Wake Up Wakaf Program Wakaf Produktif Dompet Dhuafa Mulai dari 10 Ribu

Assalamualaikum...

Tahu gak dengan uang 10 ribu kita bisa berwakaf? Dimana bisa berwakaf mulai dari 10 ribu? di Dompet Dhuafa tempatnya. Dompet Dhuafa memberi jalan bagi kita semua untuk bisa menjadi wakif, kalau begitu asal ada niat kita semua bisa berwakaf lho. 

Mommy3a mengetahui program wakaf mulai 10 ribu ini saat menghadiri Blogger Meet Up Dompet Dhuafa. Alhamdulilah hari Rabu tanggal 02 Oktober 2019 yang lalu mommy3a mendapat kesempatan untuk menghadiri Blogger Meet Up yang diadakan oleh Dompet Dhuafa.



Melalui perjuangan menuju kesini, iya hampir ditinggal karena telat. Berencana langsung datang ke Zona Madina Parung, Bogor janjian sama teman-teman blogger yang rumahnya di sekitar Depok. Janji jam 08.00 sementara jam 08.10 aku belum sampai juga di stasiun Citayam.

Lalu di WA karena aku telat akhirnya teman-teman yang lain terpaksa pesan taxi online duluan, kalau masih jodoh mungkin aku bisa berangkat semobil karena jalan raya di depan stasiun Citayam sedang macet. Kalau nggak jodoh yah terpaksa naik ojek online sendiri.

Turun dari stasiun Citayam lari-larian akhirnya sampai luar pintu stasiun pas banget lihat plat no taxi online yang dipesan teman-teman. Alhamdulilah masih jodoh bisa berangkat semobil bareng.

Wake Up Wakaf


Bertempat di Kawasan Zona Madina dan Lembaga Pengembangan Insani di Parung Bogor. Blogger Meet Up mengangkat tema Wake Up wakaf.



Acara ini dibawakan oleh MC Putri Mounda, ia adalah salah seorang penerima manfaat beasiswa aktifis nusantara dari Dompet Dhuafa. Lalu dilanjutkan dengan mendengar suara merdu tilawah dari Zikri siswa hafidz pesantren E-Tahfidz Smart Ekselensia Dompet Dhuafa.

Bapak Yuli Pujihardi

Dilanjutkan oleh Bapak Yuli Pujihardi selaku Dir. Mobilisasai ZIS Dompet Dhuafa dan Dir. Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa. Beliau menjelaskan mengenai program donasi wakaf produktif yang ada di Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa ingin mengajak kaum milenial untuk berwakaf melalui wakaf produktif.

Wakaf produktif memiliki nilai investasi yang memiliki manfaat untuk pewakif dan juga penerima manfaat. Bahkan Dompet Dhuafa membuat wakaf menjadi alat pemerataan ekonomi.

Dompet Dhuafa mengelola wakaf kita secara profesional melalui program wakaf produktif. Dompet Dhuafa memiliki 4 pilar wakaf produktif yang dicanangkan di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial budaya. 

Dompet dhuafa mengangkat tema Wake Up Wakaf dengan tujuan ingin mengenalkan literasi wakaf kepada masyarakat luas  terutama kaum milenial.

Bobby P Manullang

Bobby P Manullang selaku GM. Wakaf Dompet Dhuafa mengatakan kalau wakaf itu bukan hanya 3M. Apa itu 3M? Makam, Madrasah, Masjid yang sudah pasti identik dengan wakaf. 

Mindset yang beredar di masyarakat wakaf hanya bisa dilakukan oleh orang yang kaya, harus mengeluarkan uang dengan jumlah besar. atau harus orang yang punya banyak tanah ingin dipatahkan oleh dompet dhuafa. Bahkan di masyarakat berwakaf identik dengan orang-orang yang sudah lanjut usia.

Mindset ini yang menyebabkan masyarakat menunda-nunda dan tidak juga segera berwakaf tetapi hanya melakukan ZIS (zakat, infaq, sodaqoh). 

Wakaf Produktif Dompet Dhuafa


Dompet Dhuafa membuat wakaf menjadi alat pemerataan ekonomi kaum dhuafa. Dompet Dhuafa mengelola wakaf kita secara profesional melalui program wakaf produktif.

Contoh wakaf produktif dibidang pendidikan adalah berdirinya sekolah Smart Ekselensia Indonesia, sedangkan wakaf bidang kesehatan dengan berdirinya RS. Rumah Sehat Terpadu.

Gedung Perpustakaan Digital

Dua tempat ini dibangun atas donasi dari para wakif.  Zona Madina merupakan kawasan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu yang dibangun di atas tanah wakaf. Wakaf produktif memiliki nilai investasi yang memiliki manfaat untuk pewakif dan juga penerima manfaat.

Wakaf ekonomi Indonesia berdaya Dompet Dhuafa dilakukan dengan menanamkan buah dan sayur diatas tanah 8,5 hektar.

Sekolah Smart Ekselensia 


Sekolah Smart Ekselensia adalah sekolah gratis SMP-SMA untuk anak kaum dhuafa dari seluruh Indonesia. Anak dhuafa yang mendapat pendidikan gratis disini melalui test tulis, psikologi, wawancara dan home visit.

Ustas Safi'i

Ustad Safi'i Dir. Dompet Dhuafa Pendidikan mengatakan wakaf di bidang pendidikan mempunyai manfaat sungguh besar.

Kamar di Asrama SMP

Fasilitas di sekolah ini juga lengkap mulai dari adanya perpustakaan digital dengan koleksi buku yang bikin saya kagum karena koleksinya lengkap dan banyak buku bagus yang ada di perpustakaan ini.  Adanya laboratorium, sarana olahraga yang lumayan lengkap dengan adanya lapangan futsal, basket, masjid, taman , dan ada sekolah PAUD.


Gedung Asrama dan Sekolah

Kamar asrama siswa SMP

Arena Olahraga Basket dll, tampak asri ya

Sekolah PAUD adalah sekolah dasar yang penting bagi pembentukan karakter anak dimasa depan, jadi gak usah heran ya atau menganggap kalau pendidikan PAUD itu tidak penting-penting banget.

Tampak Samping PAUD

Disini juga ada juga sekolah guru Indonesia, dimana disini guru disiapkan untuk menjadi volunteer di daerah 3T di Indonesia. yaitu tertinggal, terdepan dan terluar.

Sekolah Guru Indonesia

Dengan wakaf produktif yang dikelola Dompet Dhuafa kita bisa menyekolahkan anak SMK untuk tahfidz Quran.

RS Rumah Sehat Terpadu


Dr. Muhammad Zakaria

Dr. Muhammad Zakaria mengatakan tujuan Dompet Dhuafa mendirikan Rumah Sakit adalah menjangkau pasien dhuafa yang tidak mempunyai BPJS. Rumah Sehat Terpadu adalah Rumah Sakit gratis untuk kaum dhuafa yang tidak terjangkau oleh BPJS.

RS. Rumah Sehat Terpadu

Tidak terjangkau BPJS karena kaum dhuafa disini tempat tinggalnya nomaden (berpindah-pindah). Disini tersedia 83 kamar untuk rawat inap. Pasien dhuafa disini dirawat sampai sembuh tanpa dikenakan biaya sama sekali secara profesional  dengan ramah.

Kavling 125juta


Saat ini Dompet Dhuafa sedang mencari investor wakaf kavling senilai 125juta, kavling ini nantinya akan ditanamkan tanaman produktif.

Dompet Dhuafa menggunakan platform digital untuk kamu bisa berwakaf dengan mudah, yang bisa diakses melalui hp kamu. Dengan pembayaran yang bisa kamu pilih sendiri, bisa melalui transfer bank atau transfer melalui uang digital.

Untuk para wakif juga pahala nya terus mengalir sampai akhirat nanti, Dompet Dhuafa memberikan peluang untuk kita semua menjadi wakif. Dengan program Wake Up Wakaf Dompet Dhuafa untuk mengumpulkan 1 juta wakif bukanlah hal yang sulit.

Dimulai dengan 10 ribu bila kita lakukan bersama-sama, 1 juta orang melakukan bersama  secara gotong royong bila dikumpulkan hasilnya dalam 1 bulan saja kalkulasinya sudah 10 milyar.

Wakaf produktif dari kita para wakif akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi para penerima manfaat. Wakaf Dompet Dhuafa dikelola oleh nazhir dengan menunjuk pihak ahli terkait untuk mengoptimalkannya.


By the way setelah mengikuti Blogger Meet Up, para rekan blogger jadi antusias dengan gerakan wakaf sepuluh ribu ini. Dan akhirnya terbentuk nih wag dengan nama gaspoler.  Gaspoler singkatan dari gerakan sepuluh ribu dari blogger.

Gerakan ini  sebagai bentuk aksi nyata dari para blogger untuk mulai berwakaf meski hanya sepuluh ribu. Setiap ada invoice cair bisa deh tuh sisihkan uang 10 ribu, InsyaAllah pahala mengalir terus sampai di akhirat dan rejeki tambah lancar. Aamiin.

Yuk ikutan wakaf melalui wakaf produktif Dompet Dhuafa, karena di Dompet Dhuafa siapapun bisa menjadi wakif karena wakaf bisa dimulai dari 10 ribu saja. 






Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment