitas ataupun stunting. Fakta yang perlu diketahui Indonesia adalah negara dengan peringkat no.3 terbanyak yang menderita  stunting di Asia dan no.5 terbanyak di dunia.

Makan bukan hanya sekedar kenyang tapi makanan yang dikonsumsi harus padat gizi dengan konsep Isi Piringku. dr. Tan Shot Yen mengatakan sebetulnya para orang tua sudah banyak mengetahui pola makan gizi seimbang tapi tidak mempraktekannya.

Siapa yang tidak tahu kalau kita harus makan cukup sayur dan buah setiap harinya untuk memenuhi gizi anak. Tetapi hanya mengetahui tapi tidak dipraktekan percuma saja, yang penting adalah mempraktekannya juga.

Makanan yang harus dihindari anak-anak

Makanan ultra proses adalah contoh makanan yang harus dihindari anak-anak. Contoh makanan ultra proses adalah makanan instan yang beredar diwarung-warung, yang didalamnya terdapat penambahan food additives, salah proses memasaknya dan bentuknya jauh dari aslinya. Orang tua memberikan ini karena rasanya enak, disukai anak-anak, praktis dan juga harganya lebih murah.

Masalah yang dihadapi bila mengkonsumsi makanan ultra proses diantaranya:

dr.Tan Shot Yen

  • Obesitas.
  • Gangguan gizi pada anak pada masa tumbuh kembang.
  • Pencetus PTM (Penyakit Tidak Menular) di kemudian hari: Diabetes, hipertensi, sindroma metabolik.
Fakta yang terjadi di balik makanan ultra proses:


  • Makanan ini memang mudah didapat, praktis, ekonomis, tetapi menyebabkan kecanduan. Fakta menyedihkan adalah produksi makanan ini dianggap penyokong pertumbuhan ekonomi dan industri.
  • Menyasar kelompok menengah ke bawah.

Orang tua bertanggung jawab akan makanan yang dikonsumsi anak melalui cara:
  • Menyediakan pangan sehat yang bentuknya dekat dengan bentuk aslinya.
  • Menyediakan makanan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.
  • Menyediakan makanan yang bervariasi setiap harinya. 
  • Memasak makanan dengan baik dan benar, menggoreng ikan akan merusak dan menghilangkan omega 3. Jadi lebih baik olah ikan dengan cara dikukus atau rebus.
  • Pastikan anak mengkonsumsi lemak yang baik karena lemak juga dibutuhkan tubuh.
Pada kesempatan itu dr.Tan mengatakan memberikan makan ikan pada anak-anak sangat penting. Ikan kembung dengan kandungan omega 3 yang tinggi sangat baik dikonsumsi anak-anak. Kebutuhan akan protein hewani sangat penting untuk tumbuh kembang anak terutama protein hewani yang berpengaruh pada kecerdasan otak anak.

Manfaat makan ikan
  • Ikan adalah sumber protein terbaik untuk tumbuh kembang, mencegah kegemukan, membantu produksi hormon tubuh.
  • Menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung di kemudian hari.
  • Meningkatkan kecerdasan otak dan penglihatan pada tumbuh kembang anak.
  • Mencegah pikun dan penuaan dini. 
  • Melawan depresi dan meningkatkan rasa bahagia.
  • Sumber asupan vitamin D terbanyak.
  • Menurunkan risiko penyakit auto imun (seperti rematik, multiple sclerosis) dan diabetes tipe 1 pada anak.
  • Menurunkan risiko asthma pada anak hingga 24%.
  • Melindungi penglihatan di usia tua, mencegah degenerasi makular hingga 42-53%.
  • Memperbaiki kualitas tidur.

Indonesia adalah negara penghasil ikan yang banyak, oleh karena itu kita harus memanfaatkannya. Tidak harus membeli ikan yang mahal seperti ikan salmon karena kandungan omega 3 lebih banyak justru ada di ikan kembung. 

Selain itu jangan hanya mempelajari pola makan sehat tapi yang terpenting adalah mempraktekannya seperti yang dikatakan dr. Tan, Praktekan Makan Sehat.

Anak-anak perlu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang seperti panduan Isi Piringku demi tumbuh kembang optimal dan juga kecerdasan otak anak.











Anak-anak 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment