Transportasi Umum yang Unggul untuk Kemajuan Indonesia

Kalau ditanya apa transportasi umum favorit mommy3a? teman-teman pasti sudah pada tahu deh, commuter Line (KRL)  jawaban nya. Mommy3a cukup sering update di IG story kalau sedang berada di stasiun saat akan pergi bekerja ke suatu tempat untuk menghadiri event.

Dari tahun 2006 bahkan mommy3a sudah biasa menggunakan kereta api namanya pada saat itu sebagai moda transportasi pilihan bila akan bepergian. Saat mau pergi bekerja ataupun sekedar jalan-jalan ketemu teman.

Instagram KAI


Alasannya tak lain tak bukan karena paling dekat dijangkau dari rumah (dari stasiun UI), ongkos nya pun murah dan merupakan transportasi tercepat. Yap bebas macet karena punya jalur khusus. Saat itu tahun 2006 memang KRL jauh berbeda dengan sekarang baik dari segi keamanan, kenyamanan, juga keselamatan penumpangnya.  Siapa yang gak tau seperti apa kereta api pada masa itu?

Semakin hari dari tahun ke tahun khususnya pada 5 tahun terakhir ini, KRL terus memperbaiki diri meningkatkan pelayanan demi masyarakat yang  menggunakan moda transportasi ini. Hal ini saya rasakan saat saya mulai rutin pergi bekerja menggunakan KRL sebagai freelancer lagi di satu tahun belakangan ini.

Tapi mommy3a bukan hanya ingin membahas commuter line karena bukan hanya commuter line transportasi yang digunakan mommy3a. Walau commuter line tetap terfavorit tetapi terkadang saya menaiki busway juga saat bepergian.

Dan senangnya sekarang ini bukan hanya commuter line moda transportasi yang menjadi pilihan warga Depok, karena sekarang pun jalur busway sudah melewati Depok lho. Saya biasanya menunggu busway di Jalan Juanda atau di Halte UI saat ingin bepergian naik busway. Tapi biasanya saya naik busway bila sedang santai tidak mengejar waktu (tidak sedang kondisi terburu-buru).

Bertambah banyak nya pilihan transportasi bagi saya khususnya warga yang tinggal di Depok, memudahkan saat ingin bepergian kemanapun dan kapanpun. Transportasi sangat penting sebagai faktor pendukung dan dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kemajuan hidup masyarakat di suatu negara.

Seperti yang kita ketahui banyak masyarakat yang bekerja di Jakarta tapi mempunyai rumah tinggal yang jauh dari Jakarta misalnya saja di Bogor, Depok, Bekasi, dan daerah lain. Tetapi dengan semakin banyaknya transportasi yang melewati daerah rumah kita. Tidak masalah tinggal dimana tapi bekerja nya dimana?


Bareng Arfan di stasiun MRT Lebak Bulus


Ditambah dengan hadirnya MRT dan LRT, sebagai wajah baru di moda transportasi di Indonesia. Hadirnya MRT disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat, bagaimana tidak akhirnya Jakarta punya MRT. Gak perlu ke negeri tetangga ya untuk mencoba transportasi ini di Jakarta pun sudah ada.

Stasiun LRT Velodrome

Meningkatnya Layanan Transportasi Umum



Pemerintah meningkatkan pelayanan transportasi umum demi kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang (masyarakat) melalui hal-hal berikut:


Penertiban Area Layanan Transportasi

Contoh penertiban yang diberlakukan seperti di stasiun tidak boleh adanya pengamen, pengemis, dan pedagang asongan masuk. Hanya penumpang yang boleh memasuki stasiun baik itu commuter line, MRT, LRT, ataupun halte busway.

Fasilitas yang Layak dan Sesuai Standar

Contohnya pintu kereta otomatis yang dapat berfungsi dengan baik, adanya tombol SOS, Alat pemadam api, kotak P3K didalam transportasi umum.

KMT dan Kartu Prabayar yang dikeluarkan Bank seperti (e-money, flazz dsb)

Untuk mempercepat kita masuk ke stasiun tanpa harus antri membeli tiket di loket, layanan transportasi umum mengharuskan penggunanya memiliki KMT atau e-money. Jadi tinggal Tap and Go, dengan memakai KMT atau e-money mempercepat proses perjalanan. Sistem menggunakan e-money ini juga mendukung masyarakat yang menganut cash less pada jaman now.

Ketepatan Jam Berangkat

Jam pemberangkatan yang tepat sangat membantu sampai di suatu tempat kerja dengan tepat waktu, biasanya saya mengecek jadwal berangkat melalui aplikasi. Dalam dunia kerja bukan hanya keterampilan yang dibutuhkan tapi attitude yang baik, contohnya ya dengan datang tepat waktu.

Seat Prioritas

Adanya seat prioritas di semua transportasi umum yang dikhususkan untuk kaum difabel, lansia, ibu hamil, ibu dengan balita, juga anak-anak. Bahkan KRL mengadakan pin khusus untuk ibu hamil, beberapa orang yang sedang hamil muda yang belum terlihat perutnya membesar terkadang suka malas meminta duduk kepada penumpang lain jadi sangat terbantu dengan adanya pin ibu hamil ini. Dengan melihatnya biasanya orang sudah tahu kalau dia sedang hamil dan memberikan tempat duduk.

Penambahan Jalur

Seperti yang aku ceritakan di atas sekarang bahkan di Depok pun sudah ada busway yang berangkat dari stasiun Depok. Bukan hanya penambahan jalur busway juga penambahan jalur kereta yang beberapa daerah.

Fasilitas Tambahan di Dalam Stasiun

Fasilitas yang memadai di dalam stasiun, bukan hanya toilet dan mushala yang bersih. Juga dilengkapi dengan adanya ATM, minimarket, outlet makanan ringan, outlet kopi dan restoran. Beberapa stasiun tempat makannya nyaman banget lho. Seperti yang ada di stasiun Manggarai, Kota, Bogor dan stasiun MRT Lebak Bulus. Lumayan banget sih kalau pulang kerja lapar bisa mampir dulu kesini.

Beli kopi "hits" di stasiun Sudirman


Transportasi yang nyaman, aman, untuk masyarakat adalah salah satu faktor yang mendukung kemajuan hidup masyarakat di suatu negara. Karena tidak semua masyarakat mampu membeli rumah di tempat yang dekat kantor atau lokasi strategis yang kisaran harganya tinggi, apalagi kalau kantornya di daerah Jakarta yang terkenal harga tanahnya saja sudah mahal.

Dengan adanya transportasi yang dapat dijangkau semua tempat tinggal, masyarakat bisa pergi bekerja dengan nyaman. Tidak perlu membawa kendaraan pribadi bila memakai mobil jelas pengeluarannya lebih mahal biaya bensin dan tol, bila memakai motor capek di jalan karena jarak jauh yang harus ditempuh.

Selain itu bila masyarakat beralih menggunakan transportasi umum juga akan mengurangi kemacetan yang ada. Dan mengurangi polusi di udara.

Kemenhub terus melakukan inovasi dan perbaikan demi masyarakat mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan  saat menggunakan transportasi umum.

Terasa banget perbedaan naik transportasi umum jaman dulu sama sekarang sih, kalau dulu untuk pergi sama anak- anak biasanya aku tetap memilih mobil pribadi sebagai transportasi.

Kalau sekarang sih sudah sering banget menggunakan jasa transportasi umum  baik itu KRL, MRT atau busway. Kalau menggunakan transportasi LRT saya pernah tapi belum pernah ajak anak-anak.

Untuk mengetahui info lebih detil mengenai layanan yang terus menerus di evaluasi dan dilakukan oleh Kemenhub di bidang transportasi umum bisa dilihat di:

Website kemenhub
Twitter kemenhub
Facebook kemenhub
Instagram kemenhub









Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment